Mengapa Wanita Punya Lebih Banyak Lemak Ketimbang Pria?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Wanita punya banyak lemak ketimbang pria, apakah benar? Jika diperhatikan, memang rata-rata wanita sangat mudah berat badannya naik dan mudah gemuk dari pada pria. Bahkan walaupun seorang wanita yang selalu berolahraga dan mempunyai berat badan yang ideal, bisa tetap mempunyai lemak yang cenderung lebih banyak. Mengapa wanita punya banyak lemak?

Wanita punya banyak lemak akibat komposisi tubuh yang berbeda dengan pria

Wanita dan pria memang pada dasarnya memiliki komposisi tubuh yang berbeda dan lemak pada wanita lebih banyak jumlahnya. Pada wanita normal, jumlah lemak tubuhnya sekitar 20-25% dari total berat badannya. Sedangkan tubuh pria hanya mengandung rata-rata 10-15% lemak.

Tak hanya komposisi yang berbeda, masing-masing kelompok juga mempunyai cara masing-masing untuk memetabolisme lemak. Perbedaan metabolisme ini salah satunya diakibatkan oleh hormon reproduksi masing-masing kelompok. Hormon estrogen yang dimiliki wanita mempengaruhi bagaimana mereka menyimpan lemak di dalam tubuhnya. Sementara hormon testoteron yang dimiliki pria, membuat mereka menyimpan lemak lebih sedikit dibandingkan dengan wanita.

Bukan itu saja, lemak yang ada di dalam tubuh wanita juga lebih susah untuk dihilangkan ketimbang pria. Bahkan, dalam sebuah penelitian yang berasal dari University of Missouri yang melakukan penelitian pada wanita dan pria yang mengidap diabetes tipe 2 membenarkan pernyataan tersebut. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa wanita dapat mencapai kadar lemak yang sama seperti pria, jika mereka melakukan olaharaga 20% lebih keras dan lama dari pada pria. Dan lagi-lagi hal ini disebabkan oleh hormon yang dimiliki masing-masing kelompok.

Bisa dibilang, hormon testoteron yang ada di dalam tubuh pria memang ‘diatur’ agar cepat melepaskan lemak, dan sebaliknya pada wanita yang memiliki hormon estrogen serta progresteron

Kelebihan lemak ini akan menjadi cadangan energi wanita

Jangan iri dengan lemak pria yang lebih sedikit dari Anda. Lemak di dalam tubuh Anda sebenarnya memang dipersiapkan untuk digunakan suatu saat nanti. Ya, justru wanita harus memiliki banyak lemak karena saat memasuki masa kehamilan, persalinan, dan menyusui, lemak-lemak tersebut akan terpakai. Semua lemak yang berada di tubuh Anda, khususnya bagian bawah, akan berfungsi sebagai cadangan energi ketika Anda melahirkan dan menyusui. Melahirkan dan menyusui adalah masa-masa yang melelahkan bagi seorang ibu.

Ibu harus mengonsumsi makanan yang penuh energi dan berbagai zat gizi untuk menunjang kesehatannya dan bayinya. Cadangan lemak akan mencegah ibu mengalami kekurangan energi saat persalinan hingga menyusui. Bahkan semakin dekat waktu persalinan dan menyusui, maka hormon reproduksi ibu akan berubah untuk mempersiapkan kedatangan bayi.

Salah satu perubahan yang dilakukan adalah dengan menyimpan lemak lebih banyak dari sebelumnya, agar tetap ada cadangan energi. Jadi, jangan berpikiran buruk dahulu jika Anda memiliki banyak lemak di dalam tubuh, karena lemak adalah zat gizi yang Anda perlukan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Hidung ingusan memang sangat menganggu Anda. Berikut tips yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan hidung meler, entah karena flu atau alergi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Keracunan makanan dapat berujung pada kematian. Pelajari pertolongan pertama untuk menagtasi keracunan makanan di sini sebelum terlambat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mengenal Fungsi Testis, Anatomi, dan Risiko Penyakit yang Menyertainya

Fungsi testis sangat penting sebagai salah satu bagian organ reproduksi pria. Kenali anatomi testis normal dan risiko penyakit yang menyertai berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

buah zakar gatal

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
suplemen herbal yang harus dihindari menjelang operasi

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
kayu manis

Konsumsi Kayu Manis Berlebihan, Hati-hati Risikonya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit