home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Makanan Terbaik Buat Vegan yang Mau Membentuk Otot

6 Makanan Terbaik Buat Vegan yang Mau Membentuk Otot

Selain olahraga teratur, asupan protein hewani seperti daging dan telur biasanya menjadi makanan utama bagi orang yang ingin membentuk ototnya. Namun, bagaimana dengan para vegan yang juga ingin membentuk otot? Masalahnya, orang vegan tentu tidak makan produk-produk hewani. Tenang, Anda tetap bisa membangun massa otot tanpa mengorbankan pola hidup vegan. Ketahui beragam makanan pembentuk otot untuk para vegan dalam artikel ini.

Bedanya vegan dan vegetarian

Sebelum membahas lebih jauh, Anda sebaiknya memahami dulu apa itu vegan. Vegan adalah pola hidup sehat di mana orang-orang yang menjalaninya tidak mengonsumsi produk pangan yang berasal dari hewan beserta produk turunannya, seperti daging, susu, keju, madu, telur, dan bahan lain yang ada unsur hewaninya.

Pola vegan tentu berbeda dengan vegetarian. Pasalnya, beberapa orang yang vegetarian masih mengonsumsi produk turunan hewan seperti madu atau telur. Sementara orang yang vegan sama sekali tidak mengonsumsi segala hal yang berbau produk hewani. Menjadi seorang vegan bukan hanya sebuah gaya hidup, tetapi ini bisa menjadi pilihan hidup.

Makanan pembentuk otot untuk para vegan

Selain rutin melakukan latihan fisik, hal lain yang penting untuk diperhatikan dalam mendukung pembentukan otot adalah asupan zat gizi sebagai makanan sel pada otot. Sel otot membutuhkan zat gizi sebagai energi untuk melakukan aktivitasnya.

Saat Anda ingin membentuk otot, Anda akan lebih banyak makan makanan yang mengandung protein tinggi. Meskipun protein yang paling baik dicerna tubuh adalah protein yang berasal dari hewani, Anda yang menerapkan diet vegan tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda tetap bisa mendapatkan protein yang sama baiknya dari produk tumbuhan, kok.

Sebenarnya tidak hanya protein yang sangat dibutuhkan otot, karbohidrat dan lemak juga dibutuhkan untuk mendukung pembentukan otot. Nah, ketiga zat gizi makro inilah sangat diperlukan otot untuk pertumbuhannya. Beberapa makanan terbaik yang dapat membantu pembentukan otot bagi para vegan di antaranya:

1. Kacang-kacangan

Meskipun Anda tidak mendapatkan asupan kalsium dari produk olahan susu, Anda tetap bisa memperolehnya dari kacang tanah, almond, dan pistachio. Selain mengandung kalsium, kacang juga mengandung lemak dan protein baik bagi tubuh. Karena kandungan tersebut, kacang bisa jadi pilihan makanan ringan bagi Anda yang ingin meningkatkan asupan kalori.

2. Sayuran hijau

Jika Anda ingin membangun otot secara optimal, mengonsumsi makanan tinggi gizi itu penting. Kangkung, kale, sawi, bayam, brokoli, asparagus, dan sayuran hijau lainnya dapat membantu Anda mencukupi asupan protein. Misalnya, dua cangkir brokoli mengandung 5 gram protein. Meski jumlahnya tidak banyak, mengonsumsi sayuran pada pagi, siang, dan malam hari mampu mencapai hingga 15 gram protein dalam sehari.

3. Tempe

Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang kaya akan kandungan gizinya. Pasalnya, tempe menyediakan 41 persen kebutuhan protein harian Anda. Berbeda dengan makanan sumber protein lainnya yang juga mengandung tinggi lemak, tempe hanya mengandung lemak yang sangat sedikit.

4. Kacang kedelai

Protein dalam kedelai merupakan jenis protein terbaik dibandingkan dalam kacang-kacangan yang lainnya. Pasalnya, kedelai merupakan sumber protein nabati yang memiliki kandungan leusin tinggi. Leusin merupakan salah satu asam amino yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan otot.

5. Biji chia

Biji chia (chia seed) mengandung protein, lemak baik, dan omega-3. Menambahkan biji chia pada puding maupun smoothies Anda akan menambah asupan protein harian Anda. Satu sendok makan biji chia mengandung 60 kalori dan 3 gram protein.

6. Roti gandum

Roti berbahan gandum juga salah satu contoh makanan pembentuk otot untuk para vegan. Sebab, karbohidrat kompleks di dalamnya merupakan sumber energi dan serat yang baik. Nikmati roti gandum dengan selai kacang untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Best Muscle-Building Foods For Vegans and Vegetarians- http://www.mensfitness.com/nutrition/what-to-eat/8-best-muscle-building-foods-vegans-and-vegetarians diakses pada 18 Oktober 2017

No Meat Muscle: 4 Rules for Building Lean Mass On a Vegetarian Diet – https://www.bodybuilding.com/content/no-meat-muscle-4-rules-for-building-mass-on-vegetarian-diet.html diakses pada 18 Oktober 2017

How to Buid Muscle on a Vegan Diet – https://www.livestrong.com/article/250696-how-to-build-muscle-on-a-vegan-diet/ diakses pada 18 Oktober 2017

Is It Possible to Build Muscle on a Vegetarian Diet? – https://www.livestrong.com/article/561891-is-it-possible-to-build-muscle-on-a-vegetarian-diet/ diakses pada 18 Oktober 2017

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 10/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x