home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Benarkah Makan Telur Puyuh Bisa Bikin Kolesterol Tinggi?

Benarkah Makan Telur Puyuh Bisa Bikin Kolesterol Tinggi?

Telur puyuh merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain rasanya nikmat, telur ini juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Namun, telur puyuh juga memiliki reputasi yang baik karena dianggap bisa menyebabkan kolesterol naik. Apakah hal ini benar?

Kandungan lemak jenuh dalam telur puyuh

Telur puyuh merupakan telur yang dihasilkan dari buyung puyuh. Anda mungkin sering menemukannya dalam berbagai hidangan, seperti dalam sup. Bentuknya yang lebih kecil dari telur biasa membuat Anda mungkin mengonsumsinya dalam jumlah lebih banyak dalam sekali makan. Tapi, tunggu dulu, kebanyakan makan telur ini mungkin juga tidak baik.

Satu porsi telur puyuh (5 butir) mengandung 6 gram protein dan 5 gram lemak. Kandungan protein dan lemaknya yang relatif sedikit membuat jumlah kalori yang terkandung di dalamnya juga relatif sedikit, yaitu hanya sekitar 71 kalori dalam satu porsi.

Namun, kandungan lemak jenuh dalam telur ini relatif tinggi. Dalam 5 butir telur terkandung 1,6 gram lemak jenuh. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dibandingkan telur ayam yang mengandung lemak jenuh sebanyak 1,5 gram dalam satu butir.

Perbandingan kandungan kuning telur yang lebih banyak dibandingkan putih telur dalam telur puyuh mungkin memengaruhi jumlah lemak jenuh yang ada pada telur puyuh. Lemak jenuh ini kemudian dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Benarkah lemak jenuh dalam telur puyuh memicu kolesterol dan darah tinggi?

Beberapa orang mungkin takut tekanan darahnya akan naik jika mengonsumsi telur karena kandungan lemak jenuh atau kolesterolnya. Kolesterol darah yang meningkat dapat menyebabkan tekanan darah juga ikut meningkat. Namun, hal ini mungkin membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Walaupun telur puyuh mengandung lemak jenuh relatif tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, hal ini belum tentu dapat meningkatkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah Anda.

Makanan yang tinggi kolesterol belum tentu menyebabkan Anda mengalami kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Tubuh sendiri sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon tertentu, memproduksi vitamin D, dan membangun sel. Organ hati yang menghasilkan kolesterol dalam tubuh tidak mengubah semua kolesterol dari makanan menjadi kolesterol darah. Tubuh akan mengatur penggunaan kolesterol untuk fungsi tubuh dan untuk diubah menjadi kolesterol darah.

Jadi, bolehkah penderita kolesterol tinggi makan telur puyuh?

Namun, reaksi seseorang terhadap kadar kolesterol dari makanan mungkin akan berbeda-beda. Ada beberapa orang yang mengalami kenaikan kolesterol walau hanya mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dalam jumlah sedikit. Dan, beberapa orang lainnya tidak menunjukkan kenaikan kadar kolesterol yang berarti walau banyak mengonsumsi makanan tinggi kolesterol.

Jadi, jika Anda termasuk orang yang mudah mengalami kolesterol tinggi setelah makan makanan berkolesterol, sebaiknya batasi jumlah telur puyuh yang Anda konsumsi. Anda masih boleh mengonsumsi telur puyuh tapi mungkin tidak banyak.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Tremblay, Sylvie. (2014). Quail Egg Nutrition. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/337189-quail-egg-nutrition/ [Accessed 1 Aug. 2017].

Cespedes, A. (2011). Chicken Egg Nutrition. [online] Available at: http://www.livestrong.com/article/273942-chicken-egg-nutrition/ [Accessed 1 Aug. 2017].

Healthline. (2017). What’s the Connection Between High Blood Cholesterol and Hypertension?. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/high-cholesterol/treating-with-statins/hypertension#4 [Accessed 1 Aug. 2017].

Gunnars, Kris. (2016). Top 10 Health Benefits of Eating Eggs. [online] Authority Nutrition. Available at: https://authoritynutrition.com/10-proven-health-benefits-of-eggs/ [Accessed 1 Aug. 2017].

Halperin, R. O., Sesso, H. D., Ma, J., Buring, J. E., Stampfer, M. J., & Michael Gaziano, J. (2005). Dyslipidemia and the risk of incident hypertension in men. Hypertension, 47(1), 45-50. Retrieved from http://hyper.ahajournals.org/content/47/1/45.long

Ferrara, L. A., Guida, L., Iannuzzi, R., Celentano, A., & Lionello, F. (2002). Serum cholesterol affects blood pressure regulation. Journal of Human Hypertension, 16(5), 337-343. Retrieved from http://www.nature.com/jhh/journal/v16/n5/full/1001388a.html


Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus