home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Minum Susu Bukan Cara Efektif Mengatasi Hangover

Minum Susu Bukan Cara Efektif Mengatasi Hangover

Susu, yang dikenal sebagai minuman yang dapat memperkuat tulang ini ternyata oleh sebagian orang dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi hangover. Kepercayaan ini muncul karena mungkin susu merupakan salah satu minuman alami dengan segala kandungan dan manfaatnya. Tapi apakah itu benar?

Apakah benar susu dapat membantu mengatasi hangover?

Hangover terjadi akibat mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan. Gejala yang biasa dirasakan yaitu pusing, sakit kepala, mual, dan biasanya membuat tubuh lemas saat bangun tidur. Mengapa saat bangun tidur? Karena pada saat kadar alkohol dalam tubuh sudah melewati batas anjuran, pada umumnya orang akan mudah tertidur atau tak sadarkan diri.

Sebenarnya tak ada cara mengatasi hangover yang benar-benar langsung menghilangkan gejalanya. Makanan atau bahkan obat-obatan pun hanya membantu menghilangkan gejalanya.

mencegah hangover

Termasuk susu. Susu ternyata tidak terlalu efektif dalam mengatasi hangover. Pasalnya, susu bukan sumber mineral terbaik yang dibutuhkan tubuh. Malah mungkin hangover bisa jadi lebih parah untuk sebagian orang karena dapat menambah rasa mual.

Terdapat juga kepercayaan yang menyebutkan bahwa meminum susu sebelum minum minuman beralkohol dapat melindungi lambung dan mencegah hangover. Hal ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah maka lebih baik tidak terlalu percaya dengan mitos ini.

Cara mengatasi hangover yang dianjurkan

Pada kenyataannya hangover akan hilang seiring berjalannya waktu. Namun, Anda dapat mempercepat prosesnya dengan beberapa tips berikut ini:

1. Kembalikan cairan tubuh yang hilang

kebutuhan minum air putih untuk perokok

Cairan dalam tubuh akan cepat habis ketika kadar alkohol dalam tubuh sudah terlalu tinggi. Hal ini dikarenakan alkohol mempengaruhi ginjal untuk memproduksi urine lebih banyak. Selain itu, Anda akan mengalami dehidrasi jika gejala hangover yang dirasakan termasuk muntah-muntah dan berkeringat.

Untuk itu, cairan dalam bentuk apapun termasuk susu merupakan cara mengatasi hangover yang paling sederhana sekaligus paling penting. Mengonsumsi air putih yang cukup sangat direkomendasikan selama Anda mengalami hangover. Initinya, Anda harus tetap terhidrasi agar hangover dapat cepat hilang.

2. Konsumsi karbohidrat

manfaat karbohidrat

Alkohol mungkin juga mengakibatkan kadar gula dalam tubuh menurun yang berhubungan dengan rasa lemas dan sakit kepala. Pada umumnya, saat asyik minum minuman beralkohol, kita lupa untuk mengisi perut yang kosong. Terkadang malah kita mengabaikan rasa lapar.

Saat hangover, rasa mual memang akan membuat sulit untuk makan. Tapi, paksakan untuk mengisi perut dengan makanan seperti roti dan jus buah agar gula darah kembali stabil. Cara mengatasi hangover dengan tetap mengkonsumsi karbohidrat dan makanan sehat lainnya sangat baik untuk mengembalikan energi.

3. Istirahat yang cukup

istirahat santai

Sangat jarang atau mungkin tidak ada spertinya orang yang berpesta minum minuman beralkohol namun pulang atau tidur sebelum jam 12 malam. Rasa lelah saat mabuk biasanya tak terasa seketika dan hanya akan disadari saat Anda bangun tidur.

Lelah terkadang tiba-tiba datang. Hal ini juga yang menyebabkan Anda jadi tidak bisa tertidur dengan lelap.

Dengan istirahat yang sesuai kebutuhan, tubuh akan memperbaiki semua kerusakan yang ada termasuk menghilangkan rasa lelah. Tubuh akan kembali pulih dan akan dengan cepat meringankan gejala hangover yang dirasakan.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hangovers: Treatments and causes. Medical News Today. Tersedia di: https://www.medicalnewstoday.com/articles/5089.php Diakses 4 November 2019.

7 steps to cure your hangover – Harvard Health. Harvard Health. Tersedia di: https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/7-steps-to-cure-your-hangover-and-ginkgo-biloba-whats-the-verdict Diakses: 4 November 2019.

The 7 Best Hangover Cures (Backed by Science). Tersedia di: https://www.healthline.com/nutrition/best-hangover-cures#section4 Diakses: 4 November 2019.

How to Help a Hangover. Tersedia di: https://www.webmd.com/balance/features/hangover-helpers#1 Diakses: 4 November 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 30/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x