5 Jenis Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Pemain Bola Profesional

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pernahkah Anda berpikir bagaimana bisa pemain bola kuat berlari ke sana kemari selama 90 menit? Salah satu rahasianya adalah makanan yang mereka makan yang bisa menyuplai energi tinggi. Nah, beberapa waktu lalu kami sudah pernah membahas tentang rincian asupan gizi dan menu makan terbaik untuk pemain bola. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa pantangan makanan untuk pemain bola profesional. Jika Anda ingin menjadi pemain pro sekelas Cristiano Ronaldo, ada baiknya Anda mulai berlatih keras dan kurangi konsumsi makanan-makanan berikut.

Pantangan makanan untuk pemain bola

Minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung banyak pemanis buatan yang sebenarnya tidak begitu baik untuk tubuh. Jumlah gula yang sangat banyak tersebut kemudian akan diolah oleh indulin menjadi glukosa, sehingga kadar gula darah pun meningkat. Kadar gula yang terlalu banyak di tubuh sebagian akan diubah oleh insulin menjadi cadangan lemak dalam tubuh, sementara sisanya akan menumpuk dan bisa berpotensi pada diabetes. Minuman bersoda juga dapat membuat tekanan darah melonjak dan masalah penyerapan gizi.

Anda bisa mengganti minuman manis ini dengan versi yang lebih menyehatkan dan berenergi: jus buah asli.

Sup kaleng atau sup sachet

Sup kaleng atau sup sachet memang praktis. Namun sup jenis ini mengandung banyak garam dan pengawet. Kebanyakan makan garam bisa meningkatkan tekanan darah dan masalah kesehatan lainnya. Sebagai gantinya, konsumsilah sayuran dalam bentuk aslinya.

Sereal manis

Sereal siap makan adalah makanan sarapan favorit banyak orang. Tapi ternyata sereal merupakan pantangan makanan untuk pemain bola. Pasalnya, sereal termasuk makanan dengan indeks glikemik tinggi, yaitu sebesar 91. Angka ini mendekati skor GI gula murni sebesar 100. Kadar gula darah yang cepat naik-turun akibat asupan gula sederhana dapat membuat Anda mudah kelelahan dan loyo.

Tubuh Anda akan mengeluarkan performa terbaiknya ketika kadar gula darah dalam level konstan. Anda dapat menggantinya dengan sereal gandum utuh dan ditambahkan dengan susu berprotein agar rasanya tetap nikmat.

Roti tawar putih

Roti tawar putih adalah karbohidrat sederhana yang sangat mudah untuk dicerna sehingga Anda jadi mudah lapar. Bukan hanya rasa lapar akan bisa mengganggu performa Anda di lapangan, namun ketika lapar Anda akan terus ingin makan lagi dan lagi. Pada akhirnya, kadar gula darah tinggi akan diubah menjadi cadangan lemak. Gula darah tinggi yang menumpuk terlalu lama juga dapat berpotensi menyebabkan diabetes. Anda bisa menggantinya roti tawar gandum yang mengandung serat. Serat akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Minuman beralkohol

Bagi Anda yang sering minum miras pada saat weekend, coba berpikir untuk mulai mengurangi atau hentikan sama sekali jika Anda ingin jadi pemain bola profesional. Pasalnya alkohol dapat memperlambat pemulihan otot. Misalnya, Anda minum alkohol di hari sabtu atau minggu dan mulai berlatih kembali hari senin. Otot Anda akan terasa lebih sakit dan sulit untuk pulih. Bahkan, minuman beralkohol juga menjadi faktor risiko utama berbagai penyakit kronis, seperti sirosis hati, yang membuat Anda kurang fit untuk berlarian di lapangan hijau.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

melatih kekuatan fisik pemain bola

5 Teknik Melatih Kekuatan Fisik Ala Pemain Sepak Bola Profesional

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Juli 2017 . Waktu baca 4 menit