home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Nutrisi dalam Alpukat Beku Berubah?

Apakah Nutrisi dalam Alpukat Beku Berubah?

Anda mungkin bingung saat punya begitu banyak alpukat di rumah. Pada akhirnya, Anda membekukan alpukat tersebut agar lebih awet dan bisa dimakan kapanpun Anda mau. Namun, apakah membekukan alpukat boleh dilakukan? Apakah nutrisi alpukat yang beku akan berubah?

Kandungan nutrisi dalam buah alpukat

Alpukat atau persea americana merupakan buah-buahan yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Buah ini memiliki beragam nutrisi yang baik bagi tubuh manusia, seperti serat, vitamin, dan mineral.

Dalam 100 gram buah alpukat segar mengandung kalori sebesar 85 kal, protein 0,9 gram, lemak 6,5 gram, karbohidrat 7,7 gram, kalsium 10 mg, fosfor 20 mg, besi 0,9 mg, natrium 2 mg, kalium 278 mg, tembaga 0,2 mg, seng 0,4 mg, beta-karoten 189 mcg, karoten total 180 mcg, vitamin B1 0,05 mg, vitamin B2 0,08 mg, niasin 1 mg, dan vitamin C 13 mg. Selain itu, alpukat juga mengandung folat, vitamin B6, vitamin E, dan vitamin K.

Dengan kandungannya tersebut, ada beragam manfaat alpukat untuk kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung serta baik dikonsumsi bagi yang sedang menurunkan berat badan.

Apakah nutrisi dalam alpukat beku akan berubah?

Saat alpukat menjadi beku, nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak berubah signifikan. Kadar kalori, serat, dan mineral di dalam alpukat beku masih tetap sama dengan alpukat segar.

Namun, membekukan alpukat dapat mengurangi kadar vitamin yang larut dalam air di dalamnya, seperti vitamin B6 dan folat. Meski demikian, belum ada peneliti yang menemukan seberapa besar pengurangan vitamin dalam alpukat beku tersebut.

Walau kadar vitamin dalam alpukat beku menjadi berkurang, membekukan alpukat tetap dianjurkan bila Anda memiliki alpukat berlebih. Cara Harbstreet, ahli gizi dari Street Smart Nutrition, mengatakan membekukan alpukat merupakan cara terbaik untuk mengurangi limbah makanan.

Bila alpukat segar dibiarkan, nutrisinya pun dapat berkurang seiring waktu. Dengan demikian, membekukan alpukat bukanlah sesuatu hal yang mengkhawatirkan.

Selain nutrisi, alpukat yang beku juga mengalami beberapa perubahan. Berikut ini perubahan yang dapat dirasakan pada alpukat beku dibandingkan dengan alpukat segar.

  • Tekstur

Alpukat yang beku memiliki tekstur yang berbeda dari alpukat segar. Bila alpukat segar memiliki tekstur yang halus dan lembuat, alpukat beku memiliki tekstur yang keras. Saat dicairkan, alpukat akan menjadi berlendir, berair, dan lembek. Untuk dapat menikmati alpukat beku yang nikmat, Anda dapat menggunakannya untuk dijadikan minuman smoothie.

  • Warna

Selain tekstur, membekukan alpukat pun dapat mengubah warnanya. Saat beku, alpukat akan terpapar dengan oksigen. Hal ini membuat warna alpukat berubah menjadi kecoklatan.

Untuk mengurangi kecoklatan pada alpukat beku, Anda bisa memberikan sedikit jus lemon atau cuka ke buah alpukat sebelum dibekukan. Alpukat pun harus dipastikan tertutup sepenuhnya.

  • Rasa

Pada dasarnya, membekukan alpukat tidak membuatnya berubah rasa. Namun, bila Anda mengolesi jus lemon atau cuka sebelum alpukat dibekukan, rasanya mungkin akan sedikit berubah. Oleh karena itu, alpukat beku memang lebih nikmat bila diolah untuk makanan atau minuman lain, seperti smothie atau saus salad.

Bagaimana cara membekukan alpukat?

Untuk dapat menjaga kenikmatan alpukat, membekukan alpukat membutuhkan cara khusus. Berikut cara membekukan alpukat yang bisa Anda praktikkan di rumah.

  1. Siapkan beberapa buah alpukat yang akan dibekukan. Lalu belah dua buah alpukat atau potong-potong membentuk dadu.
  2. Cuci buah alpukat yang sudah dipotong, kupas kulitnya, serta tambahkan jus lemon atau cuka untuk mencegah perubahan warna pada alpukat.
  3. Kemudian, masukkan alpukat ke dalam plastik yang aman untuk makanan beku. Rapatkan plastik tersebut.
  4. Anda juga bisa menggunakan wadah biasa untuk menyimpan dan membekukan alpukat. Namun, pastikan wadah ini tertutup atau tutupi lapisan atas wadah dengan kertas lilin untuk menjaga udara keluar.
  5. Saat akan memakannya, keluarkan alpukat yang sudah dibekukan dan langsung olah menjadi smoothie atau dicairkan untuk dijadikan makanan lainnya.
  6. Selamat mencoba!
health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Healthline. 2020. Freezing Avocados: Effects, How-To, And Uses. [online] Available at: <https://www.healthline.com/nutrition/can-you-freeze-avocado#effects> [Accessed 27 March 2020].

Medicalnewstoday.com. 2020. Avocado: Nutrition And Benefits. [online] Available at: <https://www.medicalnewstoday.com/articles/318620#nutrition> [Accessed 27 March 2020].

Women’s Health. 2020. The Secret To A Perfectly Ripe Avocado. [online] Available at: <https://www.womenshealthmag.com/food/a25835313/can-you-freeze-avocado/> [Accessed 27 March 2020].

Panganku.org. 2020. Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda. [online] Available at: <https://www.panganku.org/id-ID/view> [Accessed 27 March 2020].

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x