Vitamin Ini Bisa Lindungi Anda dari Racun Polusi Udara

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Bagi kebanyakan orang, BACA JUGA: Pentingnya Memakai Masker Saat Flu adalah barang wajib yang tak boleh ditinggalkan saat beranjak keluar rumah meski tak sedang terkena flu atau batuk. Alasannya tak lain dan tak bukan adalah karena polusi udara. Tidak mengherankan, tingkat polusi di beberapa wilayah bahkan sudah sangat parah hingga tergolong  berbahaya bagi kesehatan penduduknya. Jakarta (terutama wilayah Utara dan Barat), Batam, dan Medan tercatat sebagai tiga kota besar di Indonesia dengan tingkat polusi udara terburuk menurut studi terakhir dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Masker merupakan salah satu metode perlindungan diri yang sangat baik dari polusi udara. Tapi ada satu lagi tindakan pencegahan yang tidak kalah penting dari masker, yaitu dengan mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks. Apa pasal?

Kenapa polusi udara berbahaya bagi kesehatan?

Dampak pencemaran udara terhadap kesehatan telah lama menjadi penyebab kekhawatiran banyak orang di seluruh dunia. Paparan berlanjut terhadap polusi udara diketahui dapat meningkatkan risiko Anda untuk penyakit pernapasan akut, gangguan mental, stroke, hingga Alzheimer. Meski demikian, tak banyak yang diketahui bagaimana mekanisme sebenarnya dari udara kotor sehingga bisa membuat orang rentan sakit.

Satu yang diketahui pasti oleh para ilmuwan adalah partikel PM2.5 merupakan jenis polusi yang paling berbahaya bagi kesehatan. PM (Particular Matter) itu sendiri adalah jenis polusi udara yang terdiri dari banyak partikel berbeda ukuran — dari yang super kecil hampir tak kasat mata hingga serbuk sari yang dapat dilihat dengan mata telanjang. PM2.5 adalah kelompok partikel polusi udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 milimeter. Ini bahkan 30 kali lebih kecil dari diameter sehelai rambut manusia.

Menurut WHO, sekitar 92 persen populasi dunia tinggal di area di mana tingkat PM2.5 di udara melebihi ambang rekomendasi — 10 mikrogram per meter kubik (μg/m3) per tahun. Berdasarkan data terakhir dari situs World Bank, tingkat PM2.5 di udara Indonesia per tahun 2015 mencapai 15,4 μg/m3.

PM2.5 disebabkan oleh emisi pembakaran kendaraan bermotor dan tungku pembakaran kayu, dan juga hasil sampingan dari bahan kimia yang bereaksi dengan gas lain. Partikel ini berukuran amat kecil bahkan hampir tak terlihat oleh mata, sehingga sangat mudah untuk terhirup dan menempel di pojok terdalam paru-paru. Ini kemudian memicu mutasi DNA pada tingkat molekular, yang diwujudkan sebagai peradangan dan stres oksidatif. Keduanya dikaitkan dengan masalah kesehatan paru dan jantung dalam jangka panjang. Siapa yang menyangka bahwa risiko masalah kesehatan ini ternyata dapat diatasi dengan konsumsi vitamin B kompleks?

Suplemen vitamin B kompleks memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh polusi udara

Sebuah tim peneliti dari University of California melaporkan bahwa suplemen vitamin kompleks mungkin dapat bermanfaat sebagai tameng perlindungan diri terhadap risiko kerusakan jangka panjang akibat polusi udara. Suplemen vitamin B kompleks telah lama diketahui dapat membantu mengobati atau mencegah masalah kesehatan tertentu, termasuk depresi, kelelahan, penyakit jantung, mengurangi stres, hingga merangsang sistem kekebalan tubuh.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, paparan kronis dari PM2.5 akibat polusi udara jangka panjang dapat menyebabkan perubahan epigenetik pada sel tubuh yang dapat merusak kesehatan. Modifikasi ini tidak mengubah urutan DNA, tetapi sebaliknya, mereka memengaruhi bagaimana sel membaca gen. Studi tersebut menunjukkan bahwa modifikasi gen akibat polusi udara tampaknya mengubah cara kerja sistem imun sehingga menghambat pertahanan tubuh kita.

Untuk penelitian ini, peneliti mengamati 10 relawan awalnya sengaja dikondisikan dalam udara bersih dan diberi vitamin plasebo untuk memeriksa reaksi awal tubuh mereka. Kemudian partisipan diminta untuk mengonsumsi plasebo lain selama empat minggu sebelum diberikan paparan udara kotor dari wilayah Toronto yang paling tercemar, di mana ada seribu kendaraan yang melintas setiap jamnya. Udara kotor kemudian dihirup langsung oleh relawan lewat masker oksigen. Percobaan ini lantas diulang dengan pola yang sama, namun masing-masing orang diberikan suplemen vitamin B kompleks setiap hari selama empat minggu percobaan.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa konsumsi vitamin B kompleks dalam dosis tinggi (2,5 mg asam folat/B9, 50 mg vitamin B6, dan 1 mg vitamin B12) setiap hari selama empat minggu dapat mengurangi kerusakan akibat PM2.5 hingga 28-76 persen. Mereka juga menemukan pengurangan dampak yang serupa pada mitokondria DNA, bagian sel yang menghasilkan energi.

Namun peneliti menegaskan bahwa sementara efek yang diamati adalah nyata, penelitian mereka memiliki banyak keterbatasan. Pertama, jumlah peserta yang sangat kecil (hanya 10 orang). Kedua, hanya ada sedikit informasi mengenai dosis tepatnya dari suplemen vitamin B hingga menimbulkan respon. Peneliti tidak mengukur dosis dalam takaran yang berbeda, namun langsung menggunakan standar dosis yang sangat tinggi — lebih tinggi daripada rekomendasi saat kehamilan. Masih dibutuhkan studi tindak lanjut untuk dapat memastikan takaran dosis akurat dari suplemen vitamin B kompleks untuk mencegah kerusakan akibat polusi serta keamanannya.

Asupan vitamin B kompleks dari makanan segar lebih baik daripada suplemen

Tak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi suplemen multivitamin sebagai salah satu dari banyak cara menjaga kesehatan. Manfaat vitamin B jika dikonsumsi jangka panjang dalam bentuk suplemen dilaporkan dapat melindungi Anda dari efek buruk polusi.

Tapi telah terbukti berulang kali bahwa hanya mengonsumsi satu nutrisi tertentu dalam bentuk suplemen justru tidak akan memberikan manfaat kesehatan yang sama seperti mengonsumsi nutrisi dari makanan secara keseluruhan. Oleh karena itu, fokus pertama Anda adalah untuk selalu berupaya memperoleh kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda dari makanan. Barulah kemudian jika Anda sudah menerapkan pola makan sehat tetapi masih merasa kurang, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi multivitamin sebagai tambahan.

Di sisi lain, para ahli sepakat bahwa sementara kita harus berupaya sebisa mungkin untuk melindungi diri dari bahaya polusi, campur tangan pemerintah pusat terhadap lingkungan masih tetap yang paling penting. Adalah tanggung jawab pemerintah untuk melindungi kesehatan masyarakatnya melalui pemeliharaan kualitas udara.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Pilihan Obat Cacing yang Direkomendasikan untuk Orang Dewasa

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa terkena cacingan. Simak rekomendasi obat cacing untuk orang dewasa berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Penyakit Infeksi, Infeksi Jamur dan Parasit 2 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Setelah cuci muka sebelum tidur, Anda kemudian pakai pelembap atau krim mata dulu? Simak urutan skincare malam yang tepat berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Bisakah Gay dan Lesbian Disembuhkan?

Katanya, homoseksualitas adalah bentuk penyakit mental yang memengaruhi orientasi seksual seseorang. Lalu, apakah gay bisa disembuhkan lewat terapi ini?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

3 Alasan Minum Kopi Saat Perut Kosong Itu Tidak Baik

Satu hal pertama yang banyak orang lakukan di pagi hari adalah menyeruput secangkir kopi hangat. Tapi, minum kopi saat perut kosong bukanlah ide yang baik.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Fakta Gizi, Nutrisi 23 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bagaimana cara menghilangkan stres

9 Makanan yang Membantu Menghilangkan Stres

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
penyakit hepatitis adalah

Penyakit Hepatitis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit
minum vitamin pagi atau malam

Lebih Baik Minum Vitamin Pagi Hari atau Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
panduan diet bebas gula

Panduan Menjalani 30 Hari Diet Bebas Gula

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit