backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Perbedaan Apel Hijau dan Apel Merah, Mana yang Lebih Sehat?

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 29/01/2024

    Perbedaan Apel Hijau dan Apel Merah, Mana yang Lebih Sehat?

    Apel memiliki beragam jenis, ada yang berwarna merah atau berwarna hijau. Namun, dari kedua jenis apel tersebut mana yang lebih sehat dan bergizi? Simak perbedaan apel hijau dan apel merah berikut ini. 

    Mana yang lebih sehat?

    Apel merah dan apel hijau bisa sama-sama menyehatkan. Kedua jenis apel ini sama-sama memiliki kandungan zat gizi seperti serat, gula, protein, serta vitamin A, yang baik untuk kesehatan.

    Namun, kedua jenis apel ini memiliki kelebihan masing-masing dalam memberikan manfaat kesehatan, tergantung dengan kebutuhan Anda.

    Untuk lebih jelasnya, berikut ini perbandingan nilai gizi apel hijau dan apel merah beserta khasiatnya.

    Perbedaan kandungan gizi apel merah dan apel hijau

    Kedua apel ini memiliki keunggulan masing-masing berdasarkan kandungan gula, serat, vitamin A, dan beta-karoten.

    • Serat

    Apel hijau bisa menjadi pilihan apel yang lebih baik untuk dikonsumsi saat diet. Jenis apel ini memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dari apel merah. Kandungan seratnya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

    Untuk 100 gram apel hijau, menyumbang sekitar 7,57% dari kebutuhan serat harian, sedangkan red apple menyumbang sekitar 6,49% dari kebutuhan serat harian.

    • Gula

    Alasan lain apel hijau baik untuk diet karena kandungan gulanya lebih rendah. Jumlah kandungan gula di dalam 100 gram apel hijau sama dengan apel kuning, yaitu sebanyak 10 gram. Sementara itu, apel merah memiliki kandungan gula sebanyak 12,2 gram. 

    • Vitamin A

    Tidak hanya kaya akan serat, apel hijau juga memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi. Vitamin A dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. 

    Apel hijau juga memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi. Kandungan vitamin A menyumbang sekitar 4,6% kebutuhan harian vitamin A, sedangkan apel merah menyumbang sekitar 2,31% dari kebutuhan vitamin harian.

    • Beta-karoten

    Meski begitu, kandungan beta-karoten apel merah lebih tinggi. Beta-karoten ini berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel tubuh. 

    Kandungan beta-karotenlah yang memberikan pigmen warna merah pada apel ini.

    Perbedaan lain apel merah dan apel hijau

    perbedaan kandungan gizi apel merah vs apel hijau

    Selain dari kandungan gizi dan khasiatnya, ada perbedaan rasa, cara konsumsi, dan lama penyimpanan dari kedua apel ini.

    1. Rasa dan tekstur buah

    Tidak hanya berbeda dari segi warnanya saja, rasa dua jenis apel ini ternyata berbeda. Green apple memiliki rasa yang cenderung lebih asam, sedangkan apel merah memiliki rasa yang lebih manis karena kandungan gulanya sedikit lebih tinggi.

    Selain dari segi rasanya, tekstur kedua jenis buah ini berbeda. Daging buah apel hijau cenderung lebih keras dan renyah saat dikunyah dibandingkan dengan apel merah yang memiliki tekstur lebih lembut.  

    2. Cara konsumsi

    Selain dikonsumsi secara langsung, apel dapat digunakan sebagai bahan masakan untuk membuat pai atau sebagai campuran salad buah.

    Apel hijau memiliki tekstur yang renyah dan keras serta rasa yang sedikit asam, sehingga jenis apel ini cocok untuk digunakan sebagai bahan masakan, baik untuk membuat salad maupun membuat pai apel. 

    Sementara itu, apel merah memiliki tekstur yang cenderung lebih lembut sehingga lebih enak jika dikonsumsi secara langsung dibandingkan ditambahkan dalam bahan masakan. 

    3. Lama penyimpanan

    Setiap jenis buah memiliki waktu simpan yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh ketebalan tekstur kulitnya.

    Apel dengan tekstur kulit yang lebih tebal dan keras, seperti halnya apel hijau dapat bertahan hingga lima bulan jika disimpan dengan kondisi kelembapan yang tepat.

    Sementara itu, jenis apel yang memiliki tekstur buah empuk dan lembut seperti apel merah hanya dapat bertahan selama beberapa minggu. Dengan demikian, apel merah harus segera dikonsumsi untuk mempertahankan cita rasanya. 

    Ringkasan

    • Apel hijau dan apel merah sama-sama menyehatkan karena keduanya memiliki kandungan vitamin A, gula, dan serat yang baik untuk kesehatan.
    • Apel hijau memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi untuk membantu menjaga kesehatan mata.
    • Apel merah memiliki kandungan beta karoten lebih tinggi hingga 50% yang berperan sebagai sumber antioksidan.
    • Apel hijau memiliki kandungan gula yang lebih rendah dan serat yang tinggi, sehingga cocok dikonsumsi saat diet.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Andreas Wilson Setiawan

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 29/01/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan