home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat dan Risiko Puasa Mutih bagi Kesehatan

Manfaat dan Risiko Puasa Mutih bagi Kesehatan

Banyak orang Indonesia melakukan puasa mutih dalam rangka ritual keagamaan. Berbeda dengan puasa Ramadan, puasa ini pada dasarnya yaitu menghindari makanan tertentu saja. Sebenarnya, apa itu puasa mutih? Adakah manfaat dan efek sampingnya?

Apa itu puasa mutih?

Puasa mutih adalah prinsip pola makan yang hanya memperbolehkan seseorang untuk mengonsumsi nasi putih dan air putih saja, tanpa lauk pauk apa pun.

Setiap orang melakukan puasa ini dalam jangka waktu tertentu dan berbeda-beda. Ada yang 3 hari bahkan ada yang sampai 40 hari, tergantung niat dan tujuan puasa itu sendiri.

Orang-orang Jawa menjalani puasa ini sebagai ritual untuk mendekatkan diri kepada Yang Kuasa atau dengan tujuan agar keinginannya terkabulkan.

Kurang lebih, puasa mutih yang Anda lakukan sama aturannya dengan pola makan tinggi kandungan karbohidrat. Namun, apakah puasa jenis ini baik buat kesehatan tubuh?

Manfaat puasa mutih untuk kesehatan

Sebenarnya, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari menjalani puasa mutih.

Namun, puasa mutih sama saja dengan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Asupan tinggi karbohidrat dapat mempercepat proses metabolisme tubuh dan menyediakan sumber utama bahan bakar tubuh.

Sederhananya, puasa mutih dapat menghasilkan energi yang cepat untuk aktivitas fisik dalam jangka waktu yang pendek.

Beberapa ahli diet terkadang merekomendasikan asupan tinggi karbohidrat dan rendah lemak untuk beberapa kasus tertentu. Efek yang ada pada tubuh sangat bergantung pada jenis karbohidrat yang dikonsumsi.

Pada kasus puasa mutih ini, Anda hanya mengonsumsi nasi putih yang termasuk jenis karbohidrat sederhana, alias karbohidrat kosong.

Para peneliti menunjukkan bahwa makan makanan yang mengandung karbohidrat dapat berpotensi dalam menurunkan berat badan pada awal Anda menjalaninya. Diet tinggi karbohidrat juga rata-rata aman dilakukan dalam kurun waktu yang sebentar.

Adakah risiko kesehatan puasa mutih?

gula darah normal

Dua studi di Meksiko yang terbit pada 2002 oleh Journal of the National Cancer Institute menyatakan bahwa, pola makan tinggi karbohidrat dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker pankreas.

Jika Anda melakukan pola makan tinggi karbohidrat tanpa pantauan ketat dari ahli gizi, hal ini dapat menyebabkan obesitas dan penyakit kronis lainnya.

Selain itu, penelitian oleh tim dari Harvard School of Public Health juga menunjukkan bahwa makan nasi putih terlalu banyak bisa meningkatkan risiko terhadap penyakit gula darah tipe 2.

Pada penelitian tersebut, terlihat bahwa peserta yang makan 3 – 4 porsi nasi putih per hari dalam mangkuk besar memiliki kemungkinan 1,5 kali lebih banyak untuk menderita penyakit gula darah daripada peserta yang makan nasi lebih sedikit.

Hal ini kemungkinan terjadi karena adanya indeks glikemik yang ada dalam nasi putih. Indeks glikemik merupakan sistem penilaian untuk mengukur seberapa cepat makanan memengaruhi kadar gula Anda.

Nasi putih termasuk ke dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik tinggi. Artinya, nasi putih akan terpecah dengan cepat oleh tubuh sehingga menimbulkan peningkatan gula darah dengan cepat.

Belum lagi, karbohidrat sederhana seperti nasi putih yang terpecah dengan cepat bisa membuat Anda lebih cepat lapar. Ketika tidak makan lauk apa pun selain nasi, untuk membuat Anda kenyang, Anda akan cenderung makan nasi putih lebih banyak.

Begini cara yang sehat dan aman untuk melakukannya

Menimbang manfaat dan risiko kesehatan dari pola makan tinggi karbo seperti puasa mutih, ada baiknya Anda untuk tetap mengonsumsi vitamin atau suplemen.

Puasa mutih tergolong relatif aman untuk dilakukan sesekali, tapi tidak disarankan untuk melakukannya lebih dari satu bulan atau bahkan menjadi gaya hidup yang rutin. Anda cukup melakukannya selama beberapa hari.

Selain Anda bisa kekurangan gizi, tubuh pun akan lebih mudah terserang penyakit yang bersumber dari kelebihan zat karbohidrat dan gula.

Baiknya beberapa waktu setelah “berpuasa”, Anda harus menggantinya dengan mengonsumsi sayuran, buah, kacang, daging rendah lemak, dan biji-bijian.

Dengan demikian, setidaknya kebugaran tubuh Anda tetap terjaga dan terpenuhi juga nutrisinya.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Holt, S., Delargy, H., Lawton, C. and Blundell, J., 1999. The effects of high-carbohydrate vs high-fat breakfasts on feelings of fullness and alertness, and subsequent food intake. International Journal of Food Sciences and Nutrition, 50(1), pp.13-28. Retrieved 23 March 2021.

Carbohydrates: How Carb Fit Into A Healthy Diet. (2020). Mayo Clinic. Retrieved 23 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/carbohydrates/art-20045705

Eating White Rice Regularly May Raise Type 2 Diabetes Risk. (n.d.). Harvard T.H. Chan School of Public Health. Retrieved 23 March 2021, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10435117/

What is The Glycemic Index (GI)? (2018). National Health Service. Retrieved 23 March 2021, from https://www.nhs.uk/common-health-questions/food-and-diet/what-is-the-glycaemic-index-gi/

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph pada 09/05/2021
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x