backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

6 Cara Menerapkan Positive Mental Attitude Setiap Hari

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

6 Cara Menerapkan Positive Mental Attitude Setiap Hari

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sikap mental yang positif atau yang dikenal dengan positive mental attitude memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas hidup.

Selain berdampak pada kesehatan mental, sikap positif ini berpengaruh pada hal lainnya. Cari tahu informasi lengkapnya di sini!

Apa itu positive mental attitude?

Positive mental attitude adalah filosofi hidup yang menekankan pentingnya bersikap dan berpikiran positif dalam menghadapi kehidupan.

Ini berarti Anda berusaha untuk melihat sisi baik dari setiap keadaan, berpikir optimistis, dan tetap bersemangat meskipun menghadapi tantangan. 

Sederhananya, positive mental attitude artinya mampu menjaga pandangan positif dan berharap yang terbaik meskipun situasi tidak selalu mendukung. 

Filosofi ini pertama kali diperkenalkan oleh Napoleon Hill dalam bukunya “Think and Grow Rich” pada tahun 1937. Hill menekankan bahwa sikap mental positif dapat membantu seseorang mencapai kesuksesan dan kebahagiaan. 

Menurut Hill, sikap mental positif adalah kunci utama untuk mencapai tujuan hidup. Pasalnya, seseorang akan lebih mudah untuk bangkit dari kegagalan dan terus maju meskipun menghadapi rintangan dengan sikap ini. 

Cara menerapkan positive mental attitude

sensory processing disorder

Banyak orang yang mencari cara untuk mencapai dan mempertahankan sikap mental positif demi mencapai kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup. Begini cara melakukannya.

1. Fokus pada hal positif

Salah satu cara utama untuk menerapkan positive mental attitude adalah dengan selalu berfokus pada hal-hal positif dalam kehidupan. 

Ini bisa dimulai dengan mengenali dan menghargai hal-hal baik yang terjadi setiap hari, sekecil apa pun itu. Misalnya, rasa syukur atas cuaca cerah, senyuman dari seseorang, atau bahkan secangkir kopi hangat di pagi hari.

Melatih diri untuk selalu melihat sisi positif dari segala sesuatu akan membantu membentuk kebiasaan berpikir positif.

Tuliskan hal-hal yang Anda syukuri setiap hari dalam sebuah jurnal. Ini akan membantu Anda melihat seberapa banyak hal baik yang ada di sekitar.

2. Ubah pola pikir negatif

Anda juga bisa mencoba mengubah pola pikir negatif dalam menerapkan filosofi satu ini.

Ketika mulai merasa pesimistis atau terjebak dalam pemikiran negatif, cobalah untuk segera mengenali asal pikiran tersebut. Setelah itu, gantilah dengan sesuatu yang lebih positif. 

Jika Anda berpikir tidak akan pernah bisa menyelesaikan suatu tugas, coba katakan pada diri Anda bahwa tugas ini memang sulit tetapi bisa Anda selesaikan asal konsisten berusaha.

Ulangi terus kata-kata atau kalimat yang memotivasi diri Anda. Percaya atau tidak, hal ini bisa membangkitkan semangat Anda.

3. Kelilingi diri dengan orang-orang positif

Lingkungan dan orang-orang di sekitar Anda sangat berpengaruh terhadap sikap mental Anda. Jadi, penting untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki sikap positif.

Mereka dapat memberikan dukungan, inspirasi, dan energi positif yang dapat membantu Anda menerapkan positive mental attitude.

Selain itu, cobalah untuk mengurangi waktu bersama orang-orang yang cenderung negatif atau pesimistis. Mereka bisa mempengaruhi pola pikir Anda dan membuat Anda lebih sulit untuk tetap positif.

4. Tetapkan tujuan yang jelas

Menetapkan tujuan yang jelas dan realistis adalah bagian penting dari sikap mental positif. Tujuan yang jelas memberikan motivasi dan arah, serta membantu Anda untuk tetap fokus dan positif.

Pastikan tujuan Anda spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan ada batasan waktunya. Bila perlu, tuliskan tujuan Anda dan buat rencana langkah demi langkah untuk mencapainya.

Rayakan setiap pencapaian kecil yang Anda dapatkan di sepanjang jalan. Cara ini akan membantu mempertahankan semangat dan sikap positif Anda.

5. Jaga kesehatan fisik dan mental

Kesehatan fisik dan mental sangat terkait erat dengan positive mental attitude. Pastikan Anda menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan mengelola stres dengan baik. 

Aktivitas fisik, seperti berjalan kaki, yoga, atau bersepeda, dapat meningkatkan suasana hati dan energi positif. Begitu pun meditasi, pernapasan dalam, dan musik yang menenangkan.

Teknik-teknik ini dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kesejahteraan mental Anda.

6. Belajar dari kegagalan

Positive mental attitude artinya juga melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang, bukan sebagai akhir dari segalanya.

Ketika menghadapi kegagalan, cobalah untuk melihat apa yang bisa Anda pelajari dari pengalaman tersebut. 

Dengan melihat kegagalan sebagai pelajaran, Anda akan lebih mudah bangkit dan mencoba lagi. Sikap ini akan membantu Anda terus maju dan tetap positif dalam menghadapi berbagai tantangan.

Menerapkan positive mental attitude dalam kehidupan sehari-hari memang membutuhkan usaha dan latihan.

Namun, manfaatnya yang besar untuk kesehatan mental, fisik, dan keseluruhan kualitas hidup membuatnya sangat berharga untuk diperjuangkan.

Kesimpulan

  • Positive mental attitude adalah filosofi hidup yang menekankan pentingnya bersikap dan berpikiran positif dalam menghadapi kehidupan.
  • Anda bisa menerapkannya dengan cara berfokus pada hal positif, mengubah pola pikir negatif, mengelilingi diri dengan orang-orang positif, dan menetapkan tujuan hidup yang jelas.
  • Jaga pula kesehatan mental dan fisik Anda dengan makan makanan bergizi, berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan mengelola stres dengan baik.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan