home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Cara Meningkatkan Motivasi Diri untuk Mencapai Suatu Target

4 Cara Meningkatkan Motivasi Diri untuk Mencapai Suatu Target

Setiap orang pasti memiliki caranya tersendiri untuk meningkatkan motivasi dalam setiap pekerjaan yang ia lakukan. Meskipun terkadang, tak mudah untuk membuat diri termotivasi, namun sebenarnya banyak hal yang bisa meningkatkan motivasi. Tapi, apakah semua hal tersebut baik untuk dijadikan dasar dari suatu motivasi? Berikut adalah hal yang mengejutkan yang dapat meningkatkan motivasi Anda dalam segala hal.

Berbagai hal yang dapat meningkatkan motivasi diri

Pada dasarnya, dalam ilmu psikologi, motivasi diartikan sebagai proses yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap memulai, membimbing, serta mempertahankan perilaku hingga mencapai suatu tujuan. Ada orang yang mudah mendapatkan motivasinya, namun sebagian lagi sulit menemukannya. Padahal, sebenarnya banyak hal yang dapat meningkatkan motivasi.

1. Imbalan tak boleh selalu menjadi patokan

Dalam banyak kasus, imbalan atau reward sering kali dijadikan motivasi untuk melakukan berbagai hal. Contohnya saja, seorang anak yang selalu diiming-imingi hadiah jika ia berperilaku baik. Di masa yang akan datang, anak memang akan terus melakukan perilaku yang baik tersebut, namun semua itu didasarkan oleh imbalan.

Imbalan adalah hal yang cukup efektif untuk meningkatkan motivasi seseorang. tetapi apakah hal tersebut baik untuk dijadikan alasan dalam setiap motivasi Anda? Tentunya tidak, jangan sampai Anda ketergantungan dengan suatu imbalan tertentu, karena tidak akan membuat diri Anda berkembang.

2. Cobalah untuk menantang diri Anda

Tantangan bisa menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan motivasi Anda dalam melakukan sesuatu hal. Saat menghadapi sebuah tugas yang mudah, yang mana sudah Anda lakukan ratusan atau bahkan ribuan kali dan Anda tidak menemukan kesulitan apapun saat melakukannya.

Bila Anda tidak menemukan kesulitan atau rintangan apapun dalam pekerjaan Anda, maka bukan tidak mungkin motivasi Anda akan cenderung menurun. Oleh karena itu, cobalah untuk keluar dari zona nyaman dan temukan motivasi baru agar Anda bisa mendapatkan pengalaman serta hasil yang baru – dan mungkin Anda sukai nantinya.

cara merasa lebih bahagia

3. Jangan hanya bayangkan kesuksesan saja

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terlalu sering membayangkan tentang kesuksesan masa depan justru cenderung menghasilkan pencapaian yang buruk. Para ahli menyatakan bahwa hal ini disebabkan karena Anda tidak sadar bahwa telah mencurahkan segala energi yang ada ketika membayangkan apa yang akan didapatkan di masa depan, sehingga Anda tak memiliki energi untuk merancang cara bagaimana Anda dapat mencapai semua hal itu.

Lalu apa yang sebaiknya saya lakukan? Alih-alih, bermimpi tentang kesuksesan di masa yang akan datang, sebaiknya Anda gunakan waktu, pikiran, dan tenaga Anda untuk menyusun strategi serta membuat perencanaan yang matang untuk mencapai target yang Anda inginkan. Dengan begitu, energi dan pikiran Anda terpusat untuk merancang langkah apa yang akan diambil selanjutnya.

4. Fokus pada proses, jangan terpaku dengan hasil yang akan didapatkan

Seseorang yang berfokus hanya pada targetnya, tanpa memikirkan bagaimana proses yang baik, justru cenderung memiliki pemikiran yang sempit dan ‘tetap’. Mereka tak berkembang untuk menemukan cara-cara baru dalam mencapai tujuan dan target yang ingin mereka capai. Pada akhirnya, hal ini hanya akan membuat ruang gerak mereka terbatas, sehingga kegagalan pun datang di kemudian hari.

Lalu apa yang harus dilakukan? Anda harus menghindari untuk memiliki pemikiran sempit seperti itu. Alih-alih berfokus pada hasil, Anda bisa mempelajari bagaimana suatu target dapat tercapai. Dengan begitu, Anda mengetahui mana cara yang lebih baik dan efektif untuk mewujudkan tujuan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Verywell. (2017). 5 Surprising Ways to Increase Motivation. [online] Available at: https://www.verywell.com/surprising-ways-to-get-motivated-2795388  [Accessed 22 May 2017].

Kappes, H. B., & Oettingen, G. (2011). Positive fantasies about idealized futures sap energy. Journal of Experimental and Social Psychology, 47(4), 719-729.  doi:10.1016/j.jesp.2011.02.003.

Malone, T. W. & Lepper, M. R. (1987). Making learning fun: A taxonomy of intrinsic motivations for learning. In R. E. Snow & M. J. Farr (Eds.), Aptitude, learning, and instruction: III. Conative and affective process analysis. Hillsdale, NJ: Erlbaum.

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 25/05/2017
x