Tidak Menyukai Pekerjaan Sekarang? Ini Dampaknya Pada Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda salah satu dari sekian banyak orang yang membenci pekerjaan saat ini? Jika iya, Anda harus waspada. Reaksi tubuh ketika Anda tidak menyukai pekerjaan ternyata bisa membawa dampak buruk terhadap kesehatan Anda. 

Sebelum semuanya terlambat, mari kenali efek apa saja yang ditimbulkan saat Anda menjalani pekerjaan yang tidak disukaki. 

Dampak ketika Anda tidak menyukai pekerjaan saat ini

Pernahkah Anda merasa bosan dengan pekerjaan saat ini dan selalu lelah ketika berangkat kerja padahal sudah beristirahat dengan cukup?

Hati-hati, mungkin saja hal tersebut merupakan salah satu tanda Anda tidak menyukai pekerjaan saat ini. Di sisi lain, Anda pun tidak dapat berhenti begitu saja karena berbagai alasan, seperti terikat kontrak atau lingkungan yang terlalu nyaman. 

Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa kesehatan Anda bisa saja memburuk akibat mempertahankan pekerjaan yang tidak Anda sukai tersebut. Apa saja dampak buruk dari menjalani pekerjaan yang tidak disukai?

1. Sulit tidur

insomnia

Ketika Anda membenci pekerjaan saat ini, otak Anda akan cenderung terlalu memikirkan tumpukan urusan kerja. 

Pada tengah malam, Anda sering terbangun dan mungkin sulit kembali untuk tidur. Hal ini akan berakibat pada menurunnya kualitas tidur Anda. 

Itu sebabnya, Anda sering merasa terlalu lelah dan malas untuk bekerja karena kurang tidur, sekalipun sudah berusaha untuk tidur lebih awal. 

2. Sering mengalami sakit kepala

Tahukah Anda, saat seseorang menganggap pekerjaannya sebagai hal yang menyebalkan dan “berbahaya”, otot tubuh Anda akan menegang?

Sebagaimana dilansir dari American Psychological Association, ketegangan otot saat mengerjakan pekerjaan yang tidak disukai membuat leher ikut tegang. Kondisi ini dapat berujung pada sakit kepala yang akhirnya mengganggu kegiatan Anda. 

Sakit kepala tersebut juga bisa berasal dari stres yang muncul saat Anda bekerja. Apabila kondisi ini terus terjadi dan tak kunjung hilang, segeralah untuk berkonsultasi ke dokter. 

3. Menurunnya kesehatan mental

stres kehilangan pekerjaan

Menurut sebuah penelitian, pegawai yang kerap mendapatkan perlakuan buruk dari atasan menunjukkan penurunan kesehatan mental. 

Para pegawai tersebut akhirnya mengatakan bahwa mereka membenci pekerjaan saat itu. Akibatnya, mereka melampiaskan stresnya dengan makan berlebih yang menjadi cikal bakal obesitas dan berujung pada depresi

Oleh karena itu, dampak yang muncul pada tubuh jika Anda tidak menyukai pekerjaan bisa memengaruhi segala aspek kesehatan, baik fisik maupun mental. 

4. Sering merasa lelah dan tidak nafsu makan

tidak nafsu makan

Jika Anda menjalankan pekerjaan yang tidak disukai, tubuh Anda akan cenderung mudah lelah karena stres dan tidak memiliki nafsu makan

Nah, karena kurang tidur, stres, dan nafsu makan menurun, tubuh Anda pun menjadi rentan sakit. Anda merasa sudah terlalu lama bekerja, tetapi tidak mencapai hasil yang memuaskan.

Selain itu, lingkungan yang buruk juga menjadi faktor pendukung Anda membenci pekerjaan ini. Semua terasa salah, sehingga Anda terlalu banyak memiliki beban pikiran dan menjadi sakit-sakitan. 

5. Hilangnya gairah seks

tidak menikmati seks

Selain sakit-sakitan dan stres, dampak negatif pada tubuh ketika Anda tidak menyukai pekerjaan yang lain adalah hilangnya gairah seks

Jika Anda sering lanjut mengerjakan urusan pekerjaan di rumah, kemungkinan besar hal itu akan berpengaruh pada hubungan asmara Anda. 

Hal ini dibuktikan oleh American Psychological Association melalui penelitian pada wanita yang terbebani oleh pekerjaan mereka. Nah, beban tersebut menyebabkan penurunan hasrat seksual. 

Pada pria kondisi ini juga membuat produksi testosteron berkurang sehingga gairah seks menurun.  

Tips menghadapi pekerjaan yang tidak disukai 

kondisi kantor

Melihat berbagai dampak negatif pada tubuh akibat tidak menyukai pekerjaan yang dijalani, ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menghadapi masalah ini. 

  • Kenali penyebab mengapa Anda tidak menyukai pekerjaan tersebut. Apakah dari faktor lingkungan, beban kerja, atau atasan. 
  • Menenangkan pikiran dengan mengambil cuti beberapa hari, meditasi, atau berolahraga di luar jam kerja. 
  • Tidak pesimis dan berpikiran negatif juga dapat membantu Anda mengatasi stres yang terjadi di kantor. 
  • Berhenti dari pekerjaan tersebut bila Anda tidak menemukan kenyamanan dan kesehatan semakin memburuk akibat pekerjaan Anda. 

Tidak menyukai pekerjaan saat ini dan terus menjalaninya memang akan membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda. Stres ada terus membebani pikiran dan memengaruhi sebagian besar aspek kehidupan Anda.

Oleh karena itu, jika terlalu berat untuk dihadapi sendiri, Anda bisa bercerita ke orang terdekat atau berkonsultasi dengan psikolog untuk menemukan solusi yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Jika Tak Segera Diatasi, Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Stres berat karena deadline kerjaan kantor yang menumpuk dianggap hal yang lumrah, bahkan cenderung diabaikan. Padahal stres berat bisa bikin gangguan jiwa

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 4 April 2017 . Waktu baca 5 menit

Awas, Stres Karena Pekerjaan Bisa Memperpendek Usia

Anda mungkin sudah tau soal dampak stres bagi kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa stres karena pekerjaan di kantor ternyata bisa mempercepat kematian?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 15 November 2016 . Waktu baca 6 menit

Ulnar Neuropathy

DefinisiApa itu ulnar neuropathy? Ulnar neurophaty adalah peradangan pada saraf. Saraf ulnar adalah salah satu dari tiga saraf utama di lengan dan tangan. Ia memberikan sensasi pada bagian tangan dan jari (jari ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Tepi 22 September 2016 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

trigger finger

Trigger Finger

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
mengatasi stres karena phk

Begini Cara Mengatasi Stres Karena PHK Akibat dari Pandemi COVID-19

Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 4 Mei 2020 . Waktu baca 7 menit
mengatasi burnout syndrome

Pernah Merasa Burnout Saat Bekerja? Ini Tips Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit
stres bikin sakit kepala

Kenapa Stres Bikin Sakit Kepala?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 12 April 2018 . Waktu baca 3 menit