4 Hal yang Harus Dilakukan Jika Merasa Pasangan Anda Berubah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Seiring berjalannya waktu, kita akan mengalami perubahan demi perubahan. Setiap manusia pun pasti menjalani sebuah proses kehidupannya masing-masing. Tapi apa jadinya jika orang yang kita cintai mendadak berubah? Seseorang yang tadinya begitu kita kenal dengan baik tiba-tiba seperti jadi orang yang sangat asing, bagaimana cara menyikapi jika pasangan berubah? 

Apa yang harus dilakukan jika pasangan berubah?

Pasangan Anda yang tadinya begitu penyabar kini jadi lebih suka uring-uringan. Jika sebelumnya pasangan menjadi orang yang selalu bisa mendengar curhat Anda, kini sering kali ia cuek terhadap Anda. Rasa terkejut pun pasti Anda rasakan. Terkadang Anda malah ikut terbawa emosi dengan perubahan negatif orang tercinta Anda.

Nah, agar kita bisa berpikir positif dan menjaga hubungan baik dengan pasangan Anda bisa coba ikuti tips-tips berikut ini seperti yang dilansir dari Psychcentral.

1. Cari tahu penyebabnya

Menerima perubahan orang lain terkadang tidaklah mudah. Apalagi jika sikapnya terhadap Anda berubah 180 derajat. Namun, Anda perlu untuk tetap berpikir jernih dan positif. Segala sesuatu pasti ada penyebabnya. Dengan mencari tahu penyebabnya, setidaknya Anda bisa bersikap maklum. Lalu Anda bisa menyesuaikan sikap Anda dengan lebih mudah.

Jika terasa sulit bagi Anda untuk mencari tahu apa penyebab pasangan berubah, Anda bisa langsung menanyakan hal ini dengannya. Cari waktu yang tepat untuk berbicara. Diskusikan hal-hal yang mungkin mengganggu pikirannya selama ini. Katakan jika Anda merasa tidak nyaman jika ia bersikap seperti itu. Mencari tahu apa penyebabnya bisa memberikan Anda dan pasangan mengambil sebuah keputusan dalam hubungan.

2. Ungkapkan perasaan Anda

Ketika pasangan berubah, hubungan Anda pasti jadi terasa tidak nyaman, Anda sendiri jadi brtanya-tanya kenapa pasangan Anda berubah. Jika hal ini terjadi berlarut-larut, hal ini tidak baik untuk kesehatan psikologis Anda. Sebaiknya ungkapkan perasaan Anda secara langsung, tanyakan “Kenapa kamu berubah?” “Apa ada yang salah dengan aku?” “Apa ada sesuatu yang terjadi padamu?” 

Saatnya untuk bicara dari hati ke hati. Bersikap terbuka juga akan membantu Anda untuk menerima perubahan dirinya. Bagaimanapun tidak ada orang yang benar-benar sempurna bukan?

3. Bercermin pada diri sendiri

Jangan hanya Anda yang mengira jika pasangan berubah, tanyakan pada diri sendiri, apakah hanya dia saja yang berubah? Jangan-jangan dia berubah karena melihat Anda berubah? Sering kali kita tak sadar kalau sebenarnya kita juga mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Apalagi kalau kita menjalani setumpuk kesibukan setiap harinya.

Bukankah hal yang wajar jika setiap orang berubah? Jika Anda berubah, dan pasangan ikut berubah, sudah saatnya bicarakan hal ini dengan pasangan. Ungkapkan apa yang membuat Anda tidak nyaman, pasangan pun tak segan untuk mengungkapkan apa yang membuat ia berubah.

4. Berikan waktu untuk pasangan

Jika pasangan berubah, coba beri ia sedikit ruang. Saat orang yang Anda cintai tiba-tiba berubah, mungkin yang ia butuhkan adalah lebih banyak waktu. Waktu agar ia tetap tak kehilangan jati dirinya sendiri. Mungkin ia sedang berproses untuk menjadi seseorang yang lebih baik melalui perubahan tersebut.

Namun, jangan juga membiarkan masalah ini terus berlangsung lama. Anda tidak mau bukan pasangan tiba-tiba menjadi orang asing dalam hdup Anda? Cari waktu yang tepat untuk mendiskusikan hal ini setelah Anda merasa cukup memberinya waktu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Berjalan Terlalu Cepat

Hubungan asmara yang berjalan terlalu cepat malah bisa berubah menjadi tidak sehat. Ini tanda-tandanya yang perlu Anda kenali.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 27 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mengatasi Patah Hati?

Mengatasi patah hati adalah hal yang kompleks. Ada harapan yang pupus dan pertanyaan-pertanyaan yang tidak terjawab. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 26 April 2020 . Waktu baca 6 menit

4 Tips Membuat Pasangan Anda Merasa Spesial

Membuat pasangan merasa spesial tidak hanya dengan memberinya hadiah. Ada banyak caranya yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda. Yuk, simak tipsnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 4 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit

Jangan Sampai Salah Mengartikan, Pahami Dulu Beda Cinta dengan Obsesi

Mungkin sulit membedakan perasaan yang Anda miliki untuk pasangan adalah cinta sejati atau obsesi belaka. Simak ulasan mengenai perbedaannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 8 September 2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips menghindari perceraian

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Suami Istri Jarang Berhubungan Intim

Lakukan Hal Ini Saat Pasangan Menolak Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 4 menit
cepat jatuh cinta

Psst, Jangan Buru-Buru Jatuh Cinta Nanti Jadi Cepat Benci!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 16 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit