home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Hal yang Harus Dilakukan Jika Merasa Pasangan Anda Berubah

4 Hal yang Harus Dilakukan Jika Merasa Pasangan Anda Berubah

Seiring berjalannya waktu, kita akan mengalami perubahan demi perubahan. Setiap manusia pun pasti menjalani sebuah proses kehidupannya masing-masing. Tapi apa jadinya jika orang yang kita cintai mendadak berubah? Seseorang yang tadinya begitu kita kenal dengan baik tiba-tiba seperti jadi orang yang sangat asing, bagaimana cara menyikapi jika pasangan berubah?

Apa yang harus dilakukan jika pasangan berubah?

Pasangan Anda yang tadinya begitu penyabar kini jadi lebih suka uring-uringan. Jika sebelumnya pasangan menjadi orang yang selalu bisa mendengar curhat Anda, kini sering kali ia cuek terhadap Anda. Rasa terkejut pun pasti Anda rasakan. Terkadang Anda malah ikut terbawa emosi dengan perubahan negatif orang tercinta Anda.

Nah, agar kita bisa berpikir positif dan menjaga hubungan baik dengan pasangan Anda bisa coba ikuti tips-tips berikut ini seperti yang dilansir dari Psychcentral.

1. Cari tahu penyebabnya

Menerima perubahan orang lain terkadang tidaklah mudah. Apalagi jika sikapnya terhadap Anda berubah 180 derajat. Namun, Anda perlu untuk tetap berpikir jernih dan positif. Segala sesuatu pasti ada penyebabnya. Dengan mencari tahu penyebabnya, setidaknya Anda bisa bersikap maklum. Lalu Anda bisa menyesuaikan sikap Anda dengan lebih mudah.

Jika terasa sulit bagi Anda untuk mencari tahu apa penyebab pasangan berubah, Anda bisa langsung menanyakan hal ini dengannya. Cari waktu yang tepat untuk berbicara. Diskusikan hal-hal yang mungkin mengganggu pikirannya selama ini. Katakan jika Anda merasa tidak nyaman jika ia bersikap seperti itu. Mencari tahu apa penyebabnya bisa memberikan Anda dan pasangan mengambil sebuah keputusan dalam hubungan.

2. Ungkapkan perasaan Anda

Ketika pasangan berubah, hubungan Anda pasti jadi terasa tidak nyaman, Anda sendiri jadi brtanya-tanya kenapa pasangan Anda berubah. Jika hal ini terjadi berlarut-larut, hal ini tidak baik untuk kesehatan psikologis Anda. Sebaiknya ungkapkan perasaan Anda secara langsung, tanyakan “Kenapa kamu berubah?” “Apa ada yang salah dengan aku?” “Apa ada sesuatu yang terjadi padamu?”

Saatnya untuk bicara dari hati ke hati. Bersikap terbuka juga akan membantu Anda untuk menerima perubahan dirinya. Bagaimanapun tidak ada orang yang benar-benar sempurna bukan?

3. Bercermin pada diri sendiri

Jangan hanya Anda yang mengira jika pasangan berubah, tanyakan pada diri sendiri, apakah hanya dia saja yang berubah? Jangan-jangan dia berubah karena melihat Anda berubah? Sering kali kita tak sadar kalau sebenarnya kita juga mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Apalagi kalau kita menjalani setumpuk kesibukan setiap harinya.

Bukankah hal yang wajar jika setiap orang berubah? Jika Anda berubah, dan pasangan ikut berubah, sudah saatnya bicarakan hal ini dengan pasangan. Ungkapkan apa yang membuat Anda tidak nyaman, pasangan pun tak segan untuk mengungkapkan apa yang membuat ia berubah.

4. Berikan waktu untuk pasangan

Jika pasangan berubah, coba beri ia sedikit ruang. Saat orang yang Anda cintai tiba-tiba berubah, mungkin yang ia butuhkan adalah lebih banyak waktu. Waktu agar ia tetap tak kehilangan jati dirinya sendiri. Mungkin ia sedang berproses untuk menjadi seseorang yang lebih baik melalui perubahan tersebut.

Namun, jangan juga membiarkan masalah ini terus berlangsung lama. Anda tidak mau bukan pasangan tiba-tiba menjadi orang asing dalam hdup Anda? Cari waktu yang tepat untuk mendiskusikan hal ini setelah Anda merasa cukup memberinya waktu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Change in Relationships: What to Do When Your Partner Changes.

https://psychcentral.com/blog/archives/2011/07/25/change-in-relationships-what-to-do-when-your-partner-changes/. Accessed 14/12/2017.

Your Relationship Is in Trouble: Has Your Partner Changed or Just Your View?

https://www.huffingtonpost.com/michael-s-broder-phd/your-relationship-is-in-t_b_4953064.html. Accessed 14/12/2017.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari Diperbarui 03/06/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x