home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Ketahui Apa Itu Introspeksi Diri, Serta Manfaat dan Cara Melakukannya

Ketahui Apa Itu Introspeksi Diri, Serta Manfaat dan Cara Melakukannya

Dalam hidup, Anda tentu pernah melakukan kesalahan, meski hanya kecil sekalipun. Agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, introspeksi diri sendiri terkadang dibutuhkan. Namun, apakah Anda sudah memahami dengan benar apa sebenarnya introspeksi diri itu? Apa manfaat dan kapan tindakan ini harus dilakukan?

Apa itu introspeksi diri?

Introspeksi diri adalah berpikir serius dan cermat atau merenungkan tentang karakter, perilaku, emosi, dan motif yang ada pada diri Anda sendiri. Saat melakukan introspeksi, Anda akan melihat ke belakang mengenai hal-hal yang Anda lakukan pada masa lalu, yang merefleksikan hidup Anda hingga saat ini.

Tindakan ini memberi kesempatan kepada otak untuk berhenti sejenak dari berbagai pemikiran yang kacau. Selama beristirahat, Anda akan memilah-milah berbagai pengalaman yang pernah terjadi serta mengevaluasi pengalaman tersebut. Evaluasi inilah yang kemudian menjadi pembelajaran bagi Anda untuk menentukan pola pikir dan perilaku yang baik di masa depan.

Adapun ini merupakan salah satu cara untuk memahami dan berdamai dengan diri sendiri serta memperbaiki atau meningkatkan hubungan dengan orang lain. Tak hanya itu, ini juga menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan di semua bidang kehidupan.

Apa manfaat dari introspeksi diri?

sering bicara sendiri, normal atau tidak?

Banyak orang yang enggan untuk melakukan introspeksi karena merasa tindakan ini tidak memberi efek apapun. Padahal, tindakan ini justru mendatangkan banyak manfaat bagi dirinya sendiri dan juga orang di sekitarnya. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh jika melakukan introspeksi diri:

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Introspeksi diri artinya Anda mencoba memahami diri sendiri pada tingkat yang lebih dalam. Ini termasuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang berhasil pada diri Anda dan yang tidak, serta kelebihan dan kekurangan diri Anda.

Pada gilirannya, hal ini memungkinkan Anda untuk membuat keputusan dan mengubah tindakan menjadi lebih baik. Adapun tindakan tersebut dapat membangun kepercayaan diri dan harga diri Anda.

  • Memunculkan ide atau perspektif baru

Introspeksi memungkinkan Anda untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Pada akhirnya, ini akan memunculkan ide baru dalam bersikap atau membuat keputusan yang lebih baik.

  • Mengurangi stres

Terus menerus melakukan aktivitas dan berpikir tentu akan menguras energi serta menyebabkan stres dan frustasi. Oleh karena itu, beristirahat sejenak untuk melakukan introspeksi bisa membantu mengurangi stres pada diri Anda. Ini juga menjadi jalan bagi Anda untuk mengubah tindakan yang dulu kerap membuat Anda stres.

  • Meningkatkan empati pada orang lain

Saat melakukan introspeksi diri, Anda mencoba memahami perlakuan apa pada diri Anda yang kurang tepat terhadap orang lain. Ini dapat membantu Anda lebih berempati pada orang lain serta meningkatkan hubungan dengannya.

  • Membantu Anda menemukan kebahagiaan

Ketika berintrospeksi, Anda dapat menemukan berbagai tindakan yang mungkin membuat Anda tertekan dan tidak bahagia. Oleh karena itu, tindakan ini bisa menjadi cara untuk Anda meningkatkan kebahagiaan.

7 Kalimat Positif untuk Menyemangati Diri Sendiri Saat Sedang Bad Mood

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan introspeksi diri?

Introspeksi diri adalah hal yang tidak sulit dilakukan. Hanya saja, dibutuhkan kesadaran, komitmen, dan dedikasi waktu agar mendapatkan manfaat seperti yang disebutkan di atas.

Adapun waktu yang tepat untuk melakukan introspeksi bisa kapanpun. Anda bisa melakukannya setiap tahun baru untuk mengevaluasi berbagai pikiran, emosi, dan perilaku selama setahun ke belakang. Namun, Anda juga bisa membuat jadwal rutin sendiri sesuai kebutuhan Anda, seperti sebulan sekali, setiap ulang tahun Anda, atau bahkan setiap hari.

Tak hanya itu, introspeksi juga bisa dilakukan setiap Anda merasa kehilangan motivasi, stres, tidak bahagia, atau ketika memiliki masalah dengan keluarga, teman, atau rekan kerja Anda. Intinya, semakin Anda bisa menjadikan introspeksi diri sebagai bagian dari kebiasaan dan rutinitas, semakin besar efeknya yang akan Anda rasakan.

3 langkah sederhana untuk melakukan introspeksi diri

Dilansir dari laman University of Southern California, berikut adalah langkah-langkah sederhana dalam mempraktikkan introspeksi diri yang bisa Anda coba:

1. Identifikasi pertanyaan penting

Sebelum memulai introspeksi, Anda bisa menyiapkan beberapa pertanyaan penting yang akan membantu Anda selama proses perenungan ini dilakukan. Misalnya, apa yang berhasil dan tidak pada diri Anda, apa pencapaian atau kesuksesan Anda, apa harapan dan tujuan Anda apa yang patut Anda syukuri, bagaimana Anda meningkatkan kehidupan, serta tindakan apa yang dapat saya lakukan.

2. Pilih metode yang sesuai

Ada beragam cara introspeksi diri sendiri yang bisa Anda lakukan. Anda dapat melakukannya sambil berjalan, duduk santai, berlari, atau menuliskannya di jurnal.

3. Tetapkan waktu

Selain waktu untuk melakukan introspeksi, Anda juga perlu menetapkan lamanya waktu yang bisa Anda terapkan. Bagi Anda yang baru memulai tindakan ini, Anda bisa melakukannya selama 10 menit. Namun, Anda pun bisa melakukannya lebih lama, bahkan hingga satu jam jika dibutuhkan.

Kalkulator BMI

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Introspection (Stanford Encyclopedia of Philosophy). Plato.stanford.edu. (2021). Retrieved 2 February 2021, from https://plato.stanford.edu/entries/introspection/.

(2021). Retrieved 2 February 2021, from https://instituteforpr.org/know-thyself-examining-the-benefits-of-self-reflection/.

Price, U. (2021). 3 Simple Ways to Practice Self-Reflection. Eml.usc.edu. Retrieved 2 February 2021, from https://eml.usc.edu/blog/practice-self-reflection.

How Self-Reflection Gives You a Happier and More Successful Life. Lifehack. (2021). Retrieved 2 February 2021, from https://www.lifehack.org/696285/how-self-reflection-gives-you-a-happier-and-more-successful-life.

Why You Should Make Time for Self-Reflection (Even If You Hate Doing It). Harvard Business Review. (2021). Retrieved 2 February 2021, from https://hbr.org/2017/03/why-you-should-make-time-for-self-reflection-even-if-you-hate-doing-it?registration=success.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 01/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri