backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

Tips Membangun Hubungan yang Sehat dengan Pasangan

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Bayu Galih Permana · Tanggal diperbarui 19/01/2023

Tips Membangun Hubungan yang Sehat dengan Pasangan

Memiliki hubungan yang sehat tentu menjadi dambaan bagi setiap pasangan. Meski begitu, masih banyak pasangan yang belum memahami cara menciptakan hubungan sehat. Apa saja yang harus dilakukan?

Tips hubungan yang sehat

Membangun hubungan rumah tangga ataupun pacaran yang sehat sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Anda dan pasangan dapat memiliki hubungan ini dengan cara menerapkan beberapa tindakan sederhana.

Berikut sejumlah tips yang bisa diterapkan agar hubungan Anda dengan pasangan menjadi lebih sehat.

1. Sempatkan waktu untuk quality time

tips hubungan yang sehat

Quality time dapat menambah keintiman antara Anda dan pasangan. Maka dari itu, cobalah untuk meluangkan waktu sesekali bertemu tatap muka dengan pasangan.

Ketika bertemu, singkirkan pikiran-pikiran lain dan fokuslah kepada pasangan. Jauhkan ponsel dari jangkauan agar waktu yang dihabiskan berdua semakin berkualitas.

Agar terhindar dari rasa bosan, Anda dan pasangan bisa mencoba aktivitas baru, misalnya pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi atau makan di restoran baru.

Namun, pastikan aktivitas tersebut sama-sama bisa dinikmati berdua. Dengan begitu, hubungan yang dijalani akan semakin menyenangkan.

2. Sama-sama peduli dan mau terlbat

Sebuah hubungan sehat, langgeng, dan harmonis haruslah memiliki ikatan batin yang kuat. Lemahnya ikatan batin bisa membuat hubungan rentan goyah dan hancur.

Bayangkan sebuah jembatan yang membentang di atas permukaan air. Jika hanya satu sisi yang kuat, jembatan akan mudah patah seiring waktu karena tidak ditopang sisi seberangnya.

Begitu juga dengan hubungan asmara. Kedua pihak yang terlibat di dalam hubungan harus mau berkompromi demi satu sama lain.

Selain itu, Anda dan pasangan juga wajib peduli dengan satu sama lain dan mau terlibat dalam segala situasi. Tujuannya agar hubungan tetap langgeng dan dapat bertahan dengan baik.

3. Jujur dan terbuka terhadap pasangan

terbuka dengan pasangan

Kejujuran merupakan salah satu kunci utama dalam sebuah hubungan. Kebohongan dari pasangan ataupun diri Anda sendiri berpotensi memicu pertikaian, sekecil apa pun itu.

Ketika Anda merasakan ada yang mengganjal, sampaikanlah secara terbuka. Bicarakan dengan kepala dingin untuk mencari jalan keluar terbaik.

Menyimpan masalah dari pasangan nantinya malah akan menimbulkan kesalahpahaman. Hal ini juga dapat menjadi tanda bahwa Anda tidak memercayai pasangan sepenuhnya.

4. Tidak serba menuntut

Setiap manusia memiliki karakteristik yang berbeda antara satu sama lain. Maka, saat menjalin hubungan, Anda harus sudah siap dengan segala kelebihan dan kekurangan pasangan.

Namun, bukan berarti Anda hanya pasrah memaklumi sifat pasangan yang kurang baik. Saat tindakan pasangan terasa kurang enak, sampaikan perasaan Anda dengan baik.

Meski begitu, jangan langsung menuntut pasangan untuk berubah. Berkomunikasi dapat membantu Anda berdua menemukan jalan tengah dan bahkan kembali mesra setelah bertengkar.

5. Saling menghargai

Hubungan yang sehat melibatkan dua orang yang berkedudukan adil dan sama kuat. Tidak boleh ada yang derajatnya lebih tinggi atau merasa lebih spesial dari pihak satunya. 

Rasa saling menghargai bisa ditunjukkan dengan tindakan kecil, seperti:

  • mengakui kesalahan, 
  • meminta maaf saat berbuat salah, dan 
  • berterima kasih atas segala hal baik yang dilakukan pasangan untuk Anda.

Secara tidak langsung, sikap ini menunjukkan bahwa Anda mengapresiasi dan menghargai keberadaan pasangan. Pasangan pun akan termotivasi untuk melakukan hal serupa.

Hubungan yang sehat juga tentunya harus terbebas dari kekerasan seksual, fisik, maupun kekerasan emosional seperti merendahkan atau melecehkan harga diri pasangan.

6. Jaga komunikasi dengan baik

komunikasi dengan pasangan

Kunci utama dalam mewujudkan sebuah hubungan yang sehat yaitu komunikasi yang baik. Sementara itu, buruknya komunikasi akan membuat Anda dan pasangan merasa tidak terhubung.

Saat membutuhkan sesuatu, sampaikan saja kepada pasangan. Jangan membiarkan pasangan menebak-nebak sendiri apa yang Anda perlukan.

Begitu pula ketika Anda merasa tidak nyaman dengan perilaku pasangan. Lewat komunikasi yang baik dengan pasangan, masalah akan terasa lebih ringan untuk dihadapi.

Jika Anda dan pasangan kesulitan dalam menciptakan hubungan yang sehat, konsultasi ke psikolog atau psikiater juga dapat menjadi opsi. Konsultasi membantu mencari akar permasalahan dalam hubungan. 

Selain itu, Anda dan pasangan akan dibantu mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu, hubungan asmara dapat terjalin dengan cara yang sehat.

Ragam tips membangun hubungan yang sehat

  • Menyempatkan waktu untuk quality time, sesibuk apa pun itu.
  • Sama-sama peduli dan mau terlibat, baik saat suka maupun duka.
  • Jujur dan terbuka terhadap pasangan tanpa ada yang ditutupi.
  • Tidak serba menuntut, tetapi tetap menyampaikan keresahan yang dirasakan dengan baik.
  • Saling menghargai satu sama lain.
  • Menjaga komunikasi berjala dengan baik.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Bayu Galih Permana · Tanggal diperbarui 19/01/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan