Jaga Pertemanan Tetap Hangat, Ini Tips yang Harus Dilakukan Si Introvert

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 29 Maret 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Orang yang punya pribadi introvert cenderung lebih senang menghabiskan waktu sendiri dibanding bersama orang lain. Lantas, bagaimana caranya supaya mereka dapat menjaga silaturahmi dengan teman-temannya? Yuk, cari tahu caranya pada ulasan berikut ini.

Benarkah si pribadi introvert tak akan punya teman?

Orang yang introvert mengganggap bahwa menghabiskan waktu bersama orang lain cukup melelahkan. Untuk itu, mereka lebih menyukai waktu untuk menyendiri. Mereka akan memanfaatkan waktu tersebut untuk berisitirahat atau melakukan hal-hal yang ia sukai, seperti membaca, menulis, atau segala hal yang dapat memuaskan hati.

Dari ciri kepribadian itu, banyak yang menganggap orang introvert tidak akan memiliki teman. Namun, jangan salah, ya. Bukannya orang yang punya pribadi introvert tidak suka menjalin pertemanan, tapi memang cenderung memiliki teman yang lebih sedikit, dibanding orang yang ekstrovert, si pribadi yang suka bersosialisasi dengan orang lain.

Menurut Sophia Dembling, seorang editor sekaligus penulis buku berjudul The Introvert’s Way: Living a Quiet Life in a Noisy World, menjelaskan sebagian besar orang yang introvert tidak menginginkan banyak teman. Mereka cenderung lebih selektif dalam memilih teman. Lingkaran pertemanan yang kecil ini memudahkan mereka untuk menjaga silaturahmi lebih baik.

Cara menjaga silaturahmi bagi orang yang introvert

Walaupun bisa berteman dengan baik, ada tantangan yang harus dihadapi si pribadi introvert dalam menjalin hubungan pertemanan. Kepribadiannya yang lebih cinta dengan waktu untuk diri sendiri, kerap kali mengabaikan waktu bersama teman. Supaya kepribadian ini tidak merusak tali pertemanan, Anda bisa menerapkan beberapa hal untuk menjaga silaturahmi, yaitu:

1. Jangan abaikan pesan atau telepon teman Anda

Bagi Anda yang sering kali mengabaikan pesan atau telepon dari teman Anda, mulai sekarang ubah kebiasaan tersebut. Meski kelihatannya sepele, mengangkat telepon dan membalas pesannya menunjukkan kepedulian Anda. Jika memang tidak sempat mengangkat telepon, pastikan untuk menelepon balik secepatnya.

Bila Anda tidak ingin telepon atau pesan mengganggu aktivitas Anda, beri tahukan pada teman kapan saja Anda bisa leluasa membalas pesan atau mengangkat teleponnya. Dengan membangun koneksi seperti ini, ikatan pertemanan akan jadi lebih erat.

2. Beri tahu apa yang tidak disukai dari teman Anda

Apa yang Anda lakukan jika tidak menyukai sesuatu? Sebagian besar dari Anda mungkin akan menghindarinya. Namun, jika si pribadi introvert melakukan ini karena tidak mau quality time untuk dirinya sendiri terganggu, jalinan persahabatan bisa rusak. Lalu harus bagaimana?

Untuk menjaga silaturahmi, orang yang introvert mungkin harus sedikit membuka diri. Ya, jika Anda tidak menyukai sesuatu yang dilakukan oleh teman maka beri tahukan hal yang Anda tidak sukai tersebut. Jangan malah mengambil tindakan yang salah, seperti terus mengabaikan pesan dan panggilan telepon atau berkelit ketika diajak pergi nongkrong.  Mencoba untuk membuka diri memberi kesempatan pada teman Anda untuk memahami dan menghargai Anda lebih jauh.

3. Tujukan perasaan Anda

Orang yang punya pribadi introvert biasanya lebih nyaman menuliskan apa yang ia pikirkan dibanding membicarakannya langsung, terutama saat ia tidak siap. Selain itu, menjadi lebih senang menjadi pendengar yang baik dan tidak nyaman untuk mengumbar-umbar apa yang ia rasakan.

Walaupun begitu, Anda perlu keluar dari zona nyaman tersebut. Cobalah untuk mengungkapkan apa yang Anda pikirkan dan rasakan. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya satu sama lain dan menjaga hubungan yang baik dengan teman.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sahabat dan Pacar Tidak Akur? Coba Hadapi Dengan 4 Cara Bijak Ini

Anda tentu ingin memiliki pasangan yang mudah berbaur dengan teman-teman Anda. Tapi apa jadinya kalau sahabat dan pacar justru tidak akur? Harus bagaimana?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 14 Maret 2019 . Waktu baca 5 menit

Makin Dewasa, Makin Susah Cari Teman? 3 Trik Ini Bisa Bantu Anda!

Memasuki lingkaran orang-orang dewasa pasti membuat Anda sulit mencari teman baru. Agar lebih mudah, ikuti cara mendapatkan teman baru berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 22 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit

Belum Tentu Tulus, Cermati 3 Tanda Anda Hanya Dimanfatkan Orang Lain

Memiliki teman yang tulus tentu sebuah anugerah. Namun, bagaimana jika Anda ternyata hanya dimanfaatkan orang lain yang selama ini dianggap sebagai teman?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 2 September 2018 . Waktu baca 3 menit

Menurut Penelitian, Punya Sahabat Sejati Sangat Penting Bagi Kesehatan Mental

Persahabatan sejak usia remaja bisa memengaruhi kesehatan mental Anda di usia dewasa. Ya, siapa sangka sahabat sejati Anda bisa jadi kunci bagi masa depan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 19 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kesehatan sosial

Pengertian Kesehatan Sosial yang Ternyata Penting untuk Jiwa dan Raga

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 24 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
semakin tua teman semakin sedikit

Mengapa Semakin Tua Jumlah Teman Semakin Sedikit?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 17 April 2020 . Waktu baca 4 menit
tanda pertemanan buruk

Inilah 4 Tanda Bahwa Anda Menjalin Pertemanan yang Buruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit
manfaat olahraga bersama teman

Tak Hanya Membuat Suasana Lebih Asyik, Ini Manfaat Lain Olahraga Bareng Teman

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 1 September 2019 . Waktu baca 4 menit