home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa Itu Body Positivity? Mudahkah Menerapkannya?

Apa Itu Body Positivity? Mudahkah Menerapkannya?

Pernah merasa tidak sempurna saat bercermin? Itu perasaan yang umum terjadi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengubah kekurangan menjadi kelebihan dengan menerapkan body positivity. Apa itu body positivity? Simak ulasan berikut.

Mengenal apa yang dimaksud dengan body positivity

kulit sensitif

Apa itu body positivity? Body positivity menandakan semua orang berhak untuk memiliki citra tubuh yang positif. Bahkan, sekalipun masyarakat memiliki standar yang jauh berbeda mengenai tubuh dan penampilan. Artinya, semua orang boleh-boleh saja memiliki penerimaan terhadap tubuhnya, meski orang lain mungkin memandang tubuhnya tidak sempurna.

Selain itu, jika Anda memahami apa yang dimaksud dengan body positivity, tandanya Anda juga akan menerima tubuh Anda walau terjadi perubahan bentuk, ukuran, hingga kemampuan Anda secara fisik dalam melakukan sesuatu. Hal ini berarti Anda tidak akan menilai diri Anda hanya berdasarkan fisik dan penampilan saja.

Baik Anda dan orang lain yang mungkin memiliki fisik yang lebih baik daripada fisik Anda, bernilai sama saja sebagai makhluk hidup. Itu merupakan bagian dari Anda memandang secara positif citra tubuh Anda. Maka dari itu, pola pikir seperti ini disebut body positivity.

Dengan begitu, tiap individu bisa lebih percaya diri saat berada di lingkungan masyarakat. Di sisi lain, adanya body positivity diharapkan dapat membuat masyarakat berhenti membuat standar yang tidak masuk akal mengenai bentuk fisik, baik perempuan maupun laki-laki.

Oleh sebab itu, setelah memahami apa itu yang dimaksud dengan body positivity, akan lebih baik jika Anda menerapkannya sebagai pola pikir dalam menilai diri Anda sendiri. Hal ini akan membantu memperbaiki cara Anda memandang diri Anda menjadi lebih realistis.

Hati-hati tertekan karena body positivity

kenapa saya masih jomblo

Sayangnya, meski Anda mungkin telah memahami dengan baik apa itu yang dimaksud dengan body positivity, pola pikir ini belum tentu bisa dilakukan dan diterima dengan baik oleh semua orang. Pasalnya, mengubah penilaian terhadap diri sendiri bukan perkara mudah.

Apalagi, di luar sana masih banyak sekali orang yang merasa bahwa badan ideal, kulit putih, rambut panjang, dan sebagainya adalah standar dari seorang perempuan yang cantik. Begitu pula pada laki-laki yang juga memiliki standar tertentu terhadap fisik dan penampilan.

Standar pria yang disebut tampan adalah yang berdada bidang dengan lengan berotot, perut six pack, dan masih banyak standar yang bisa dikatakan tidak masuk akal lainnya.

Mendorong semua orang untuk menerima tubuhnya dalam kondisi masyarakat yang masih mengagung-agungkan fisik yang sempurna sebagai standar tentu susah sekali. Seolah-olah, saat Anda menerapkan apa itu yang disebut dengan body positivity dalam kehidupan sehari-hari, Anda seperti sedang berjuang melawan arus.

Tentu Anda merasa sulit mengabaikan standar tersebut, bukan? Jika Anda tak yakin dan secara ‘terpaksa’ menerima tubuh Anda sebagaimana adanya, Anda mungkin akan merasa lebih stres dan tertekan.

Bayangkan saja, masyarakat secara umum melihat tubuh Anda tidak sempurna. Namun, Anda diminta untuk bersikap positif terhadap tubuh Anda sendiri. Saat Anda tidak bisa melakukannya, Anda akan merasa malu dan bersalah terhadap diri.

Memahami apa itu body positivity tidak sama dengan memercayainya. Menutupi pikiran negatif mengenai citra tubuh dengan pikiran positif hanya memiliki dampak yang bersifat sementara. Lebih baik, Anda mengganti pikiran negatif tersebut dengan pikiran yang lebih realistis mengenai citra tubuh yang Anda miliki saat ini.
Alih-alih berusaha mengubah tubuh dan penampilan Anda menjadi sempurna berdasarkan standar masyarakat, sebaiknya lakukan hal yang membuat Anda lebih positif memandang tubuh dan penampilan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cherry, K. (2019). Why Body Positivity Is Important. Retrieved 14 December 2019, from https://www.verywellmind.com/what-is-body-positivity-4773402

Schreiber, K. (2016). What Does Body Positivity Actually Mean?. Retrieved 14 December 2019, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-truth-about-exercise-addiction/201608/what-does-body-positivity-actually-mean

Widdows, H. (2019). How Positive Is Body Positivity?. Retrieved 14 December 2019, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/perfect-me/201904/how-positive-is-body-positivity


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Annisa Hapsari
Tanggal diperbarui 10/02/2020
x