home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Penyebab Umum Mata Memerah Saat Pakai Softlens

6 Penyebab Umum Mata Memerah Saat Pakai Softlens

Lensa kontak alias softlens bisa jadi salah satu pilihan jika Anda yang punya gangguan penglihatan tapi ingin lebih bergaya dan risih menggunakan kacamata setiap saat. Sayangnya, kebiasaan pakai lensa kontak atau softlens yang salah akan menimbulkan gejala iritasi mata, salah satunya adalah mata merah. Jika Anda kerap kali mengalami mata merah karena pakai softlens, ternyata ini penyebabnya.

Penyebab mata merah karena softlens

Sebenarnya, salah satu penyebab utama kenapa mata Anda merah ketika menggunakan softlens adalah terlalu sering memakainya.

Membiarkan lensa kontak terlalu lama di mata menyebabkan mata kekurangan asupan cairan serta oksigen yang dibutuhkan.

Akibatnya, mata akan berupaya mendapatkan oksigen tambahan dari darah. Ini yang menyebabkan pembuluh darah lebih terlihat dan mata tampak lebih merah.

Namun tidak menutup kemungkinan, terdapat penyebab lain yang menyebabkan kondisi tersebut.

Berikut adalah beberapa kondisi yang menyebabkan mata tampak merah akibat softlens.

1. GPC (giant papillary conjunctivitis)

kesalahan pakai lensa kontak

Menurut American Academy of Ophthalmology, GPC adalah sebuah kondisi ketika bagian dalam kelopak mata Anda memiliki benjolan-benjolan kecil dan memproduksi lendir yang berlebih.

Gejala lainnya adalah Anda merasakan gatal dan mata menjadi sensitif terhadap cahaya.

Nah, orang yang sering terkena GPC adalah orang yang sering menggunakan lensa kontak.

Oleh karena itu, komplikasi ini memang sering disebut-sebut sebagai penyebab mata merah karena softlens.

2. Alergi mata

penyebab mata gatal

Penyebab umum yang sering terjadi akibat penggunaan softlens adalah alergi yang dimiliki oleh mata Anda.

Orang-orang yang memiliki alergi biasanya memiliki kesulitan saat memakai lensa kontak.

Pertama-tama Anda akan merasakan gatal tiada hentinya, ingin menggosok-gosokkan mata, dan keluarnya air mata karena alergi tersebut.

Oleh karena itu, apabila Anda memiliki alergi terhadap lensa kontak, segera hentikan penggunaannya.

Bisa jadi, hal inilah yang menjadi penyebab mengapa mata Anda merah karena softlens.

Bila perlu, konsultasikan hal ini dengan dokter mata. Anda akan mendapatkan rekomendasi softlens dengan bahan yang lebih ringan atau alternatif lainnya sebagai pengganti softlens.

3. Ulkus kornea

Ulkus kornea merupakan salah satu gangguan mata yang harus ditangani dengan serius.

Biasanya, gangguan ini terjadi ketika terdapat luka pada kornea mata. Penyebabnya bisa karena infeksi atau penggunaan softlens terlalu lama.

Salah satu gejalanya adalah rasa nyeri pada mata, mata merah, dan seperti terdapat benda asing di indera penglihatan Anda.

Jika Anda mengalami gejala ini, silahkan langsung konsultasikan kepada dokter mata Anda.

4. Kualitas softlens buruk

Kejadian ini biasanya terjadi karena Anda terlalu buta dengan harga, sehingga memilih mengabaikan kualitas pada softlens Anda.

Hal tersebut tentunya bisa menyebabkan mata merah karena penggunaan softlens.

Pada awalnya, mungkin mata Anda tidak akan mengalami gejala apapun, tetapi keesokan harinya Anda bisa saja berkata lain.

Kualitas buruk seperti softlens tidak cocok dengan ukuran mata Anda pun bisa membuat iritasi mata.

Jika Anda mengalami hal ini, segera ganti softlens Anda dengan ukuran yang pas untuk mata Anda, agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Alergi terhadap cairan pembersih softlens

Walaupun mungkin Anda sudah berlangganan selama bertahun-tahun, tidak menutup kemungkinan cairan lensa kontak yang Anda gunakan juga menyebabkan gangguan ini terjadi.

Apabila mata Anda merah, bisa saja karena cairan pembersih softlens. Cobalah untuk memeriksa kandungan yang ada pada cairan tersebut.

Hal tersebut penting untuk mengetahui apakah terdapat zat kimia pada cairan softlens yang membuat kondisi ini terjadi.

6. Gejala mata kering

Gejala mata kering memang sering ditandai dengan mata yang memerah. Kondisi ini sebenarnya bisa terjadi kepada siapapun, termasuk orang yang tidak memakai lensa kontak.

Akan tetapi, apabila Anda mengalami gejala tersebut ketika memakai softlens, kemungkinan besar cairan pada indera penglihatan Anda sangat kurang.

Penggunaan lensa kontak akan menyerap cairan yang mata Anda miliki, sehingga dibutuhkan pelumas yang cukup untuk mata Anda.

Nah, setelah mengetahui apa saja penyebab mata merah karena softlens, penggunaan lensa kontak pun tidak dianjurkan selama kondisi-kondisi di atas dialami oleh Anda.

Apabila Anda masih belum mengetahui penyebab pasti dan gejala semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter mata Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Thomas, L. (2018). Dangers of Leaving Contacts In Too Long – Florida Eye Specialists & Cataract Institute. Retrieved May 25, 2021, from https://floridaeye.org/eye-health/dangers-of-leaving-contacts-in-too-long/ 

Boyd, K. (2021). Contact Lens-Related Eye Infections – American Academy of Ophthalmology. Retrieved May 25, 2021, from https://www.aao.org/eye-health/diseases/contact-lens-related-eye-infections 

Boyd, K. (2021). Giant Papillary Conjunctivitis – American Academy of Ophthalmology. Retrieved May 25, 2021, from https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-is-giant-papillary-conjunctivitis 

Boyd, K. (2021). What is Dry Eye? – American Academy of Ophthalmology. Retrieved May 25, 2021, from https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-is-dry-eye 

Turbert, D. (2021). What Is a Corneal Ulcer (Keratitis)? – American Academy of Ophthalmology. Retrieved May 25, 2021, from https://www.aao.org/eye-health/diseases/corneal-ulcer 

Dry eyes – Mayo Clinic. (2019). Retrieved May 25, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-eyes/symptoms-causes/syc-20371863 

Are You Allergic to Your Contact Lenses or Solution? – Cleveland Clinic. (2016). Retrieved May 25, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/allergic-contact-lenses-solution/

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi pada 25/02/2021
x