Ini 4 Tanda Obat Tetes Tak Lagi Manjur Atasi Mata Kering

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Mata Anda dilengkapi dengan kelenjar air mata yang bertugas untuk melindungi lapisan mata dari debu dan zat asing dari luar. Jika kelenjar air mata tidak menghasilkan cukup air mata, mata akan kering. Akibatnya, mata akan terasa perih, panas terbakar, sakit, dan memerah. Biasanya, jika sudah begini, Anda akan melakukan beberapa cara untuk mengobati mata kering.

Namun, sayangnya tidak semua cara tersebut akan bekerja dengan baik. Lantas, bagaimana caranya Anda tahu efektivitas obat untuk mengatasi mata kering? Simak tanda-tandanya jika pengobatan mata kering yang Anda pilih tidak cukup ampuh.

Tanda obat yang dipakai tak ampuh mengobati mata kering

Ada banyak pilih untuk mengobati mata kering, seperti menggunakan obat tetes mata, salep atau gel mata, sisipan mata, obat perangsang air mata, bahkan operasi. Di antara semua cara tersebut, mungkin ada beberapa yang tidak cukup ampuh untuk Anda. Jika tidak ada perubahan, maka sebaiknya segera ganti cara Anda dalam mengobati mata kering.

Nah, ada berbagai tanda yang bisa dijadikan pertimbangan untuk beralih ke pengobatan lainnya supaya mata kering bisa cepat sembuh, di antaranya:

1. Terus digunakan tapi kondisi tidak membaik

Supaya efektif, obat harus digunakan dengan rutin, tentu saja harus sesuai dengan kondisi mata Anda. Jadi, sangat disarankan untuk memperhatikan gejala yang muncul selama pengobatan.

Jika Anda sudah mengikuti pengobatan sesuai anjuran, tapi kondisi mata tidak kunjung membaik, kemungkinan besar obat tersebut tidak cukup ampuh. Anda perlu konsultasi lagi ke dokter, untuk menentukan apakah obat tersebut perlu diganti atau dosisnya ditambahkan.

2. Semakin banyak gejala yang timbul

Ketika mata Anda kering, biasanya tidak akan menimbulkan gejala lain di area mata, misalnya mata gatal. Jika memang tiba-tiba mata jadi gatal, mungkin Anda alergi terhadap obat tetes yang sedang digunakan. Ingat, beberapa obat tetes mata biasanya mengandung pengawet. Orang yang sangat sensitif dengan bahan pengawet, tentu akan merasakan reaksi alergi.

Jika Anda tidak segera mengganti obat dengan yang lain, mata bisa kian meradang. Gejala mata kering pun akan semakin memburuk dan lebih sulit diobati.

3. Menimbulkan efek samping yang sangat menganggu

Jika Anda mengobati mata kering dengan obat tetes tertentu, Anda sebaiknya ketahui dulu apa saja efek samping yang mungkin terjadi. Lora Glass, MD, seorang profesor oftamologi di Columbia University Irving Medical Center, menjelaskan bahwa beberapa pasien dengan mata kering merasakan sensasi terbakar setelah menggunakan obat tertentu. Sementara pasien yang lain tidak merasakan efek samping tersebut.

Kemungkinan besar, kondisi tersebut terjadi akibat kondisi kornea yang sangat kering. Jika efek samping ini membuat Anda tidak nyaman, sebaiknya mencoba obat lain yang efek sampingnya lebih ringan.

4. Pengobatan hanya bekerja pada waktu-waktu tertentu

Mata kering sangat sensitif dengan kondisi lingkungan, seperti suhu ruangan, tingkat kelembapan, dan kegiatan yang Anda lakukan. Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan pengobatan dengan lingkungan tempat tinggal dan kegiatan apa yang Anda lakukan.

Jika gejala tetap muncul ketika bekerja di depan komputer atau saat udara di ruangan Anda cukup kering, itu artinya obat yang digunakan belum cukup ampuh. Anda perlu melakukan konsultasi pada dokter untuk menemukan obat bekerja sepanjang hari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mata Kering

Pemakai lensa kontak sudah biasa mengalami mata kering. Tapi tahukah bahwa penyebab mata kering Anda mungkin adalah pil KB yang Anda gunakan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mata 22 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Mata Silinder (Astigmatisme)

Mata silinder (astigmatisme) bisa menyebabkan penglihatan menjadi buram. Ketahui gejala, penyebab, dan pengobatan dari kelainan refraksi mata ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Kesehatan Mata, Gangguan Penglihatan 22 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Ciri-Ciri Ada Cacing di Mata Anda dan Cara Mengobatinya

Cacing loa-loa adalah jenis cacing yang sering bersarang di mata Anda. Apa penyebab cacing di mata? Seperti apa gejala dan cara mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Heterochromia, Saat Kedua Mata Anda Berbeda Warna

Pernahkah Anda melihat seseorang memiliki dua warna mata alami yang berbeda? Hal itu dinamakan mata heterochromia. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 21 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

menonton tv terlalu dekat

Benarkah Nonton TV Terlalu Dekat, Bisa Bikin Mata Anak Rusak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penyebab mata berair

9 Penyebab Mata Anda Terus Berair dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
cara membaca resep kacamata

Begini Cara Membaca Resep Kacamata dari Dokter dan Optik Anda

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
mempertajam penglihatan mata

Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit