backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

8 Makanan untuk Mata Kering yang Kaya Gizi

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 11/09/2023

8 Makanan untuk Mata Kering yang Kaya Gizi

Selain menggunakan obat tetes mata, Anda dapat mengatasi mata kering dengan mengonsumsi berbagai makanan yang bergizi. Ingin mengetahui apa saja makanan yang dapat mengatasi mata kering? Cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut.

Berbagai makanan untuk mengatasi mata kering 

Mata kering adalah salah satu masalah pada mata yang cukup sering terjadi.

Untuk mengatasi kondisi ini, sebagian orang terkadang langsung memilih menggunakan obat tetes mata karena dianggap lebih praktis.

Padahal sebelum menggunakan obat mata, ada baiknya Anda perlu mengecek kembali sumber makanan apa saja yang dikonsumsi sehari-hari. 

Pasalnya, dikutip dari Optometrists Network, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, kondisi mata kering pun dapat teratasi.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang cocok dikonsumsi pada penderita mata kering.

1. Wortel

manfaat wortel

Kekurangan vitamin A diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya mata kering. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, seperti wortel.

Makanan untuk mata kering satu ini dapat meningkatkan kelembapan mata dan mencegah terjadinya mata kering. 

2. Bayam 

Bayam mengandung antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin. Kandungan yang terdapat pada sayuran hijau satu ini dipercaya bisa menjaga mata agar tetap lembap, sehingga kondisi mata kering pun terhindari. 

Selain itu, kandungan antioksidannya tersebut juga dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar UV. 

3. Buah beri 

Buah-buahan beri, seperti blueberry, raspberry, dan blackberry mengandung antioksidan dan vitamin C yang tentunya bermanfaat bagi tubuh manusia, termasuk mata. 

Sebab kandungan tersebut dipercaya mampu meningkatkan produksi air mata, sehingga kelembapan mata dapat terjaga.

Tidak hanya mencegah mata kering, kandungan vitamin C di dalam buah beri juga dapat menurunkan risiko terjadinya katarak.

4. Ikan salmon 

Salah satu nutrisi penting untuk mata kering yang selanjutnya adalah asam lemak omega-3. Untuk mendapatkan nutrisi ini, Anda dapat mengonsumsi ikan salmon secara rutin. 

Berkat kandungan omega-3 di dalamnya, ikan salmon dapat membantu mengurangi peradangan pada mata, yang merupakan salah satu penyebab terjadinya mata kering. 

5. Kacang merah

Manfaat kacang merah untuk ibu hamil

Makanan untuk mata kering yang selanjutnya adalah kacang-kacangan, seperti kacang merah. Kacang merah mengandung vitamin E yang tinggi yang dipercaya dapat melindungi mata dari kekeringan. 

Kandungan vitamin E di dalam kacang merah juga dipercaya mampu menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. Dengan begitu, risiko terjadinya beragam penyakit mata pun dapat terhindari. 

6. Telur 

Siapa sangka, di dalam makanan kecil satu ini mengandung berbagai nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata, misalnya vitamin A, vitamin B12, zinc, serta antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin. 

Berkat beragam kandungan nutrisi tersebut, telur dapat menjadi pilihan makanan untuk mata kering karena dapat meningkatkan produksi air mata, sehingga menjaga kelembapan mata. 

7. Alpukat 

Makanan untuk mata kering yang tidak kalah lezat selanjutnya adalah alpukat. Kandungan vitamin B2 dalam alpukat dipercaya dapat melindungi mata dari kerusakan sel dan mata kering. 

Selain diperoleh dari buah-buahan seperti alpukat, vitamin B2 juga dapat diperoleh dari makanan lainnya, misalnya brokoli, gandum utuh, dan produk susu beserta dengan olahannya. 

8. Daging 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Indian Journal of Ophthalmology, kekurangan vitamin D berkaitan dengan kondisi mata kering.

Ini karena vitamin D berperan dalam meningkatkan fungsi kornea serta memberikan perlindungan pada mata kering.

Dalam penelitian tersebut, vitamin D dapat mencegah terjadinya mata kering dengan cara merangsang produksi air mata, sehingga mata tetap terjaga kelembapannya. 

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D ini, Anda dapat mengonsumsi daging-dagingan, seperti daging ayam atau daging sapi.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D secara langsung dari berjemur di bawah sinar matahari

Itu beberapa rekomendasi makanan untuk mata kering  yang dapat Anda coba. Namun, bila cara di atas tidak cukup membantu untuk mengatasi kondisi mata kering yang Anda alami, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mata terdekat. 

Cara lain mengatasi mata kering

Selain mengonsumsi makanan bernutrisi di atas, mata kering juga dapat diatasi dengan cara-cara berikut ini. 
  • Batasi penggunaan gadget. 
  • Kurangi paparan AC dan angin yang dapat meningkatkan potensi mata kering. 
  • Hindari asap rokok. 
  • Kompres mata menggunakan air hangat untuk membantu meningkatkan kualitas air mata. 
  • Gunakan humidifier untuk menjaga kelembapan ruangan. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 11/09/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan