6 Pilihan Makanan yang Kaya Gizi Untuk Mengatasi Mata Kering

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Obat tetes memang selalu diandalkan untuk mengatasi mata kering. Namun, coba kali ini tinggalkan obat tetes mata Anda dan beralihlah mengonsumsi makanan yang tepat. Ya, makanan dengan gizi yang baik bisa membantu atasi mata yang kering. Lalu, apa saja jenis makanan yang dapat obati mata yang kering?

6 jenis makanan yang bisa mengatasi mata kering

Mata kering adalah salah satu masalah mata yang sering kali terjadi. Hal ini membuat mata mudah kena iritasi bahkan bisa menurunkan kemampuan melihat. Sebagian orang elalu menggunakan obat tetes sebagai solusi dari mata yang kering. Padahal, sebenarnya Anda bisa mengecek kembali sumber makanan apa saja yang Anda konsumsi sehari-hari.

Dilansir dari laman Nutrition Facts, makanan dengan kandungan gizi yang tepat bisa mengobati mata yang kering dengan cara meningkatkan produksi air mata. Jadi mulai sekarang jika mata kering, coba konsumsi makanan yang telah terbukti bisa mengganti sumber makanan Anda dengan sumber makanan yang dipercaya ampuh untuk meningkatkan produksi air mata. Penderita mata kering sebaiknya menurunkan sedikit asupan protein, lemak dan kolesterol yang berlebihan.

1. Vitamin C

Vitamin C mengandung asam askorbat yang sangat penting bagi kesehatan mata. Mengonsumsi makanan kaya vitamin C sudah terbukti dapat melancarkan kerja pembuluh darah pada mata dan membantu mencegah katarak. Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C yang baik dari jeruk, bayam, tomat, pisang, apel dan anggur. 

2. Vitamin E

Jika tak mau mata kering, Anda bisa juga mengandalkan makanan yang mengandung vitamin E tinggi. Pasalnya, jenis vitamin ini mampu melindungi sel-sel mata dari kerusakan. Bahkan vitamin E juga berkhasiat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jadi, mulai sekarang pastikan jika makanan seperti  kacang-kacangan dan ubi – yang kaya vitamin E – ada dalam menu Anda setiap hari. 

3. Lutein dan zeaxanthin

Lutein dan zeaxanthin termasuk antioksidan yang dapat mencegah penyakit mata kronis dan membantu menjaga sel mata tetap sehat. Tentunya, masalah mata kering juga bisa diatasi dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan ini. Contohnya seperti telur, brokoli, kubis, jagung dan bayam.

4. Asam lemak omega 3

Makanan dengan omega 3 yang tinggi adalah makanan yang dapat mengatasi mata kering. Menurut Dr. Marc Grossman, orang-orang yang mengalami kejadian mata kering mulai memperlihatkan adanya peningkatan produksi air mata dalam kurun waktu 10 hari setelah meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial.

Omega 3 mampu merangsang kelenjar pada mata (kelenjar meibomian) agar memproduksi minyak pada air mata. Minyak ini berguna untuk menjaga air mata agar tidak cepat kering, sehingga mata senantiasa terasa lembap. Sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 adalah ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, ikan teri, minyak ikan, kacang kedelai, sayuran hijau dan berdaun, kacang-kacangan dan biji-bijian

5. Zink 

Selama ini vitamin A terkenal khasiatnya untuk menjaga dan mencegah kerusakan mata. Namun belum banyak orang tahu bahwa zink  yang membantu mata untuk mendapatkan vitamin A, yang kemudian digunakan untuk pembentukan melanin mata.

Melanin merupakan pigmen yang terdapat pada iris, yang berguna sebagai penentu warna iris. Jadi jika Anda perhatikan warna mata setiap orang tidaklah sama, tergantung seberapa banyak melanin di dalam iris. Sama halnya seperti melanin penentu warna kulit dan rambut.

Bila kebutuhan zink tidak tercukupi dengan baik, maka mata Anda berisiko tinggi untuk terinfeksi. Zink tidak dapat diproduksi oleh tubuh, oleh sebab itu penting untuk tercukupi kebutuhannya dari makanan yang Anda konsumsi seperti tiram, lobster, daging sapi, ikan salmon, susu dan telur. 

6. Kalium

Terakhir, kalium adalah nutrisi untuk mata yang penting untuk dipenuhi. Kekurangan kalium bisa menyebabkan mata jadi kering. Jadi, agar mata tak cepat kering, sebaiknya konsumsi makanan sumber kalium seperti kacang almond, pisang, kismis, kurma dan alpukat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Berenang? Waspada 5 Bahaya Kaporit Dalam Kolam Renang

Fungsi kaporit pada air kolam renang adalah untuk membunuh bakteri-bakteri dalam air dan juga menjernihkan air. Tapi, awas bahayanya yang bisa merusak mata

Ditulis oleh: Tiara Putri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 9 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

3 Nutrisi Terbaik untuk Mengatasi Mata Kering

Pernah mengalami gejala mata kering? Cobalah untuk mengubah pemilihan nutrisi untuk mata kering Anda dengan makanan yang kaya vitamin dan zat gizi.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Mata, Perawatan Mata 16 November 2020 . Waktu baca 3 menit

3 Cara Mencegah dan Mengatasi Mata Kering

Kondisi mata kering bukan hanya tak nyaman, tapi juga bisa mengganggu penglihatan. Berikut beberapa cara mencegah dan mengatasi mata kering.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Mata, Perawatan Mata 5 November 2020 . Waktu baca 3 menit

5 Tips Jitu Cegah Mata Gatal di Malam Hari, Agar Tidur Lebih Nyenyak

Mata yang gatal di malam hari bisa menganggu kualitas tidur Anda. Agar tetap bisa tidur dengan nyenyak, yuk cegah rasa gatal dengan cara-cara berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mata, Perawatan Mata 15 Maret 2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab mata berair

9 Penyebab Mata Anda Terus Berair dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
mata kering

Mata Kering

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit
Pinguecula

Mengenal Pinguecula, Ketika Bintik Kuning Muncul pada Mata

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
kedutan mata kiri atas

Mata Sering Kedutan, Apa Artinya dari Sisi Medis?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit