Cegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar HP dengan Cara Ini

    Cegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar HP dengan Cara Ini

    Seharian berada di depan layar sudah menjadi kebiasaan orang zaman sekarang. Pekerja kantoran, pelajar, mahasiswa, dan ibu rumah tangga hidup tidak jauh dari layar gadget, termasuk handphone (HP). Padahal, mata bisa cepat lelah karena terlalu sering melihat layar HP.

    Untuk menyeimbangkan kebiasaan Anda di depan layar, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah mata lelah karena HP. Simak ulasan di bawah ini.

    Kata penelitian tentang mata yang lelah akibat layar HP

    cegah mata lelah

    American Academy of Ophthamology dari Amerika Serikat menyatakan bahwa melihat perangkat digital sebenarnya tidak merusak mata. Akan tetapi, lama-lama, hal ini bisa menimbulkan ketegangan dan gejala yang mengganggu penglihatan Anda.

    Manusia biasanya berkedip selama 15 kali tiap menitnya. Namun, saat menatap layar gadget, termasuk HP, jumlah kedipan mata akan turun. Kedipan mata bisa berkurang hingga setengah atau tiga kali lipatnya.

    Kondisi inilah yang menyebabkan mata cepat lelah karena dipaksa bekerja fokus menatap layar tanpa banyak berkedip.

    Ketegangan mata yang disebabkan oleh melihat layar gadget terlalu lama disebut dengan computer vision syndrome (CVS).

    Pada sebuah studi dalam Nepalese Journal of Ophthamology tahun 2013, para peneliti menguji penggunaan komputer dan efeknya terhadap mata para mahasiswa di Malaysia.

    Hasilnya, hampir 90 persen dari 795 mahasiswa memiliki gejala CVS. Dari berbagai gejala CVS, yang paling banyak dialami, yaitu sakit kepala.

    Mengistirahatkan mata beberapa kali selama menggunakan gadget bisa cegah mata lelah dan mengurangi gejala ketegangan mata secara signifikan.

    Apa saja gejalanya ketika mata lelah karena HP?

    Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang menandakan mata lelah karena HP.

    • Mata kering.
    • Sakit kepala.
    • Mata berair.
    • Penglihatan ganda atau diplopia, yakni kondisi di mana mata Anda melihat dua objek padahal sebenarnya hanya ada satu objek yang berbayang.
    • Penglihatan kabur.
    • Nyeri di leher, bahu, atau punggung.
    • Peka terhadap cahaya silau.
    • Sulit berkonsentrasi.
    • Sulit membuka mata.

    Cara mencegah mata lelah karena HP

    cegah mata lelah

    Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah mata lelah karena HP. Berikut ini di antaranya.

    1. Ikuti metode 20-20-20

    Setiap 20 menit di depan layar gadget, istirahatkan mata selama 20 detik dengan mengalihkan pandangan dari layar gadget ke objek yang berjarak minimal 20 kaki (6 meter) dari tempat Anda. Itulah arti dari metode 20-20-20.

    Melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6 meter) tidak perlu Anda ukur. Kuncinya adalah dengan istirahatkan mata untuk fokus pada sesuatu yang jauh dari tempat Anda.

    Sebagai contoh, Anda bisa mencoba melihat pohon di luar jendela atau melihat benda yang sangat jauh dari posisi Anda. Hal ini bisa membantu cegah mata lelah dan kering. Mata juga bisa kembali melihat dengan lebih fokus.

    Metode ini hanya membutuhkan waktu selama 20 detik untuk membuat mata Anda menjadi lebih rileks. Saat mengistirahatkan mata, ada baiknya Anda sambil bangun dari tempat duduk dan sedikit bergerak atau berpindah.

    Selama 20 menit di depan layar, biasanya mata akan semakin menegang saat melihat layar. Maka itu, setiap 20 menit mata seharusnya diistirahatkan agar tidak cepat lelah dan supaya Anda bisa mencegah gangguan mata lainnya, misal mata kering.

    2. Jaga jarak pandang mata ke layar HP

    Banyak orang yang mengalami mata lelah karena jarak yang terlalu dekat saat menggunakan HP dan posisi layar yang salah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjaga jarak pandang mata dari layar HP.

    Anda bisa menjaga jarak pandang mata dengan memposisikan HP cukup jauh dan tidak terlalu dekat. Jarak yang disarankan, yaitu 60 cm atau sekitar panjang lengan dengan posisi layar sedikit di bawah pandangan mata.

    3. Sesuaikan pengaturan pada layar

    Pengaturan pada layar dapat disesuaikan untuk membantu mata lebih nyaman saat menatapnya. Layar yang terlalu terang bisa membuat mata lebih cepat lelah.

    Anda dapat gunakan pelindung layar yang bisa meredupkan pantulan cahaya pada layar.

    Anda juga bisa meredupkan cahaya layar jika lebih terang dari cahaya di sekitarnya. Hal ini agar mata terlindung dari sinar yang terlalu menyilaukan saat sedang menggunakan HP.

    Selain itu, atur kontras antara tulisan dan latar di layar HP agar lebih mudah terbaca.

    4. Gunakan kacamata khusus saat menggunakan HP

    Ada jenis kacamata khusus yang dapat digunakan saat menggunakan HP.

    Kacamata ini memiliki lensa yang bisa membantu mata untuk fokus pada jarak yang disarankan saat menggunakan gadget, termasuk smartphone atau HP.

    Lensa tersebut akan secara otomatis mengubah fokus mata saat melihat layar HP baik dari jarak dekat, sedang, maupun jauh.

    Perlu diketahui kacamata dengan lensa khusus berbeda dari kacamata dengan filter blue light.

    Melansir dari American Academy of Ophthalmology, filter blue light pada kacamata tidak mampu meredakan gejala mata lelah akibat layar digital.

    5. Bersihkan layar HP secara rutin

    Jaga layar tetap bersih dari kotoran, termasuk debu dan sidik jari.

    Kotoran pada layar bisa membuat mata lebih sulit melihat apa yang ada pada layar. Akibatnya, mata menjadi lebih mudah lelah saat menatap layar.

    Cara mengatasi mata lelah karena HP

    cara pakai tetes mata untuk mata kering dan merah

    Jika Anda mengalami mata lelah karena penggunaan HP, ada beberapa cara yang bisa membantu meredakannya. Berikut adalah cara mengatasi mata lelah karena menatap layar HP yang bisa Anda praktikkan.

    • Alihkan pandangan dari layar HP untuk beberapa saat.
    • Gunakan obat tetes mata yang bisa melembapkan mata. Obat ini bisa diperoleh tanpa resep dari dokter di toko obat atau apotek.
    • Kedipkan mata lebih sering saat menatap layar untuk membuat mata kembali basah dan lembap.
    • Jika menggunakan kontak lensa, ganti untuk sementara waktu dengan kacamata.
    • Kompres mata dengan air hangat untuk mengatasi mata kering yang disebabkan oleh kelelahan.

    Kesimpulan

    Mata lelah karena penggunaan gadget, termasuk HP, yang terlalu lama tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda bisa cegah mata lelah sehingga bisa beraktivitas dengan lebih nyaman. Meski terkadang gejala yang dialami bisa cukup parah, mata lelah karena HP umumnya tidak menyebabkan kerusakan permanen pada penglihatan dan akan hilang dengan sendirinya saat Anda mengistirahatkan mata.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Reddy, S. C., Low, C., Lim, Y., Low, L., Mardina, F., & Nursaleha, M. (2013). Computer vision syndrome: a study of knowledge and practices in university students. Nepalese Journal of Ophthalmology5(2), 161–168. https://doi.org/10.3126/nepjoph.v5i2.8707

    Reddy, S., Low, C., Lim, Y., Low, L., Mardina, F., & Nursaleha, M. (2013). Computer vision syndrome: a study of knowledge and practices in university students. Nepalese Journal Of Ophthalmology5(2), 161-168. doi: 10.3126/nepjoph.v5i2.8707

    Bali, J., Neeraj, N., & Bali, R. (2014). Computer vision syndrome: A review. Journal Of Clinical Ophthalmology And Research2(1), 61. doi: 10.4103/2320-3897.122661

    Eyestrain – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 12 May 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/eyestrain/symptoms-causes/syc-20372397

    Computers, D. (2022). Computers, Digital Devices and Eye Strain. Retrieved 12 May 2022, from https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/computer-usage

    Are Blue Light-Blocking Glasses Worth It?. (2022). Retrieved 12 May 2022, from https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/are-computer-glasses-worth-it

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Reikha Pratiwi Diperbarui Jun 03
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita