Apa yang Terjadi Sebelum, Saat, dan Setelah Operasi Katarak?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sulit dipungkiri bahwa usia adalah salah satu faktor penyebab dari segala masalah kesehatan. Salah satu masalah yang sering muncul seiring bertambahnya usia adalah katarak. Sayangnya, katarak tidak mempan diobati hanya dengan minum obat-obatan saja. Mau tidak mau, operasi harus ditempuh guna memulihkan kondisi mata kembali normal. Lantas, apa saja urutan prosedur operasi katarak?

Tahapan prosedur operasi katarak

Operasi katarak merupakan tindakan rawat jalan yang tidak butuh waktu lama untuk dilakukan. Alangkah baiknya bila Anda memahami dengan jelas mengenai urutan prosedur operasi katarak sebelum menjalankannya.

Sebelum operasi katarak

Ada beberapa jenis metode dalam melakukan prosedur operasi katarak, dokter akan menentukan jenis yang terbaik dengan turut mempertimbangkan kesehatan Anda. Maka sebaiknya bicarakan dengan dokter terkait masalah medis yang pernah ataupun sedang Anda alami.

Sebelum operasi, dokter juga akan memeriksa mata Anda, untuk menentukan jenis implan lensa intraokular yang paling cocok sesuai kebutuhan dan kondisi mata. Anda tidak dianjurkan untuk memakai riasan mata saat hari-H operasi tiba.

Selama operasi katarak

persiapan operasi katarak

Mula-mula, dokter akan memberikan suntikan anestesi guna menghilangkan rasa sakit selama prosedur operasi katarak berlangsung. Obat tetes mata juga akan diberikan sehingga pupil akan menjadi lebih lebar. Tak lupa, kulit di sekitar mata dan kelopak mata pun turut dibersihkan agar lebih steril saat proses operasi berlangsung.

Selanjutnya, operasi dimulai dengan membuat sayatan kecil di bagian kornea mata sehingga lensa mata yang buram akibat katarak akan terbuka. Dokter kemudian  memasukkan alat berupa probe ultrasound ke dalam mata, dengan tujuan untuk mengambil lensa katarak.

Alat probe yang menghantarkan gelombang ultrasound ini akan menghancurkan lensa katarak sekaligus mengambil bagian-bagian yang masih tersisa. Implan lensa baru kemudian dimasukkan ke dalam mata melalui sayatan kecil tadi.

Dalam sebagian besar kasus, sayatan mampu menutup dengan sendirinya sehingga tidak diperlukan jahitan pada kornea. Terakhir, mata Anda akan ditutup menggunakan perban tanda operasi telah selesai.

Setelah operasi katarak

penyakit penyebab katarak

Anda mungkin akan merasakan gatal pada mata selama satu sampai dua hari usai melakukan prosedur operasi katarak. Bahkan, penglihatan biasanya tampak buram karena dalam masa penyesuaian selama proses penyembuhan.

Semua kondisi tersebut wajar dan normal. Anda bisa menyampaikan semua keluhan terkait masalah pasca operasi pada kunjungan dokter yang biasanya dijadwalkan beberapa hari setelah operasi. Disini, dokter juga akan memantau kondisi mata dan kualitas penglihatan Anda.

Selain itu, Anda akan diresepkan obat tetes mata guna mencegah infeksi, mengurangi peradangan, sekaligus mengontrol tekanan pada mata. Hindari menyentuh atau mengucek mata Anda untuk sementara waktu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Katarak Kongenital

Katarak kongenital adalah kelainan bawaan lahir pada bayi, yang menyebabkan lensa mata menjadi keruh dan menghambat penglihatannya. Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Mata, Katarak 7 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Berbagai Jenis Pengobatan Katarak, dari Obat Tetes Mata Hingga Operasi

Pengobatan katarak yang paling efektif adalah operasi. Namun, ada pula cara mengobati yang dapat menghambat perkembangan mata katarak.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Mata, Katarak 7 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Mengenal Katarak Traumatik, Kekeruhan Lensa Mata Akibat Cedera

Katarak biasanya terjadi akibat bertambahnya usia, tetapi ada jenis kekeruhan lensa mata karena cedera. Kondisi itu disebut dengan katarak traumatik.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Mata, Katarak 7 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Katarak Senilis, Ketika Mata Berkabut Akibat Penuaan

Katarak senilis adalah salah satu jenis katarak yang terjadi akibat penuaan. Apakah ada cara untuk mencegahnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Mata, Katarak 7 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

eye floaters mata vitreous opacities

Floaters

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
Pencegahan katarak memang sulit dilakukan, tapi cara-cara ini mungkin dapat mengurangi risiko atau bahkan mencegah penyakit katarak di kemudian hari.

Bagaimana Cara Mencegah Katarak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 7 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
setelah operasi katarak

Pasca Operasi Katarak, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 7 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
Operasi katarak merupakan pengobatan yang paling efektif untuk mengatasi katarak.

Apa yang Terjadi Selama Operasi Katarak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 7 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit