home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bolehkah Pakai Cairan Softlens untuk Membersihkan Mata?

Bolehkah Pakai Cairan Softlens untuk Membersihkan Mata?

Orang-orang dengan mata minus membutuhkan alat untuk membantu memperjelas penglihatan yang bisa digunakan setiap hari. Softlens atau lensa kontak adalah salah satu yang menjadi pilihan bagi yang tidak suka menggunakan kacamata. Sayangnya, risiko mata kering sering menghampiri setelah menggunakannya selama beberapa jam. Untuk mengatasi masalah ini, banyak orang yang kerap membasahi mata dengan cairan softlens. Namun, apakah cara tersebut benar-benar aman dan boleh dilakukan?

Apa itu eye contact solutions?

Eye contact solutions merupakan cairan yang diformulasikan khusus untuk membersihkan softlens.

Kebanyakan produk cairan softlens mengandung beberapa senyawa kimia seperti bifosfonat yang memecah protein sisa kotoran mata pada softlens, selulosa dan propilen glikol yang melembabkannya, serta buffer yang menjaga kadar pH-nya tetap aman untuk mata.

Terdapat dua jenis cairan softlens yang sering digunakan, yaitu multipurpose solution dan hydrogen peroxide-based system.

Multipurpose solution adalah cairan pembersih yang akan bekerja dengan perawatan menyeluruh termasuk membersihkan, membilas, mendesinfeksi, dan merendam lensa. Umumnya, cairan softlens ini digunakan untuk para pengguna lensa mata jenis soft contact lens.

Untuk menggunakannya, cukup dengan memberi beberapa tetes multipurpose solution pada softlens lalu usap perlahan selama beberapa detik. Setelah itu, simpan softlens dalam rendaman cairan softlens yang sudah diganti.

Sedangkan hydrogen peroxide-based system memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan multipurpose solution. Bedanya, softlens HPB tidak bisa digunakan langsung dan mungkin akan kurang praktis jika dibandingkan dengan cairan jenis lainnya.

Pasalnya, Anda akan membutuhkan alat khusus untuk menyimpan softlens yang sekaligus bekerja sebagai penetralisir dari zat-zat dalam cairan HPB yang dapat membahayakan mata. Cara lainnya, Anda harus membersihkan softlens menggunakan cairan pembersih surfaktan sebelum menggunakan HPB.

Bolehkah cairan softlens digunakan untuk tetes mata?

cara pakai obat tetes mata

Biasanya, pembelian softlens akan disertai dengan cairan khusus untuk tetes mata. Cairan ini mengandung komponen yang dapat meremajakan mata letih dan mengurangi efek samping yang disebabkan dari pemakaian softlens seperti kekeringan, pandangan yang mulai kabur, atau gatal-gatal.

Namun, karena kebanyakan produknya dikemas dalam wadah kecil, Anda mungkin sering lupa untuk membawanya. Untuk mengakali mata yang mulai terasa kering, Anda pun meneteskan cairan softlens sebagai penggantinya. Padahal, tindakan ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan mata Anda.

Meski sama-sama memiliki efek membersihkan, cairan softlens dan cairan tetes mata diproduksi dengan tujuan yang berbeda. Maka, kandungan dari keduanya pun juga tidak sama. Cairan obat tetes memiliki komponen hypromellose yang membuatnya serupa dengan air mata, sehingga penggunaannya sangat aman untuk mata Anda.

Sedangkan, cairan pembersih softlens mengandung komponen anti-infektan yang jika diaplikasikan langsung pada mata akan mengakibatkan iritasi.

Walau sudah dinetralisir, cairan HPB yang digunakan langsung pada mata tetap dapat menimbulkan beberapa efek samping, di antaranya adalah kemerahan dan rasa perih seperti terbakar. Bahkan pada beberapa kasus, paparan HPB juga dapat melukai kornea mata.

Selain itu, kandungan bifosfonat dan selulosa juga bisa berisiko terutama jika Anda memiliki mata yang sensitif. Kandungan ini memiliki efek samping berupa peradangan, penglihatan buram, sensitivitas mata yang meningkat, serta mata berair yang dapat berujung pada kelopak mata lengket.

Terakhir, lebih baik tidak menggunakan softlens melebihi lama waktu yang dianjurkan pada kemasannya. Cuci tempat softlens Anda secara berkala untuk memastikan bahwa lensa mata tidak menimbulkan infeksi. Jika terjadi masalah pada mata yang tidak hilang dalam beberapa hari, segera hubungi dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui 12/03/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x