Laringoskopi Direk

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu laringoskopi direk?

Laringoskopi adalah pemeriksaan di mana dokter melihat bagian belakang tenggorokan, kotak suara (laring), dan pita suara Anda dengan laringoskop. Ada dua macam laringoskopi, dan masing-masing menggunakan peralatan yang berbeda.

Dalam laringoskopi direk, dokter bisa melihat tenggorokan Anda lebih dalam. Ini bisa dilakukan dengan dua cara.

  • Laringoskopi fleksibel, menggunakan pipa tipis, fleksibel, dan fiber optik dengan lampu dan lensa kamera pada ujung yang disebut laringoskop. Dokter bedah memasukkan laringoskop melalui hidung menuju bagian belakang mulut. Ini digunakan untuk pemeriksaan dan membuat diagnosis.
  • Laringoskopi kaku, menggunakan pipa yang didesain khusus yang dimasukkan melalui mulut. Alat kemudian dapat masuk melalui tabung untuk memindahkan hambatan dalam tenggorokan, atau mungkin digunakan untuk mengambil sampel jaringan (biopsi), membuang polip (pertumbuhan) dari pita suara atau melakukan perawatan laser.

Baik prosedur laringoskopi fleksibel maupun kaku biasanya dilakukan oleh dokter bedah telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Kapan saya perlu menjalani laringoskopi direk?

Penyedia layanan kesehatan mungkin menyarankan tes ini jika Anda mengalami:

  • bau napas yang tidak kunjung hilang
  • masalah pernapasan, termasuk pernapasan bersuara (stridor)
  • batuk kronis
  • batuk darah
  • kesulitan menelan
  • sakit telinga yang tidak kunjung hilang
  • merasa ada sesuatu yang tersangkut dalam tenggorokan
  • masalah pernapasan atas dalam jangka panjang pada perokok
  • tumor di dalam kepala atau area leher dengan tanda kanker
  • sakit tenggorokan yang tidak kunjung hilang
  • masalah suara yang berlangsung lebih dari 3 minggu, termasuk suara serak, lemah, atau tidak bersuara sama sekali

Laringoskopi direk mungkin juga berguna untuk:

  • mengambil sampel jaringan dalam tenggorokan untuk pemeriksaan lebih dekat di bawah mikroskop (biopsi)
  • mengambil benda yang menghambat saluran udara (contohnya kelereng atau koin yang tertelan)

Laringoskopi direk kaku umumnya disarankan bagi:

  • anak-anak
  • orang yang mudah tersedak karena kelainan struktur tenggorokan
  • orang yang mungkin memiliki gejala penyakit laringeal atau faringeal
  • orang yang belum merespon pengobatan gejala laringeal

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani laringoskopi direk?

Skop fleksibel akan membuat tenggorokan Anda membaik dan prosesnya lebih nyaman bagi Anda. Skop kaku sering digunakan dalam operasi.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani laringoskopi direk?

Bicarakan dengan dokter tentang rencana menjalankan prosedur, dan apa yang Anda perlukan sebagai persiapan. Dokter akan menyuruh Anda tidak makan dan minum selama 8 jam sebelum pemeriksaan, jika Anda mendapatkan jenis anestesi tertentu. Jika Anda mendapatkan anestesi ringan (yang biasanya Anda dapatkan bila pemeriksaan di kantor dokter), Anda tidak perlu berpuasa. Pastikan memberi tahu dokter tentang obat apapun yang Anda minum. Anda mungkin disuruh berhenti minum beberapa obat, termasuk aspirin dan obat pengencer darah tertentu macam Plavix, sampai seminggu sebelum prosedur.

Bagaimana proses laringoskopi direk?

Dokter akan menggunakan skop tipis dan fleksibel untuk melihat tenggorokan. Anda mungkin mendapatkan obat untuk mengeringkan sekresi dalam hidung dan tenggorokan. Ini membiarkan dokter melihat lebih jelas. Anestesi topikal mungkin disemprot di tenggorokan untuk membuat mati rasa. Skop ditaruh di dalam hidung dan kemudian dengan lembut dipindahkan ke dalam tenggorokan. Setelah skop masuk ke dalam tenggorokan, dokter mungkin menyemprotkan lebih banyak obat untuk menjaga tenggorokan tetap mati rasa selama pemeriksaan. Dokter mungkin juga menyeka atau menyemprotkan obat ke dalam hidung yang membuka jalur hidung untuk membuka saluran udara.

Laringoskopi direk kaku

Sebelum Anda menjalani laringoskopi kaku, lepaskan semua perhiasan, gigi palsu, dan kacamata. Anda harus buang air kecil sebelum pemeriksaan. Anda akan diberikan pakaian atau gaun kertas untuk dikenakan. Laringoskopi direk kaku dilakukan di ruang operasi. Anda akan tidur (anestesi umum) dan tidak merasakan skop di dalam tenggorokan.

Anda akan berbaring tengkurap selama prosedur ini. Setelah tertidur, laringoskopi kaku ditaruh di dalam mulut dan tenggorokan. Dokter akan dapat melihat kotak suara (laring) dan pita suara. Laringoskopi kaku mungkin juga berguna untuk membuang benda asing dalam tenggorokan, mengumpulkan sampel jaringan (biopsi), membuang polip dari pita suara, dan melakukan perawatan laser. Pemeriksaan membutuhkan waktu 15-30 menit. Anda mungkin mendapatkan kantong es untuk digunakan pada tenggorokan untuk mencegah pembengkakan.

Apa yang harus saya lakukan setelah laringoskopi direk?

Setelah prosedur, Anda akan diawasi oleh perawat selama beberapa jam sampai Anda benar-benar terbangun dan bisa menelan. Jangan makan atau minum apapun selama sekitar 2 jam setelah laringoskopi atau sampai Anda bisa menelan tanpa tersedak. Anda lalu dapat mulai dengan beberapa teguk air. Jika sudah siap, Anda bisa makan dengan normal. Jangan membersihkan tenggorokan atau batuk keras selama beberapa jam setelah laringoskopi. Jika pita suara terpengaruh selama laringoskopi, istirahatkan suara secara total selama 3 hari. Jika Anda berbicara, lakukan dengan nada suara yang normal dan jangan terlalu lama berbicara. Berbisik atau berteriak dapat melukai pita suara selama masa penyembuhan. Anda mungkin bersuara serak selama sekitar 3 minggu setelah laringoskopi jika jaringan diambil. Jika nodule atau luka dibuang dari pita suara, Anda mungkin harus mengistirahatkan suara secara total (tanpa berbicara, berbisik, atau membuat suara lainnya) sampai 2 minggu.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Setelah prosedur, dokter akan mendiskusikan hasil dan pilihan pengobatan atau menyuruh Anda ke dokter lainnya. Jika Anda menjalani biopsi, ini akan membutuhkan waktu 3-5 hari untuk menemukan hasilnya.

Normal

Tenggorokan (laring) tidak membengkak, terluka, menyempit, maupun memiliki benda asing. Pita suara tidak memiliki jaringan parut, pertumbuhan (tumor), atau tanda tidak bergerak dengan benar (paralisis).

Abnormal

Laring membengkak, terluka, menyempit, memiliki tumor, atau benda asing. Pita suara memiliki jaringan parut atau tanda paralysis.

Hasil abnormal mungkin karena:

  • refluks asam (GERD), yang dapat membuat pita suara memerah dan membengkak
  • kanker tenggorokan atau kotak suara
  • nodule pada pita suara
  • polip (tumor jinak) pada kotak suara
  • tenggorokan bengkak
  • penipisan otot dan jaringan kotak suara (presbylaryngis)

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber