Atasi Makanan yang Nyangkut di Tenggorokan dengan 5 Cara Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Pada saat menelan makanan, lebih dari 50 jaringan otot bekerja agar makanan tersebut tidak nyangkut di tenggorokan. Akan tetapi, tidak jarang hal yang tidak diinginkan justru terjadi. 

Makanan yang nyangkut di tenggorokan tentu akan terasa sangat mengganggu, bahkan dapat membuat Anda sulit bernapas. Supaya kondisi ini tidak semakin parah, berikut ini beberapa cara mengatasi makanan yang terasa nyangkut di tenggorokan. 

Mengatasi makanan yang terasa nyangkut di tenggorokan

Umumnya, makanan yang nyangkut di tenggorokan disebabkan karena Anda tidak mengunyah makanan dengan baik.

Akibatnya, makanan yang cukup besar tertinggal di tenggorokan. Selain itu, kesulitan menelan juga dapat menjadi pertanda terdapat masalah pada esofagus atau tenggorokan Anda.

Jika tak bisa ditangani sendiri, biasanya kondisi ini akan berakhir di ruangan unit gawat darurat dan Anda harus mengandalkan bantuan medis.

Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa Anda atau orang terdekat coba untuk mengatasi makanan yang terasa nyangkut di tenggorokan. 

1. Minum minuman bersoda

minum soda setelah olahraga

Tahukah Anda bahwa minuman bersoda atau berkarbonasi dapat membantu melancarkan makanan yang tertinggal di tenggorokan Anda?

Seperti yang dilansir dari wawancara Dr. Troy Madsen pada University of Utah, minuman berkarbonasi ternyata dapat memecah makanan yang nyangkut di tenggorokan.

Walaupun belum ada penelitian yang membuktikan alasannya, karbondioksida pada minuman tersebut diduga dapat membantu menghancurkan partikel makanan menjadi lebih kecil. 

Selain itu, hal ini juga mungkin terjadi karena soda akan melepaskan gas ketika masuk ke perut Anda. Tekanan gas tersebut pada akhirnya dapat melepaskan makanan yang tersangkut di tenggorokan. 

2. Simethicone

obat antasida

Penggunaan obat simethicone ternyata cukup efektif sebagai pelancar makanan ketika tersangkut di tenggorokan.

Simethicone adalah jenis obat yang dapat memudahkan aliran gas di dalam perut. Obat ini biasa digunakan untuk mengatasi perut kembung. 

Sebelum meminum obat ini, bacalah dulu aturan pakai dan dosis anjurannya agar tidak berlebihan mengonsumsinya.

Bila Anda ragu, silakan tanyakan kepada dokter untuk memastikan dosis yang aman untuk tubuh Anda. 

3. Minum air

kebutuhan minum air putih untuk perokok

Cara lain mengatasi makanan yang tersangkut di tenggorokan adalah minum air. Biasanya, air liur bertugas sebagai pelumas makanan untuk memperlancar makanan lewat menuju ke kerongkongan.

Akan tetapi, ketika Anda mengunyah makanan dengan tidak sempurna, makanan menjadi lebih kering karena kekurangan air liur.

Oleh karena itu, minum air bisa membuat makanan yang tersangkut menjadi lebih lembap sehingga dapat lebih mudah melewati tenggorokan.

4.  Menelan makanan lain

susah menelan disfagia

Walaupun cara ini sebenarnya tidak membuat Anda terlalu nyaman, menelan makanan lain ternyata dapat mendorong makanan yang tersangkut di tenggorokan. 

Usahakan untuk menelan makanan yang lembut, seperti roti yang sudah dicelup susu, kue sponge yang lembut, atau pisang. 

5. Menunggu

sakit menelan

Bila Anda merasa sulit untuk menjangkau berbagai alternatif yang sudah ditawarkan, menunggu makanan yang nyangkut di tenggorokan berlalu dengan sendirinya juga dapat dilakukan. 

Akan tetapi, jika sudah menunggu beberapa menit dan masih terasa ada makanan yang nyangkut di tenggorokan Anda, pergilah ke unit gawat darurat untuk mendapatkan pertolongan pertama. 

Makanan yang nyangkut di tenggorokan terjadi karena salah satunya mengunyah terburu-buru. Itu sebabnya, kunyahlah makanan Anda dengan lebih tenang dan tidak terburu-buru untuk menghindari risiko makanan tersangkut di tenggorokan. 

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca