Definisi

Apa itu mastopexy?

Mastopexy (breast uplfit) merupakan bedah kosmetik yang berfungsi membuang lapisan kulit pada payudara Anda untuk memperbaiki bentuk payudara.

Apa manfaat mastopexy?

Payudara Anda akan menjadi lebih kencang dan memiliki bentuk yang bagus.

Kapan saya perlu menjalani mastopexy?

Kehamilan, menyusui, gaya gravitasi, berat badan, penuaan normal, dan keturunan  dapat mengubah bentuk payudara Anda menjadi kendur. Jika menurut dokter bedah Anda tidak bisa menggunakan implan payudara untuk mencapai kontur/bentuk  yang Anda inginkan, Anda harus mengikuti sarannya. Selain itu, jika jaringan seputar puting atau areola memanjang, Anda mungkin bisa mempertimbangkan mastopexy.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum melakukan mastopexy?

Mastopexy tidak akan secara signifikan mengubah ukuran payudara Anda atau memperbaiki bagian atas payudara Anda. Jika Anda ingin payudara Anda terlihat lebih besar atau lebih kecil, Anda harus berkonsultasi dengan dokter bedah untuk melakukan cara alternatif atau kombinasi dengan bedah lain.

Apakah ada alternatif untuk mastopexy?

Menggunakan push up bra dapat membuat bentuk payudara Anda indah. Jika mungkin ahli bedah melihat bahwa ukuran payudara Anda kecil, ahli bedah akan menyarankan untuk melakukan operasi pembesaran payudara. Jika ukuran payudara Anda besar, maka  ahli bedah akan menyarankan untuk melakukan operasi reduksi payudara atau pengecilan payudara.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum mastopexy?

Operasi ini dilakukan di bawah anestesi umum alias bius total. Ini berarti Anda akan tertidur selama operasi. Anda akan diminta untuk berpuasa. Artinya Anda tidak boleh makan atau minum selama sekitar enam jam sebelum operasi. Namun, penting untuk mengikuti saran dokter anestesi Anda. Di rumah sakit, perawat akan memeriksa denyut jantung, tekanan darah, dan urin Anda. Dokter bedah Anda akan menjelaskan persiapan untuk operasi Anda. Anda mungkin perlu melakukan mammogram (rontgen payudara) sebelum operasi.

Bagaimana proses mastopexy?

Operasi biasanya berlangsung sekitar 90 menit. Dokter bedah Anda akan membedah garis areola (daerah gelap di sekitar puting) dan membedah secara vertikal di bawah areola Anda. Kemudian kelebihan kulit dibuang dan jaringan payudara Anda dibentuk. Dokter bedah Anda akan mengangkat puting Anda sehingga berada dalam posisi yang lebih tinggi.

Apa yang harus saya lakukan setelah mastopexy?

Akan terjadi perubahan warna pada payudara dan Anda akan merasa adanya pembengkakan. Anda boleh pulang di hari yang sama setelah operasi. Anda akan dapat kembali bekerja setelah seminggu, tergantung pada jenis pekerjaan. Anda dapat melakukan beberapa aktivitas yang tidak terlalu berat, seperti menggendong anak, setelah sekitar dua minggu. Olahraga teratur akan membantu Anda untuk dapat melakukan aktivitas normal secepat mungkin. Sebelum Anda mulai berolahraga, mintalah saran tim kesehatan atau dokter.

Hasil mastopexy akan berubah bertahap dari waktu ke waktu. Payudara Anda akan menjadi lebih kenyal dan alami.

 

Komplikasi

Komplikasi apa yang dapat terjadi?

Komplikasi Umum

  • nyeri
  • perdarahan
  • kerutan/ luka di bagian perut
  • darah menggumpal
  • infeksi pada bagian yang dibedah (luka)

Komplikasi Khusus

  • muncul benjolan atau pembengkakan di dalam payudara
  • mati rasa atau nyeri pada bagian luar payudara Anda
  • hilangnya kulit, termasuk areola dan puting
  • bahu kaku
  • perubahan rangsangan payudara dan puting
  • kemampuan untuk menyusui berkurang
  • masalah pada penampilan payudara

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca