Yuk, Pelajari 6 Titik Akupresur Ini untuk Menginduksi Persalinan Secara Alami

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23/04/2018 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Stres saat hamil umum terjadi pada beberapa calon ibu, terlebih saat sudah waktunya tanggal persalinan tapi tak kunjung merasakan tanda-tanda akan melahirkan. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memicu kontraksi dan mempercepat persalinan, yaitu dengan induksi persalinan secara alami. Selain dengan makan nanas atau berhubungan seksual, teknik akupresur bisa Anda lakukan untuk merangsang kontraksi rahim. Bagaimana caranya? Baca terus ulasan berikut ini.

Mengenal akupresur dan manfaatnya untuk induksi persalinan

Akupresur mungkin memang tidak sepopuler akupuntur. Padahal prinsip akupresur sebenarnya tidak jauh berbeda dengan akupuntur, sama-sama memberikan tekanan pada bagian tubuh tertentu untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit. Hanya saja akupresur menggunakan tekanan jari, bukan dengan jarum layaknya pada akupuntur.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa akupresur dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan pada wanita saat menghadapi persalinan.

Pasalnya, akupresur dapat meningkatkan aliran darah dan membantu merangsang kontraksi rahim. Ini sebabnya, akupresur dapat digunakan sebagai induksi persalinan secara alami.

Menurut Midwifery Today, dilansir dari Livestrong, wanita hamil yang melakukan akupresur untuk induksi persalinan mengalami lebih sedikit rasa sakit maupun kecemasan. Tidak hanya itu, akupresur juga dapat meningkatkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan sehingga wanita hamil cenderung lebih tenang saat melahirkan.

Walau begitu, induksi persalinan dengan teknik akupresur tidak boleh dilakukan sebelum usia kehamilan 37 minggu agar tidak mengganggu perkembangan bayi.

Anda pun wajib berkonsultasi dan mendapatkan persetujuan dari dokter terlebih dahulu sebelum melakukan pijat akupresur untuk memastikan kondisi kandungan baik atau tidak. Selanjutnya, barulah Anda boleh hubungi terapis atau doula berlisensi untuk melakukan teknik akupresur dengan benar dan aman.

Titik-titik akupresur untuk induksi persalinan alami

1. Titik limpa 6 (spleen 6 point / SP6)

Sumber: www.healthline.com

Titik limpa 6 (SP6) umum digunakan sebagai titik akupresur di segala kondisi, termasuk untuk induksi persalinan. Menurut Debra Betss dalam bukunya The Essential Guide to Acupuncture in Childbirth and Pregnancy, akupresur pada titik SP6 berguna untuk merangsang kontraksi rahim dan mengurangi rasa sakit selama kontraksi berlangsung.

Titik yang juga dikenal sebagai Sanyinjiao atau persimpangan tiga yin ini terletak di atas pergelangan kaki bagian dalam, tepatnya di belakang tulang kering (betis bawah). Para terapis atau doula lebih sering fokus pada titik ini dan melakukan teknik pemijatan selama 60 sampai 90 menit untuk merangsang kontraksi.

Cara melakukan: Letakkan empat jari Anda di atas tulang pergelangan kaki bagian dalam untuk menemukan letak SP6. Kemudian berikan pijatan pada titik ini menggunakan jari telunjuk selama satu menit. Berikan jeda satu menit, kemudian ulangi dengan cara yang sama.

2. Titik kandung kemih 60 (bladder 60 point / BL60)

Sumber: www.healthline.com

Titik BL60 terletak di antara pergelangan kaki dan tendon Achilles. Tendon Achilles adalah jaringan ikat yang menghubungkan otot betis di belakang kaki bawah ke tulang tumit Anda. Titik yang disebut dengan Kunlun ini bermanfaat untuk meringankan nyeri persalinan dan mengurangi penyumbatan atau hambatan saat persalinan.

Cara melakukan: Pijat lembut titik BL60 dengan menggunakan jempol selama beberapa menit, lakukan gerakan melingkar hingga kontraksi mulai terasa.

3. Titik perikardium 8 (pericardium 8 point)

Sumber: www.healthline.com

Titik perikardium (PC8), dikenal sebagai Laogong, terletak di pusat telapak tangan dan sangat berguna untuk menginduksi persalinan. Untuk menemukannya, coba kepalkan tangan Anda dan perhatikan dimana letak ujung jari tengah Anda menyentuh telapak tangan. Nah, di situlah letak PC8.

Cara melakukan: Setelah menemukan titik PC8, gunakan jempol tangan Anda yang lainnya untuk memberikan pijatan lembut pada titik pC8. Lakukan pemijatan selama beberapa detik dan rasakan manfaatnya.

4. Titik kandung kemih 67 (bladder 67 point)

Sumber: www.healthline.com

Dikenal sebagai Zhiyin, titik kandung kemih 67 (BL67) dipercaya dapat mengubah posisi janin dan merangsang kontraksi rahim. Titik BL67 terletak di bagian kaki, tepatnya di luar ujung jari kelingking dan dekat dengan tepi kuku kaki.

Cara melakukan: Berikan tekanan yang kuat pada BL67 dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk seperti gerakan mencubit jari kaki Anda. Kemudian pijat titik BL67 hingga kontraksi muncul.

5. Titik usus besar 4 (large intestine 4 point)

Sumber: www.healthline.com

Titik usus besar 4 (LI4) paling banyak digunakan dalam terapi akupresur. Dikenal dengan nama Hoku, titik ini terletak pada sudut anyaman jempol dan jari telunjuk.

Sama seperti BL67, titik LI4 juga dapat menginduksi persalinan dan menyebabkan bayi masuk ke rongga panggul. Tidak hanya itu, titik LI4 juga dapat meringankan rasa sakit akibat kontraksi yang datang.

Cara melakukan: Berikan tekanan lembut pada anyaman jempol dan jari telunjuk Anda selama satu menit dengan gerakan melingkar. Ketika kontrasi mulai terasa, hentikan gerakan akupresur dan lanjutkan kembali saat kontraksi mereda. Berikan jeda satu menit untuk istirahat, kemudian ulangi dengan cara yang sama.

6. Titik kandung kemih 32 (bladder 32 point)

Sumber: www.healthline.com

Titik kandung kemih 32 (BL32) disebut juga dengan Ciliao, terletak di punggung bawah antara lesung bokong Anda. Pijatan di titik ini bermanfaat untuk memicu kontraksi dan membantu meringankan masalah sistem reproduksi wanita.

Cara melakukan: Berikan pijatan pada titik BL32 dengan arah ke bawah atau menuju bokong. Lakukan secara beberapa menit sampai Anda merasakan adanya kontraksi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab dan Cara Mengatasi ASI yang Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Banyak ibu yang khawatir karena setelah sang buah hati lahir ke dunia, ASI tidak kunjung keluar dari payudara. Sebenarnya, apa penyebab kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Menyusui 05/06/2020 . 10 menit baca

Melahirkan di Rumah Sakit Saat Pandemi COVID-19, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Saat pandemi COVID-19, ibu hamil perlu mengikuti prosedur tindakan pencegahan sampai proses melahirkan selesai. Apa saja yang perlu siapkan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 14/05/2020 . 5 menit baca

Masih Bisakah Menjalani Persalinan Normal Setelah Miomektomi?

Operasi pengangkatan fibroid rahim (miomektomi) memang tidak mengangkat rahim sepenuhnya. Akan tetapi, masih bisakah melahirkan normal setelah miomektomi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Melahirkan, Kehamilan 26/03/2020 . 4 menit baca

Ibu, Ketahui Penyebab Induksi Tidak Berhasil

Ada beberapa penyebab kenapa induksi persalinan gagal atau dibatalkan pada sebagian ibu. Berikut beberapa alasan di balik gagalnya induksi persalinan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Melahirkan, Kehamilan 25/03/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat terapi akupuntur

Manfaat Terapi Akupuntur untuk Gangguan Sistem Saraf Tepi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . 4 menit baca
mengantar istri melahirkan ke rumah sakit

Ayah, Ini Tips Mengantar Ibu Hamil ke Rumah Sakit untuk Kelahiran

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 27/06/2020 . 4 menit baca
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 menit baca
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . 5 menit baca