home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Yang Perlu Dilakukan untuk Menjadi Suami SIAGA Jelang Kelahiran

Yang Perlu Dilakukan untuk Menjadi Suami SIAGA Jelang Kelahiran

Menginjak trimester ketiga kehamilan, bukan hanya istri yang perlu mempersiapkan segala sesuatunya tapi juga sang suami. Tak jarang, para suami masih kebingungan apa yang perlu dilakukannya menjelang kelahiran. Padahal peran suami menjelang kelahiran sangat penting demi kelancaran persalinan kelak. Nah, di masa tersebut banyak yang wanita yang ingin suaminya menjadi suami siaga (siap antar jaga). Sebenarnya apa saja sih Lantas, apa saja hal yang perlu dilakukan untuk menjadi suami siaga?

Mau jadi suami siaga? Begini caranya

Menjadi suami siaga atau siap antar jaga, membuat Anda harus selalu mencurahkan perhatian dan mendampingi istri sebisa mungkin. Misalnya, mendampingi istri periksa kehamilan. Tak cuma itu, Anda juga perlu memantau dan menjaga kondisi kesehatan istri. Siap untuk jadi suami siaga? Ini yang harus dilakukan.

Memberikan dukungan dan perhatian pada istri secara penuh

Menghadapi istri yang sedang hamil membutuhkan kesiapan dan kesabaran tersendiri. Pasalnya kadar hormon yang naik-turun dalam tubuh akan membuat suasana hati wanita berbeda dari biasanya.

Di awal kehamilan, umumnya wanita hamil akan merasa lelah dan tidak enak badan. Lalu, indera penciuman dan perasanya biasanya akan menjadi lebih sensitif lebih dari biasanya yang membuatnya mudah merasa mual dan muntah.

Di minggu-minggu ini Anda perlu mendampinginya dan memberi perhatian lebih karena biasanya awal kehamilan merupakan masa-masa terberat jika wanita mengalami masa-masa seperti mual dan muntah atau morning sickness.

Seiring dengan pertambahan usia kehamilan, bayi akan semakin berat dan hal ini cukup membuat wanita mudah merasa lelah. Berikan pengertian padanya dengan mulai membantu pekerjaan rumah yang biasa dilakukan. Tunjukkan pada pasangan bahwa ia tidak sendirian, ada Anda yang akan selalu membantu dan mendampinginya.

Berikan perhatian lebih dengan mengingatkan pasangan untuk makan-makanan bergizi dan memijatnya saat mengalami kesulitan tidur. Selain itu, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk menemaninya berkonsultasi ke dokter secara rutin agar Anda juga tahu perkembangan si kecil di dalam kandungan.

Anda juga bisa memberikan dampingan dengan mengikuti kelas kehamilan dan kelahiran secara bersama-sama.

kehamilan 5 minggu

Mengetahui apa yang perlu disiapkan menjelang kelahiran

Beberapa hal yang perlu suami siapkan menjelang kelahiran di minggu-minggu terakhir kehamilan, yaitu:

  • Pastikan handphone Anda selalu aktif dan bisa dihubungi, terutama jika Anda sedang berada di luar rumah.
  • Diskusikan bersama istri tercinta rumah bersalin mana yang akan Anda datangi. Usahakan untuk memilih lebih dari satu rumah bersalin.
  • Jangan lupa untuk mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan dan pastikan berada dalam kondisi baik dan bensin terisi penuh.
  • Jangan lupa untuk mengepak barang yang akan Anda bawa kerumah sakit seperti baju ganti istri, baju untuk si kecil, kartu identitas, uang tunai atau kartu debit, kamera, sandal, bantal tambahan, dan makanan kecil.

Jangan lupa juga untuk bantu istri dalam mempersiapkan hal-hal yang diperlukan menjelang kelahiran. Biasanya, ketika memasuki detik-detik waktu persalinan, wanita akan fokus pada kondisi dan rasa sakit yang ia rasakan, ketimbang mempersiapkan hal yang dibutuhkan.

Sarah Kilpatrick, M.D., Ph.D., seorang profesor kebidanan dan ginekologi di University of Illinois, di Chicago mengatakan proses kelahiran dari mulai kontraksi hingga persalinan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sebagai suami siaga Anda bisa menyiapkan beberapa hal untuk membuatnya tetap merasa senang dan sedikit teralihkan dari rasa sakit yang dirasakan. Misalnya saja daftar musik kesukaan atau permainan ringan yang biasa Anda mainkan bersama pasangan.

Di waktu-waktu ini, Anda juga bisa memanjakan pasangan dengan menghabiskan malam berkualitas berdua sebelum anggota di keluarga Anda bertambah.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Metode kalkulasi

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Childbirth: What to Pack for the Hospital or Birth Center

https://www.babycenter.com/packing-for-the-hospital-or-birth-center accessed on March 6th 2018

Pregnancy, Birth, and Beyond for Dads and Partners

https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/dad-to-be-pregnant-partner/ accessed on March 6th 2018

A Dad’s Guide to Pregnancy: 9 Month

https://www.whattoexpect.com/pregnancy/dads-guide/month-9/coachin

g.aspx accessed on March 6th 2018

Foto Penulis
Ditulis oleh Widya Citra Andini pada 20/03/2018
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
x