backup og meta
Kategori

1

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

Tips Melahirkan Normal agar Lancar, Cepat, dan Nyaman

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 20/12/2023

Tips Melahirkan Normal agar Lancar, Cepat, dan Nyaman

Proses pemulihan yang lebih cepat membuat beberapa ibu hamil menginginkan persalinan normal. Untuk mewujudkan keinginan melahirkan normal, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Tips melahirkan normal dengan lancar dan cepat

Pada persalinan normal, atau disebut juga persalinan pervaginam, Anda akan mengeluarkan janin melalui vagina. Dalam prosesnya, Anda akan didampingi oleh dokter atau bidan.

Supaya Anda bisa melahirkan normal dengan cepat dan lancar, ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Rutin ke dokter kandungan

perbedaan bidan dan dokter kandungan

Dengan melakukan kontrol rutin, dokter bisa memastikan apakah aman bagi Anda untuk melahirkan secara pervaginam.

Jika dari awal Anda sudah bertekad untuk melahirkan secara normal, sampaikan keinginan tersebut kepada dokter agar dokter bisa memberikan pemeriksaan atau perawatan yang diperlukan.

Ibu hamil perlu memeriksakan kandungan pertama kali selambat-lambatnya saat janin berusia 8–12 minggu. Pastikan Anda tidak melewatkan pemeriksaan penting ini.

2. Olahraga teratur

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh berolahraga? Justru salah satu tips untuk Anda yang ingin melahirkan secara normal adalah berolahraga secara rutin.

Yoga biasanya menjadi olahraga yang disarankan karena aman bagi ibu hamil. Yoga bisa membantu memanjangkan otot panggul sehingga mengurangi rasa sakit ketika melahirkan.

Beberapa gerakan yoga juga akan membantu Anda mengatur pernapasan sehingga Anda bisa mengejan dengan lebih lancar.

3. Ikuti kelas prenatal

Kelas prenatal akan membekali Anda dengan berbagai informasi seputar kehamilan dan persalinan sehingga keduanya bisa berjalan lebih baik.

Beberapa kelas prenatal juga memberikan informasi mengenai perawatan bayi baru lahir dan seputar air susu ibu (ASI). 

Dengan mengikuti kelas prenatal, Anda juga bisa berbagi tips melahirkan normal yang lancar dengan sesama ibu dan saling menguatkan.

4. Pilih rumah sakit terbaik

Beberapa ibu hamil sering kali berganti dokter dan rumah sakit pada awal masa kehamilan. Hal ini wajar dilakukan untuk mendapatkan yang terbaik.

Bukan hanya soal kelengkapan perawatan, faktor-faktor lain seperti cara melayani, lokasi, dan biaya sering kali juga menjadi pertimbangan.

Dengan menemukan fasilitas kesehatan yang sesuai, Anda pasti merasa nyaman dan tenang selama proses pemeriksaan kehamilan hingga persalinan.

5. Pelajari teknik pernapasan

posisi tidur yang baik untuk pernapasan

Selain mengontrol kekuatan saat mengejan, latihan pernapasan juga bisa membuat Anda lebih rileks dan bahkan mengurangi rasa sakit ketika melahirkan.

Salah satu teknik pernapasan untuk melancarkan persalinan yang bisa Anda pelajari adalah Lamaze.

Metode ini sebenarnya tidak memiliki aturan khusus, tetapi ibu hamil disarankan untuk menarik dan mengembuskan napas secara teratur.

Dengan begitu, Anda akan mendapat oksigen dan energi yang mencukupi untuk mengejan.

6. Jaga berat badan dalam rentang yang sehat

Laman The American College of Obstetricians and Gynecologists menyebutkan bahwa ibu hamil yang obesitas membutuhkan waktu persalinan lebih lama.

Hai ini bisa menyebabkan janin kekurangan oksigen. Oleh karena itu, ibu hamil dengan obesitas kerap dianjurkan untuk operasi caesar dibandingkan melahirkan secara normal.

Selain sebagai upaya melahirkan normal, menjaga berat badan selama kehamilan juga bisa memperkecil berbagai komplikasi, salah satunya preeklamsia.

Awas, jangan termakan mitos!

Anda mungkin pernah mendengar bahwa ibu hamil perlu makan untuk dua orang. Anggapan tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya salah, tetapi bukan berarti ibu hamil bisa makan sebanyak-banyaknya. Selama kehamilan, Anda hanya perlu menambahkan 200–400 kalori setiap harinya.

7. Cari dukungan dari orang-orang terdekat Anda

Selain meyakinkan diri sendiri bahwa Anda bisa melahirkan secara normal, dukungan dari orang di sekitar Anda juga sama pentingnya.

Keberadaan pasangan, keluarga, atau teman bisa menguatkan Anda ketika lelah saat mempersiapkan persalinan atau hal lain selama kehamilan.

Bila perlu, Anda juga bisa menggunakan jasa doula atau pendamping persalinan untuk membantu melancarkan proses persalinan kelak.

8. Jaga asupan makanan

Asupan makanan berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu dan janin. Maka, wajar jika Anda harus lebih berhati-hati saat memilih makanan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

UNICEF menyebutkan bahwa selain makanan utama tiga kali sehari, penting juga bagi ibu hamil untuk mendapatkan camilan.

Akan tetapi, pastikan untuk memilih camilan sehat yang mengandung buah-buahan, sayuran, atau kacang-kacangan.

9. Tidur yang cukup

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Nursing Practice menunjukkan bahwa 23 dari 200 ibu hamil yang menjalani operasi caesar darurat tidak memiliki kualitas tidur yang bagus. 

Ketika kurang tidur, sistem imun dan stamina tubuh akan menurun. Dalam kondisi ini, Anda akan merasa cepat lelah saat harus melakukan persalinan normal.

Tubuh yang lelah karena kurang tidur juga bisa mengganggu proses kontraksi. Inilah salah satu alasan tidur cukup juga termasuk dalam tips melahirkan normal yang lancar.

10. Minum air yang cukup

Dehidrasi bisa meningkatkan berbagai risiko komplikasi persalinan, mulai dari kelahiran prematur, gangguan sistem saraf, bahkan kematian karena syok hipovolemik.

Maka dari itu, Anda harus minum air yang cukup selama hamil. Cara paling mudah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah dengan minum 2 liter air (8–12 gelas) per hari.

Selain air putih, Anda bisa mendapatkan asupan cairan dari makanan berkuah atau buah-buahan yang kandungan airnya tinggi, seperti semangka dan stroberi.

11. Kelola stres dengan baik

Pikiran menjadi orang tua, kondisi janin, dan perubahan tubuh selama kehamilan sering kali menyebabkan stres saat hamil.

Jika tidak dikelola dengan baik, hormon stres bisa meningkatkan berbagai risiko komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia hingga bayi lahir prematur.

Maka dari itu, tips lain yang perlu Anda lakukan agar bisa melahirkan normal dengan cepat, lancar, dan nyaman adalah mengelola stres dengan sebaik mungkin.

12. Bekali diri dengan informasi seputar persalinan

Membekali diri dengan informasi seputar persalinan juga bisa membantu Anda melahirkan normal dengan cepat dan lancar.

Selain dengan membaca informasi dalam buku dan internet, jangan takut untuk mengajukan pertanyaan sebanyak mungkin ketika kontrol rutin.

Dengan pengetahuan yang tepat, Anda tentu bisa menjalani kehamilan dengan sehat dan tidak perlu pusing dengan mitos tentang kehamilan.

Nah, itulah berbagai tips yang dapat Anda coba dari sekarang agar bisa melahirkan normal dengan lancar, cepat, dan aman.

Namun, jika dokter tetap menyarankan operasi caesar, sebaiknya tetap ikuti saran dokter. Keselamatan ibu dan janin merupakan hal utama yang perlu diperhatikan saat menentukan metode persalinan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 20/12/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan