6 Ciri Anda Sedang Hamil Muda

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19/03/2020
Bagikan sekarang

Bagi sebagian wanita, ciri-ciri hamil muda kadang memang menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu, apalagi jika Anda dan pasangan memang sedang berusaha hamil. Berbeda wanita, berbeda pula ciri-ciri kehamilan yang dialami. Semua itu tergantung kondisi dan ketahanan tubuh para calon ibu. Lalu apa saja ciri hamil muda yang biasa muncul pada wanita? Simak 6 ciri hamil muda yang umum dan wajib diketahui tiap pasangan.

Beberapa ciri hamil muda yang umum dialami

1. Morning sickness

Ciri-ciri hamil morning sickness ini, merupakan gejala paling umum yang ada pada trimester pertama. Kondisi mual dan berakhir muntah wajar dirasakan dari 85 persen calon ibu di pagi hari (kadang bisa sehari terasa mual). Meskipun tidak jelas apa yang menyebabkan morning sickness, banyak yang yakin bahwa mual dan muntah disebabkan hormon kehamilan yang berubah, yaitu hormon HCG (human chorionic gonadotropin).

2. Ngidam tapi malas makan

Kadang seseorang yang sedang mengandung, akan merasakan ingin makan makanan tertentu dilain sisi juga akan merasakan malas makan. Hal tersebut biasanya sangat berkaitan dengan ciri hamil muda, morning sickness.

Ngidam pada ibu hamil lebih mungkin dikarenakan oleh perubahan hormon. Tingginya kadar hormon saat hamil dapat mengubah persepsi ibu hamil terhadap aroma dan rasa. Hal ini mengakibatkan ibu hamil menginginkan jenis makanan tertentu atau malah menghindari makanan tertentu. Fluktuasi hormon ini menyebabkan berlanjutnya beberapa fase selama kehamilan.

3. Peka terhadap segala bentuk bau

Semakin tingginya indra penciuman wanita, bisa jadi Anda mengalami ciri hamil muda.
Banyak wanita yang mengakui, ketika dinyatakan hamil, indera penciuman mereka akan meningkat. Hal ini berkaitan dengan fase awal, morning sickness. Semakin banyak calon ibu yang mencium berbagai aroma, semakin gencar kondisi tubuh yang akan menyebabkan mual dan muntah saat hamil. Fase ini biasanya akan berakhir setelah lewat trimester pertama kehamilan.

4. Sering buang air kecil

Mengapa hamil muda menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi sering? Begini, saat janin mulai berkembang dalam rahim, janin akan menempati sebagian besar area rahim dan menyebabkan tekanan pada kandung kemih. Posisi kandung kemih dan rahim nyatanya bersebelahan.

Selain itu pada masa kehamilan awal, ginjal Anda akan meningkatkan fungsi pembersihan racun-racun dalam tubuh untuk segera dikeluarkan. Hasilnya Anda akan sering buang air kecil. Disarankan untuk yang sedang hamil muda untuk tidak mengurangi asupan cairan tubuh saat hamil pada ciri-ciri kehamilan ini.

5. Payudara bengkak

Ciri hamil muda yang satu ini, akan menyebabkan payudara Anda membesar ditambah sensitif serta sakit ketika disentuh. Mengapa payudara jadi membesar dan sakit? Perubahan hormon memengaruhi segala kondisi tubuh ibu. Pada kasus payudara yang berubah, hormon tubuh akan memperluas saluran susu dan menghasilkan pertumbuhan kelenjar susu yang lebih cepat. Hal ini biasanya terjadi saat 2-6 minggu masa kehamilan awal.

6. Bercak darah atau flek mulai muncul

Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi padahal bercak darah ini merupakan ciri hamil muda yang jarang disadari wanita hamil

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Makanan Kaya Gizi yang Harus Ibu Hamil Penuhi Saat Sahur

Ibu hamil yang berpuasa tidak bisa makan sembarangan. Berikut beberapa contoh makanan sahur untuk ibu hamil yang bisa menjadi referensi Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hari Raya, Ramadan 13/05/2020

Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

Gangguan makan yang dialami oleh ibu hamil tentu akan memberikan dampak yang berbahaya bagi keselamatan dan perkembangan janin.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Kulit Wajah Terlihat Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Alih-alih mendapatkan pregnancy glow, sebagian orang malah merasa kulit wajah jadi lebih kusam saat hamil. Apa penyebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Kapan Waktu Terbaik untuk Kontrol Kandungan Selama Pandemi COVID-19?

Pemeriksaan kehamilan amatlah penting. Di sisi lain, pemeriksaan kehamilan selama pandemi COVID-19 membuat ibu rentan tertular. Apa yang harus ibu lakukan?

Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 29/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

diare tanda hamil muda

Diare Jadi Tanda Anda Sedang Hamil Muda, Benar atau Tidak?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 23/05/2020
hamil setelah keguguran

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020
menu puasa untuk ibu hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
puasa bagi ibu hamil

4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020