Apakah Wanita yang Sudah Menopause Masih Bisa Hamil?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 11/07/2018
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Setiap wanita pasti akan mengalami menopause begitu memasuki usia lanjut. Menopause menandai akhir dari usia reproduktif. Namun, Anda mungkin pernah membaca atau mendengar berita ada wanita lansia yang berhasil hamil meski sudah menopause. Memangnya, seberapa besar peluang wanita setelah menopause bisa hamil lagi?

Sudah menopause bisa hamil lagi, apakah mungkin?

Agar Anda bisa hamil, Anda perlu persediaan sel telur yang mencukupi. Tubuh wanita akan secara alami memproduksi sel telur yang sehat dan baru dengan bantuan berbagai hormon seperti estrogen, progesteron, luteinizing hormone (LH), dan follicle stimulating hormone (FSH). Proses ini terjadi setiap bulan, yang dinamakan dengan masa ovulasi. Ketika sel telur berhasil dibuahi oleh sperma laki-laki, maka terjadilah kehamilan. Jika tidak, Anda akan mengalami menstruasi.

Namun seiring dengan penuaan, persediaan sel telur wanita akan habis. Saat indung telur sudah tidak mampu lagi melepaskan sel telur setiap bulan, Anda tidak lagi bisa bermenstruasi. Inilah yang dikatakan sebagai menopause.

Kadar hormon estrogen dan progesteron akan mulai perlahan berkurang dalam 1-2 tahun sebelum Anda resmi menopause. Periode ini disebut sebagai perimenopause, yang membuat siklus menstruasi Anda jadi tidak beraturan dan semakin panjang. Anda juga akan mulai mengalami penurunan kesuburan karena ovulasi sulit terjadi kecuali kadar hormon Anda berada dalam kisaran optimal.

Kebanyakan wanita akan mengalami menopause di usia 50 tahun atau lebih. Di waktu ini, kadar LH dan FSH Anda tetap tinggi namun kadar estrogen dan progesteron Anda tetap rendah. Ketidakseimbangan hormon ini membuat ovarium sudah benar-benar tidak melepaskan sel telur. Akibatnya, menstruasi Anda akan berhenti total dan Anda tidak dapat hamil lagi.

Satu tahun setelah Anda menopause, kadar hormon Anda tidak akan pernah lagi berada dalam kisaran yang sesuai untuk memulai ovulasi dan kehamilan. Maka, Anda tidak lagi bisa hamil setelah menopause.

Kenapa ada saja wanita yang bisa hamil walau sudah menopause?

Beberapa wanita yang sudah menopause bisa hamil kemungkinan besar karena ia masih berada dalam tahap perimenopause.

Selama perimenopause, menstruasi Anda akan jadi tidak teratur. Bahkan bisa berhenti sama sekali dalam waktu lama tapi kemuduan muncul lagi hanya sebentar. Ini bisa terjadi berkali-kali, sehingga membuat Anda berpikir bahwa Anda telah mengalami menopause. Padahal, sih, belum.

Perimenopause terjadi 1-2 tahun sebelum menopause, ketika produksi hormon estrogen oleh indung telur sudah mulai berkurang. Karena produksi hormon estrogen wanita menurun, maka kesuburan Anda akan menurun dan kesempatan untuk hamil juga menurun. Namun, pada masa ini Anda masih mungkin untuk hamil.  Perimenopause dapat berlangsung selama beberapa tahun sampai tiba masa menopause.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Kulit Wajah Terlihat Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Alih-alih mendapatkan pregnancy glow, sebagian orang malah merasa kulit wajah jadi lebih kusam saat hamil. Apa penyebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Kapan Waktu Terbaik untuk Kontrol Kandungan Selama Pandemi COVID-19?

Pemeriksaan kehamilan amatlah penting. Di sisi lain, pemeriksaan kehamilan selama pandemi COVID-19 membuat ibu rentan tertular. Apa yang harus ibu lakukan?

Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 29/04/2020

6 Makanan Bergizi untuk Memperkuat Kandungan

Selain sehat untuk ibu, berbagai makanan ini juga dapat memperkuat janin dalam kandungan agar masa kehamilan tetap lancar.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Aturan Menjalankan Puasa yang Aman Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang sehat diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa, namun harus lebih diperhatikan nutrisinya. Bagaimana cara menjalankan puasa saat hamil?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 25/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

hamil setelah keguguran

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020
menu puasa untuk ibu hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
puasa bagi ibu hamil

4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
gangguan makan ibu hamil

Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020