Apakah Wanita yang Sudah Menopause Masih Bisa Hamil?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum.

Setiap wanita pasti akan mengalami menopause begitu memasuki usia lanjut. Menopause menandai akhir dari usia reproduktif. Namun, Anda mungkin pernah membaca atau mendengar berita ada wanita lansia yang berhasil hamil meski sudah menopause. Memangnya, seberapa besar peluang wanita setelah menopause bisa hamil lagi?

Sudah menopause bisa hamil lagi, apakah mungkin?

Agar Anda bisa hamil, Anda perlu persediaan sel telur yang mencukupi. Tubuh wanita akan secara alami memproduksi sel telur yang sehat dan baru dengan bantuan berbagai hormon seperti estrogen, progesteron, luteinizing hormone (LH), dan follicle stimulating hormone (FSH). Proses ini terjadi setiap bulan, yang dinamakan dengan masa ovulasi. Ketika sel telur berhasil dibuahi oleh sperma laki-laki, maka terjadilah kehamilan. Jika tidak, Anda akan mengalami menstruasi.

Namun seiring dengan penuaan, persediaan sel telur wanita akan habis. Saat indung telur sudah tidak mampu lagi melepaskan sel telur setiap bulan, Anda tidak lagi bisa bermenstruasi. Inilah yang dikatakan sebagai menopause.

Kadar hormon estrogen dan progesteron akan mulai perlahan berkurang dalam 1-2 tahun sebelum Anda resmi menopause. Periode ini disebut sebagai perimenopause, yang membuat siklus menstruasi Anda jadi tidak beraturan dan semakin panjang. Anda juga akan mulai mengalami penurunan kesuburan karena ovulasi sulit terjadi kecuali kadar hormon Anda berada dalam kisaran optimal.

Kebanyakan wanita akan mengalami menopause di usia 50 tahun atau lebih. Di waktu ini, kadar LH dan FSH Anda tetap tinggi namun kadar estrogen dan progesteron Anda tetap rendah. Ketidakseimbangan hormon ini membuat ovarium sudah benar-benar tidak melepaskan sel telur. Akibatnya, menstruasi Anda akan berhenti total dan Anda tidak dapat hamil lagi.

Satu tahun setelah Anda menopause, kadar hormon Anda tidak akan pernah lagi berada dalam kisaran yang sesuai untuk memulai ovulasi dan kehamilan. Maka, Anda tidak lagi bisa hamil setelah menopause.

Kenapa ada saja wanita yang bisa hamil walau sudah menopause?

Beberapa wanita yang sudah menopause bisa hamil kemungkinan besar karena ia masih berada dalam tahap perimenopause.

Selama perimenopause, menstruasi Anda akan jadi tidak teratur. Bahkan bisa berhenti sama sekali dalam waktu lama tapi kemuduan muncul lagi hanya sebentar. Ini bisa terjadi berkali-kali, sehingga membuat Anda berpikir bahwa Anda telah mengalami menopause. Padahal, sih, belum.

Perimenopause terjadi 1-2 tahun sebelum menopause, ketika produksi hormon estrogen oleh indung telur sudah mulai berkurang. Karena produksi hormon estrogen wanita menurun, maka kesuburan Anda akan menurun dan kesempatan untuk hamil juga menurun. Namun, pada masa ini Anda masih mungkin untuk hamil.  Perimenopause dapat berlangsung selama beberapa tahun sampai tiba masa menopause.

Baca Juga:

Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca