home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Fakta Penting Tentang Sel Telur Wanita yang Perlu Anda Tahu

6 Fakta Penting Tentang Sel Telur Wanita yang Perlu Anda Tahu

Anda pasti sudah sering mendengar tentang bagaimana menariknya sperma pria untuk dibahas. Namun, berapa banyak yang Anda ketahui tentang sel telur? Anda pasti hanya tahu bahwa sel telur wanita sangat diperlukan dalam proses pembuahan. Apakah Anda tahu bahwa sel telur wanita sudah diproduksi sejak dalam kandungan? Berikut fakta mengenai sel telur yang menarik untuk Anda.

Apa saja fakta mengenai sel telur yang perlu Anda tahu?

1. Sel telur sudah diproduksi sejak janin

Sembilan minggu setelah proses pembuahan terjadi, ternyata janin sudah mulai memproduksi sel telur. Pada saat usia kehamilan enam bulan, janin perempuan telah membuat lebih dari tujuh oosit atau sel telur. Pada saat dilahirkan, sebagian besar sel telur yang belum matang tersebut sudah mati, dan hal ini merupakan hal yang normal terjadi.

2. Sel telur sangat besar

Apakah Anda tahu bahwa sel telur memiliki bentuk yang sangat besar? Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa sel telur adalah salah satu sel terbesar di dalam tubuh wanita. Sel telur memiliki diameter sekitar 100 mikron (sepersejuta meter), atau kira-kira setebal satu helai rambut dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Perbandingannya adalah sel telur empat kali lebih besar dari sel kulit, 26 kali lebih besar dari sel darah merah, dan 16 kali lebih besar dari sperma.

3. Jumlahnya terbatas

Fakta mengenai sel telur berikutnya adalah rata-rata wanita hanya berovulasi sebanyak 400 sampai 500 sel telur dalam hidupnya. Hal ini membuat sel telur jauh lebih jarang dibandingkan sperma. Jadi, mungkin hal ini yang menjadi salah satu alasan bahwa sel telur jauh lebih bernilai dibandingkan sperma. Pendonor sel telur biasanya akan mendapat imbalan yang jauh lebih besar dibandingkan donor sperma.

4. Sulit untuk mendonorkan sel telur

Ketika seorang pria mendonorkan spermanya, pria bisa melakukan proses ini hanya dengan masturbasi dan tidak lebih dari itu. Namun, untuk mendonorkan sel telur, wanita harus menjalani prosedur medis yang rumit.

Pertama, pendonor akan mendapat suntikan hormon yang akan ‘menghiperstimulasi’ indung telur, sehingga tubuhnya tidak hanya membuat satu sel telur, tapi puluhan. Ketika waktunya tepat, dokter akan memasukkan kateter ke dalam jalan lahir untuk menyedot cairan dari folikel, dan menangkap beberapa butir telur dalam tubuh wanita

5. Siklus hidupnya panjang

Tidak seperti sel-sel lain di dalam tubuh, sel telur butuh waktu bertahun-tahun untuk ‘tumbuh’. Artinya, sel telur banyak menghabiskan masa hidupnya dalam keadaan yang belum matang di dalam indung telur atau membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mencapai tahap kematangan. Begitu matang, salah satu dari mereka dilepaskan selama proses ovulasi. Setiap satu siklus produksi, hanya ada satu sel telur yang diepaskan, bergantian dari ovarium kiri dan kanan.

6. Sel telur akan memilih sperma mana yang boleh mencapainya

Pada proses pembuahan, sel telur sering digambarkan sebagai ‘pemain’ pasif yang hanya menunggu sperma pertama datang dan masuk ke dalamnya. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa sel telur memiliki peran yang jauh lebih besar dari perkiraan tersebut karena sel telur ternyata cukup pemilih.

Sel telur sebenarnya akan memilih sperma mana yang boleh memasukinya. Studi ini juga menunjukkan sel telur bahkan secara aktif akan menjerat sperma yang sudah dipilihnya di permukaan mereka, sehingga sperma tersebut tidak memiliki pilihan lain.

Saat sperma yang sudah terpilih masuk ke dalamnya, lapisan luar sel telur akan mengeras untuk mencegah sperma lain memasukinya.

Fakta mengenai sel telur terakhir yang perlu Anda tahu adalah kesehatan Anda secara keseluruhan sangat menentukan kualitas sel telur karena sel penting tersebut sebenarnya sudah ada di dalam tubuh, bukan baru dibuat setiap bulan pada masa subur.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

6 Surprising Facts About the Female Egg Everyone Should Know.

http://natural-fertility-info.com/facts-about-the-female-egg.html. Accessed 03/03/2017.

Egg Facts.

http://www.austinfertility.com/egg-facts/. Accessed 03/03/2017.

About Human Reproduction.

http://kidshealth.org/en/parents/female-reproductive-system.html. Accessed 03/03/2017.

Those Amazing Eggs and Embryos.

http://www.dallasfertility.com/egg-embryo-facts/. Accessed 03/03/2017.

11 Surprising Facts About the Reproductive System. http://www.livescience.com/44076-reproductive-system-surprising-facts.html. Accessed 03/03/2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari
Tanggal diperbarui 06/03/2017
x