home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Faktor Tak Terduga yang Bisa Bikin Anda Sulit Hamil

6 Faktor Tak Terduga yang Bisa Bikin Anda Sulit Hamil

Gaya hidup dan faktor lingkungan dapat memengaruhi peluang Anda untuk memiliki kehamilan dan bayi yang sehat. Jika Anda ingin meningkatkan kesempatan hamil, sering kali Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan atau diwaspadainya. Akibatnya, Anda pun jadi lebih sulit hamil. Untuk mempelajari apa saja penyebab sulit hamik, berikut adalah enam faktor penting yang menentukan kesuburan Anda.

Mengapa saya atau pasangan saya sulit hamil?

1. Usia

Kualitas dan jumlah sel telur wanita semakin menurun seiring bertambahnya usia. Dimulai pada usia 32, peluang wanita untuk hamil menurun secara bertahap. Pada usia 35, tingkat kesuburan semakin menurun dan kemungkinan hamil setiap bulannya sekitar 20 persen. Pada usia 40, kesuburan telah menurun setengahnya dan kemungkinan hamil setiap bulannya sekitar 5 persen.

2. Berat Badan

Berat badan dapat memengaruhi masa subur wanita. Berat badan ideal, diukur dengan indeks massa tubuh (BMI) yang normal dapat memperlancar ovulasi (pelepasan sel telur yang siap dibuahi) sehingga peluang hamil pun meningkat.

Nah, kelebihan berat badan bisa membuat kadar hormon tidak seimbang, sehingga Anda lebih sulit hamil. Sama seperti kelebihan berat badan, terlalu kurus juga dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Jika BMI Anda di bawah batas normal, Anda akan mengalami kekurangan hormon leptin, yang mengontrol rasa lapar dan perasaan kenyang. Kadar leptin yang rendah dapat mengganggu periode menstruasi.

3. Merokok

Merokok menyebabkan 13 persen kasus ketidaksuburan secara keseluruhan. Merokok membuat indung telur menua dan menghabiskan pasokan telur di tubuh wanita. Pada tubuh pria, merokok menurunkan jumlah sperma. Paparan asap rokok yang mengandung berbagai zat berbahaya juga dapat membuat Anda serta pasangan lebih sulit hamil.

4. Mengantongi ponsel

Paparan ponsel dapat mempengaruhi kualitas sperma menjadi lebih rendah. Hal ini mungkin terjadi karena radiasi elektromagnetik radio frekuensi yang merusak DNA sehingga merusak kemampuan sperma membuahi sel telur. Ponsel diduga meningkatkan suhu testis jadi lebih panas ketika disimpan di saku celana. Padahal, suhu yang terlalu panas tidak baik bagi kualitas dan jumlah sperma.

5. Berolahraga terlalu keras

Olahraga dapat membantu Anda tetap langsing, kuat, dan penuh energi. Namun, jika Anda melakukannya terlalu berlebihan, ini akan berdampak negatif pada kesuburan.

Sebuah penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan di Fertility and Sterility menemukan bahwa wanita dengan berat badan normal yang berolahraga keras, yaitu selama lebih dari lima jam dalam seminggu, jadi lebih sulit hamil. Tanda yang terlihat jelas adalah perubahan pada siklus menstruasi. Jika Anda mulai mengalami perubahan tersebut, sebaiknya kurangi durasi atau intensitas olahraga Anda, kemudian konsultasikan dengan dokter tentang kesehatan dan kesuburan Anda.

6. Terlalu stres

Banyak orang bilang wanita hamil perlu ketenangan, karena stres tak baik untuk bayi. Tetapi ternyata stres juga tak baik untuk Anda yang sedang berusaha untuk hamil. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Human Reproduction, wanita yang memiliki tingkat stres yang tinggi akan mengalami kesulitan untuk hamil.

Dalam penelitian ini, para ahli juga menganjurkan bagi pasangan yang sedang mencoba hamil untuk latihan yoga atau meditasi. Pasalnya, yoga dan meditasi bisa membantu menenangkan pikiran dan menghalau stres berlebih. Stres sebenarnya adalah hal yang wajar, tapi jika berlebihan dan Anda tidak bisa mengelolanya, kesuburan Anda juga akan ikut terganggu.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Female fertility: Why lifestyle choices count. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/female-infertility/symptoms-causes/dxc-20214762. Accessed 24 Agustus 2017.

15 Factors That Affect a Woman’s Fertility. [online] Available at: http://www.health.com/health/gallery/0,,20918587,00.html#obesity-1. Accessed 24 Agustus 2017.

A woman’s age affects her fertility. [online] Available at: https://yourfertility.org.au/for-women/age/. Accessed 24 Agustus 2017.

Cell Phone Use Linked to Male Infertility. [online] Available at:  http://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/news/20080919/cell-phone-use-linked-male-infertility. Accessed 25 Agustus 2017.

Being overweight affects your chances of conceiving and having a healthy baby. [online] Available at:https://yourfertility.org.au/for-women/weight-and-fertility/. Accessed 25 Agustus 2017.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x