6 Faktor Tak Terduga yang Bisa Bikin Anda Sulit Hamil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12/09/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Gaya hidup dan faktor lingkungan dapat memengaruhi peluang Anda untuk memiliki kehamilan dan bayi yang sehat. Jika Anda ingin meningkatkan kesempatan hamil, sering kali Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan atau diwaspadainya. Akibatnya, Anda pun jadi lebih sulit hamil. Untuk mempelajari apa saja penyebab sulit hamik, berikut adalah enam faktor penting yang menentukan kesuburan Anda.

Mengapa saya atau pasangan saya sulit hamil?

1. Usia

Kualitas dan jumlah sel telur wanita semakin menurun seiring bertambahnya usia. Dimulai pada usia 32, peluang wanita untuk hamil menurun secara bertahap. Pada usia 35, tingkat kesuburan semakin menurun dan kemungkinan hamil setiap bulannya sekitar 20 persen. Pada usia 40, kesuburan telah menurun setengahnya dan kemungkinan hamil setiap bulannya sekitar 5 persen.

2. Berat Badan

Berat badan dapat memengaruhi masa subur wanita. Berat badan ideal, diukur dengan indeks massa tubuh (BMI) yang normal dapat memperlancar ovulasi (pelepasan sel telur yang siap dibuahi) sehingga peluang hamil pun meningkat.

Nah, kelebihan berat badan bisa membuat kadar hormon tidak seimbang, sehingga Anda lebih sulit hamil. Sama seperti kelebihan berat badan, terlalu kurus juga dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Jika BMI Anda di bawah batas normal, Anda akan mengalami kekurangan hormon leptin, yang mengontrol rasa lapar dan perasaan kenyang. Kadar leptin yang rendah dapat mengganggu periode menstruasi.

3. Merokok

Merokok menyebabkan 13 persen kasus ketidaksuburan secara keseluruhan. Merokok membuat indung telur menua dan menghabiskan pasokan telur di tubuh wanita. Pada tubuh pria, merokok menurunkan jumlah sperma. Paparan asap rokok yang mengandung berbagai zat berbahaya juga dapat membuat Anda serta pasangan lebih sulit hamil. 

4. Mengantongi ponsel

Paparan ponsel dapat mempengaruhi kualitas sperma menjadi lebih rendah. Hal ini mungkin terjadi karena radiasi elektromagnetik radio frekuensi yang merusak DNA sehingga merusak kemampuan sperma membuahi sel telur. Ponsel diduga meningkatkan suhu testis jadi lebih panas ketika disimpan di saku celana. Padahal, suhu yang terlalu panas tidak baik bagi kualitas dan jumlah sperma.

5. Berolahraga terlalu keras

Olahraga dapat membantu Anda tetap langsing, kuat, dan penuh energi. Namun, jika Anda melakukannya terlalu berlebihan, ini akan berdampak negatif pada kesuburan.

Sebuah penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan di Fertility and Sterility menemukan bahwa wanita dengan berat badan normal yang berolahraga keras, yaitu selama lebih dari lima jam dalam seminggu, jadi lebih sulit hamil. Tanda yang terlihat jelas adalah perubahan pada siklus menstruasi. Jika Anda mulai mengalami perubahan tersebut, sebaiknya kurangi durasi atau intensitas olahraga Anda, kemudian konsultasikan dengan dokter tentang kesehatan dan kesuburan Anda.

6. Terlalu stres

Banyak orang bilang wanita hamil perlu ketenangan, karena stres tak baik untuk bayi. Tetapi ternyata stres juga tak baik untuk Anda yang sedang berusaha untuk hamil. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Human Reproduction, wanita yang memiliki tingkat stres yang tinggi akan mengalami kesulitan untuk hamil.

Dalam penelitian ini, para ahli juga menganjurkan bagi pasangan yang sedang mencoba hamil untuk latihan yoga atau meditasi. Pasalnya, yoga dan meditasi bisa membantu menenangkan pikiran dan menghalau stres berlebih. Stres sebenarnya adalah hal yang wajar, tapi jika berlebihan dan Anda tidak bisa mengelolanya, kesuburan Anda juga akan ikut terganggu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13/06/2020 . Waktu baca 6 menit

Mengenal Fungsi Gonadotropin-Releasing Hormone (GnRH) bagi Kesuburan

Ada banyak hormon yang berperan penting dalam menentukan kesuburan, salah satunya gonadotropin-releasing hormon (GnRH). Apa saja fungsinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesuburan, Kehamilan 24/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran? Ini Hal yang Harus Diketahui!

Bukanlah hal yang mustahil jika Anda ingin segera kembali hamil setelah mengalami keguguran, tapi ketahui dulu beberapa hal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 18/05/2020 . Waktu baca 7 menit

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cek kehamilan dengan test pack

Kapan Saya Bisa Mulai Cek Kehamilan dengan Test Pack?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 11/08/2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat ginseng buat pria

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit