Setelah Berhubungan Intim, Kapan Bisa Mulai Muncul Gejala Hamil?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Setelah melakukan hubungan intim, yang pasti Anda tunggu-tunggu adalah kabar gembira bahwa Anda berhasil hamil. Namun, Anda mungkin membutuhkan waktu beberapa hari sampai beberapa minggu sampai gejala hamil terjadi pada diri Anda. Atau, mungkin tidak ada perubahan apa-apa yang terjadi setelah Anda berhubungan intim.

Kapan gejala hamil bisa terjadi setelah berhubungan intim?

Gejala hamil bisa terjadi segera atau membutuhkan waktu beberapa hari, ini tergantung dari tiap individu. Ya, tiap individu mungkin akan mengalami hal ini pada waktu yang berbeda-beda. Bahkan gejala kehamilan yang terjadi pun bisa berbeda-beda antar wanita maupun antar kehamilan. Tak jarang, beberapa wanita juga ada yang tidak merasakan gejala apapun, sehingga ia tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

Beberapa gejala kehamilan yang umum terjadi setelah berhubungan intim adalah morning sickness, kelelahan, perubahan suasana hati, muntah, mual, payudara terasa penuh dan lebih sensitif, dan tentunya telat menstruasi. Gejala-gejala kehamilan ini bisa terjadi pada wanita selama lima atau enam minggu pertama kehamilan. Sekitar dua minggu sejak Anda telat menstruasi atau enam minggu sejak Anda mengalami menstruasi terakhir.

Belum tentu ini adalah gejala hamil

Walaupun Anda sudah mengalami mual, muntah, pusing, kram perut, atau gejala mirip kehamilan lainnya yang terjadi setelah Anda berhubungan intim. Tapi, ini tidak selalu berarti Anda benar-benar hamil. Hal ini bisa saja terjadi disebabkan oleh hal lain selain kehamilan.

Untuk mengetahui bahwa Anda benar-benar sedang hamil atau tidak, cara terbaik adalah dengan melakukan tes kehamilan. Walaupun, Anda harus menunggu beberapa waktu sampai Anda melewatkan periode menstruasi Anda berikutnya untuk mendapatkan hasil yang paling akurat. Tes kehamilan ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan test pack atau memeriksakan diri Anda ke dokter.

Apa saja gejala yang dapat terjadi di awal kehamilan?

Berikut ini merupakan beberapa gejala kehamilan pada awal-awal waktu kehamilan yang bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil.

1. Bercak darah atau kram perut

Beberapa hari setelah Anda melakukan hubungan intim, Anda mungkin menemukan bercak darah di celana Anda atau mengalami kram perut sebagai gejala awal kehamilan. Bercak darah atau kram perut ini bisa terjadi karena telur yang sudah dibuahi sperma melakukan penempelan pada dinding rahim Anda, disebut juga sebagai perdarahan implantasi. Hal ini bisa terjadi pada enam sampai dua belas hari setelah telur dibuahi. Selain bercak darah atau kram perut, keputihan dalam jumlah berlebih juga bisa terjadi. Hal ini karena terjadi penebalan dinding vagina.

2. Telat menstruasi

Ini merupakan gejala kehamilan yang paling jelas dan dapat dengan mudah Anda duga sebagai tanda kehamilan. Namun, tidak semua menstruasi yang terlewat adalah gejala dari kehamilan. Bahkan, Anda pun masih bisa mengalami menstruasi saat kehamilan. Jadi, sebenarnya ini bukan merupakan patokan yang tepat untuk menentukan Anda hamil atau tidak. Untuk memastikannya, sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan setelah Anda mendapatkan telat menstruasi.

3. Perubahan payudara

Saat Anda hamil, bahkan saat telur dibuahi oleh sperma, hormon-hormon di tubuh Anda bisa langsung mengalami perubahan. Hal ini juga menyebabkan perubahan pada payudara Anda. Payudara Anda bisa menjadi lebih sensitif, terasa nyeri, terasa penuh, dan lebih besar pada satu minggu atau dua minggu sejak pembuahan.

4. Kelelahan

Suatu hal yang wajar terjadi jika Anda merasa kelelahan saat Anda hamil. Di minggu-minggu awal kehamilan, bahkan satu minggu setelah pembuahan, ibu hamil dapat mengalami kelelahan. Hal ini bisa terjadi karena ada peningkatan hormon progesteron pada tubuh ibu hamil. Selain itu, penurunan kadar gula darah, penurunan tekanan darah, dan produksi darah yang lebih dari biasanya juga dapat menyebabkan kelelahan.

5. Morning sickness

Mual dan muntah yang biasa terjadi di pagi, siang, atau malam hari bisa menjadi tanda dari kehamilan. Walaupun, tidak semua wanita hamil pasti mengalami hal ini. Morning sickness bisa terjadi karena pengaruh hormon yang membuat pengosongan perut menjadi lebih lambat.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Hal yang Katanya Bisa Menentukan Jenis Kelamin Bayi. Mitos atau Fakta?

Faktor-faktor berikut ini mungkin turut andil dalam menentukan apakah bayi Anda perempuan atau laki-laki, tapi mungkin juga hanya kebetulan belaka.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Trimester 2, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 8 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Janin Berhenti Bergerak, Apakah Harus Periksa ke Dokter?

Tendangan janin dapat menunjukkan janin dalam kondisi sehat dalam kandungan. Tapi, bagaimana jika janin berhenti bergerak? Apa yang harus dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Daftar Jamu yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Jamu menjadi minuman tradisional yang menyehatkan. Namun ada beberapa bahan jamu yang dilarang untuk ibu hamil, salah satunya kunyit asam.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 6 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Hamil Anggur, Komplikasi Kehamilan yang Dikenal Sebagai Hamil Palsu

Hamil anggur adalah komplikasi kehamilan yang mengecoh. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, serta cara mencegahnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 3 Januari 2021 . Waktu baca 15 menit

Direkomendasikan untuk Anda

setelah seks

4 Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Seks

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
tanda hamil atau haid

Positif Hamil Atau Gejala Mau Haid? Begini 10 Cara Membedakannya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
Memahami Tumbuh Kembang Gigi dan Rahang Anak

7 Trik Membujuk Anak Agar Tak Takut ke Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
setelah kuret

Setelah Kuret, Kapan Bisa Menstruasi Lagi Seperti Biasa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit