backup og meta
Kategori

2

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi
Konten

Garis Linea Nigra, Tanda Berwarna Hitam di Perut Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri · Tanggal diperbarui kemarin

Garis Linea Nigra, Tanda Berwarna Hitam di Perut Ibu Hamil

Selama kehamilan, Anda mungkin memperhatikan munculnya garis hitam pada perut. Dalam istilah medis, garis perut ini disebut sebagai linea nigra. Sebenarnya, apa arti dari garis ini? Mengapa garis perut ini bisa muncul? Ketahui pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu garis linea nigra?

Linea nigra adalah garis hitam yang muncul pada perut saat hamil. Itu sebabnya, linea nigra juga disebut sebagai garis kehamilan.

Meski garis ini tidak selalu muncul selama kehamilan, sekitar 90% ibu yang pernah atau sedang hamil memilikinya, seperti dikutip dari UT Southwestern Medical Center.

Linea nigra muncul ketika perut mulai membesar, tepatnya sekitar usia kehamilan 5 bulan. Garis ini membentang dari pusar sampai ke area kemaluan dengan lebar 0,6–1,3 sentimeter (cm).

Sebenarnya, garis ini mungkin sudah muncul pada perut sebelum hamil, tetapi warnanya cenderung lebih terang atau menyerupai warna kulit. Garis ini disebut linea alba

Kemunculan garis linea nigra sering kali digunakan untuk memprediksi jenis kelamin bayi.

Konon bila garis membentang dari pusar sampai ke tulang kemaluan, bayi kemungkinan besar berjenis kelamin perempuan. 

Sementara itu, bila garis membentang dari pusar sampai ke bawah tulang rusuk, bayi nantinya kemungkinan berjenis kelamin laki-laki.

Namun, ini hanyalah mitos kehamilan yang tidak perlu Anda percayai. Adanya garis linea nigra tidak dapat menunjukkan jenis kelamin bayi di dalam kandungan.

Penyebab munculnya garis linea nigra

bagyi cegukan saat hamil

Linea nigra tidak sepenuhnya berwarna hitam, tetapi terlihat cokelat dan cenderung lebih gelap.

Penyebab linea nigra belum diketahui secara pasti. Namun, kemunculan garis hitam di perut ini diyakini berkaitan dengan perubahan hormon selama masa kehamilan.

Peningkatan progesteron dan estrogen menjadi salah satu penyebab munculnya garis hitam ini.

Dikutip dari laman DermNet NZ, hormon estrogen dan progesteron akan merangsang melanosit untuk memproduksi melanin.

Melanin adalah pigmen atau zat pewarna yang membuat kulit menjadi gelap. Selain itu, melanin juga membuat perubahan warna di sekitar puting susu (areola) menjadi lebih gelap.

Ibu hamil dengan warna kulit cenderung gelap umumnya mempunyai linea nigra dengan warna yang juga lebih gelap dibandingkan dengan ibu hamil dengan kulit berwarna lebih terang.

Normalkah bila tidak memiliki linea nigra?

Tidak munculnya garis perut saat hamil bukan berarti ada masalah atau komplikasi kehamilan. Pada dasarnya, linea nigra hanyalah respons tubuh akibat perubahan hormon selama masa kehamilan. Tidak semua orang yang hamil memilikinya.

Cara mengatasi garis perut saat hamil

Karena kemunculan garis linea nigra saat hamil adalah hal yang lumrah, tidak ada perawatan medis khusus untuk memudarkannya.

Linea nigra diyakini tidak menimbulkan efek buruk pada kehamilan, baik bagi kesehatan tubuh ibu hamil maupun perkembangan janin di dalam kandungan.

Hanya saja, paparan sinar matahari secara langsung memang bisa membuat warna garis kehamilan ini tampak lebih gelap.

Untuk sedikit menyamarkan kemunculan linea nigra ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung asam folat 

Beberapa makanan yang kaya dengan kandungan asam folat antara lain:

  • sayuran berdaun hijau,
  • jeruk,
  • roti gandum,
  • kacang-kacangan,
  • daging sapi, dan
  • susu dan produk olahannya.

Ibu dianjurkan untuk minum asam folat sebelum hamil dan selama kehamilan. Tidak hanya menyamarkan garis perut ini, asam folat juga membantu mencegah cacat lahir pada bayi.

Anda pun tidak perlu khawatir dengan kemunculan garis ini. Linea nigra biasanya hilang sendiri dalam tiga bulan setelah persalinan normal maupun operasi caesar.

Setelah melahirkan, kadar hormon kembali seperti semula sehingga garis warna hitam pada perut saat hamil juga ikut memudar secara perlahan.

Namun, ketika nantinya Anda hamil lagi, garis hitam pada perut ini umumnya bisa muncul kembali.

Pada beberapa kasus, ada beberapa wanita dengan hiperpigmentasi yang akan terus memiliki linea nigra pada perut, bahkan lebih dari satu tahun setelah melahirkan.

Guna memudarkan perut yang tampak hitam setelah persalinan, Anda bisa menjalani prosedur medis, seperti terapi laser atau mikrodermabrasi.

Selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui manfaat serta risiko dari perawatan kulit ini.

Kesimpulan

  • Linea nigra adalah garis hitam yang muncul pada perut selama kehamilan.
  • Garis ini biasanya mulai terlihat sejak trimester kedua, tepatnya saat hamil 5 bulan.
  • Garis hitam pada perut ibu hamil muncul akibat perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang merangsang produksi melanin.
  • Perlu dipahami bahwa garis ini tidak memiliki efek buruk pada kesehatan ibu hamil dan janin. Garis ini akan memudar sendiri dalam tiga bulan setelah melahirkan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Damar Upahita

General Practitioner · None


Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri · Tanggal diperbarui kemarin

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan