Apa Bedanya Susu Biasa dan Susu Ibu Hamil?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 08/01/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Saat hamil, seorang wanita memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan wanita biasa. Salah satu cara umum untuk mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan adalah dengan minum susu khusus ibu hamil. Lantas, apa beda susu biasa dan susu ibu hamil? Simak penjelasan berikut ini.

Kebutuhan nutrisi ibu hamil yang harus dipenuhi

Pada dasarnya, wanita biasa dan ibu hamil memiliki kebutuhan nutrisi yang tidak jauh berbeda. Pasalnya, wanita dewasa tergolong wanita yang sudah siap untuk hamil.

Artinya, wanita dewasa juga memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya sembari mempersiapkan diri agar tubuhnya siap mengandung janin.

Kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil bisa dipenuhi dengan cara mengonsumsi susu yang umumnya diformulasikan khusus untuk ibu hamil, bukan susu biasa.

Nutrisi yang dibutuhkan seorang wanita dewasa agar tubuhnya siap saat hamil adalah sebagai berikut.

1. Asam folat

Asam folat dapat membantu mencegah terjadinya cacat bawaan lahir yang berhubungan dengan saraf bayi.

2. Vitamin B12

Vitamin ini penting untuk membantu perkembangan sistem saraf janin. Seorang ibu yang sedang hamil sebaiknya tidak melakukan diet vegetarian demi kebutuhan vitamin ini.

Umumnya, wanita dewasa membutuhkan 2.4 microgram (mcg) kadar vitamin B12, sementara wanita hamil membutuhkan hingga 2.6 mcg.

3. Kolin

Sama halnya dengan asam folat, kolin juga berfungsi untuk membantu menurunkan risiko cacat lahir yang berhubungan dengan saraf. Biasanya, ibu hamil bisa mendapatkan nutrisi ini dari susu yang biasa dikonsumsi. Selain itu, kolin juga bisa didapatkan dari telur dan kacang-kacangan.

4. Asam lemak omega 3

Asam lemak, yaitu EPA dan DHA, bermanfaat untuk membentuk otak dan sistem saraf yang sehat. Nutrisi ini juga baik untuk mencegah kelahiran prematur.

5. Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi yang diproduksi oleh sel kulit saat terpapar sinar matahari pagi. Biasanya, wanita membutuhkan hingga 600 IU vitamin D setiap harinya.

6. Kalsium

Wanita dewasa membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Untuk mempersiapkan diri, wanita yang ingin menjadi ibu hamil membutuhkan 1.000-1.300 miligram (mg) setiap harinya.

7. Zat besi

Salah satu nutrisi penting untuk wanita dewasa adalah zat besi, khususnya jika Anda memiliki rencana hamil. Pasalnya, seorang ibu hamil membutuhkan 27 mg zat besi setiap harinya. Volume darah saat hamil bertambah hampir dua kali lipat, sehingga kebutuhan akan zat besi ikut meningkat.

Susu biasa dan susu ibu hamil, apa bedanya?

Saat sedang mengandung, seorang ibu hamil memang harus sangat perhatian terhadap asupan nutrisi. Apalagi, kebutuhan nutrisi tersebut bukan untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk bayi yang ada di dalam kandungannya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ibu hamil bisa rutin mengonsumsi susu.

Susu sapi biasa mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, termasuk kalsium, fosfor, vitamin D, riboflavin, vitamin B12, selenium, kalium, asam pantotenat, thiamin, dan seng. Kandungan nutrisi inilah yang membuat susu menjadi salah salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil.

Susu untuk ibu hamil yang banyak beredar di pasaran pada dasarnya adalah susu sapi biasa. Namun, biasanya susu sapi biasa ini telah difortifikasi atau ditambahkan nutrisi yang memang benar-benar dibutuhkan oleh ibu hamil.

Memang benar, bahwa susu sapi biasa juga telah memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah sehat. Namun, susu biasa yang telah difortifikasi dengan beragam nutrisi lain mungkin akan lebih sesuai untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

Jadi dapat disimpulkan bahwa susu biasa dan susu ibu hamil yang banyak beredar di pasaran memiliki perbedaan dalam kandungan nutrisinya. Namun, pada dasarnya, kedua jenis susu ibu umumnya adalah susu sapi.

Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil

Susu memang salah satu alternatif yang baik jika Anda ingin memenuhi kebutuhan nutrisi sebagai ibu hamil. Apalagi jika susu tersebut telah difortifikasi sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhannya.

Namun, selain lewat susu, ibu hamil juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan mengonsumsi makanan atau minuman lain yang mengandung nutrisi yang memang dibutuhkan.

Ibu hamil juga sah-sah saja untuk mengonsumsi susu biasa selama kebutuhan nutrisinya terpenuhi lewat makanan kaya nutrisi lainnya.

Pastikan ibu hamil memeriksa kemasan susu sebelum membeli. Dengan begitu, para ibu hamil bisa menentukan susu yang paling sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Merek satu dengan merek lain mungkin memiliki fortifikasi nutrisi yang berbeda.

Untuk pilihan susu, lebih baik, ibu hamil memilih susu yang rendah lemak. Jika memungkinkan, pilihlah yang tanpa lemak. Pasalnya, lemak yang terdapat di dalam susu biasanya lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Mitos Tentang Susu yang Ternyata Salah Besar

Apakah Anda berpikir bahwa susu hanya dibutuhkan pada masa pertumbuhan? Banyak mitos mengenai susu yang sebenarnya tidak tepat. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Nutrisi, Hidup Sehat, Fakta Unik 17/04/2017 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

susu hamil prenagen emesis

Prenagen Emesis

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 11/03/2019 . Waktu baca 7 menit
ibu hamil minum susu UHT

Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu UHT?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 20/10/2018 . Waktu baca 3 menit
susu hamil untuk ibu hamil

Apakah Ibu Hamil Perlu Minum Susu Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 28/08/2017 . Waktu baca 5 menit
nutrisi trimester kedua

Daftar Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Selama Trimester Kedua

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 19/04/2017 . Waktu baca 4 menit