Mengecat Rambut Saat Hamil, Apa Boleh?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Beberapa ibu mungkin ingin sekali mengecat rambut saat hamil agar terlihat lebih segar dan juga untuk mengganti suasana baru. Namun, sebenarnya apakah ibu hamil boleh mengecat rambut? Perlu diingat bahwa cat rambut mengandung zat kimia yang mungkin bisa saja membahayakan janin.

Pro dan kontra mengecat rambut saat hamil

Belum ada bukti yang benar-benar menjelaskan bahwa mengecat rambut saat hamil dapat membahayakan Anda dan janin Anda. Masih sedikit penelitian yang membahas tentang hal ini. Beberapa penelitian yang telah dilakukan pun menunjukkan bahwa mengecat rambut saat hamil aman dilakukan.

Tidak ada laporan yang menunjukkan bahwa cat rambut dapat menyebabkan perubahan selama kehamilan. Walaupun cat rambut mengandung bahan kimia, namun sangat sedikit cat rambut yang diserap melalui kulit kepala Anda. Tapi, tetap saja Anda harus hati-hati. Bagaimanapun bahan kimia dari cat rambut yang terserap ke dalam tubuh Anda mungkin bisa saja dapat menimbulkan kerugian bagi perkembangan bayi dalam kandungan. Hal ini masih diteliti lebih lanjut oleh para ahli.

Yang harus Anda perhatikan saat mengecat rambut selama hamil

Karena keamanan cat rambut mungkin masih diragukan, sebaiknya sebisa mungkin Anda tidak mengecat rambut saat hamil. Namun, jika Anda benar-benar ingin melakukannya, sebaiknya ikuti petunjuk berikut ini.

  • Mengecat rambut pada usia kehamilan trimester kedua. Banyak ahli yang menyarankan agar ibu hamil menunggu sampai usia kehamilannya mencapai trimester kedua jika ingin mengecat rambut. Setelah trimester kedua kehamilan, bayi telah melalui tahap kritis dari perkembangan organnya. Sehingga, risiko yang mungkin timbul dari pemakaian cat rambut bisa diperkecil. Berilah kesempatan bayi Anda untuk berkembang dengan baik.
  • Pilihlah mengecat rambut dengan aman. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pilihlah metode mengecat rambut yang tidak sampai mengenai kulit kepala Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyerapan bahan kimia dalam cat rambut melalui kulit kepala Anda.
  • Pilih produk cat rambut yang aman. Pilihlah cat rambut yang tidak mengandung amonia, bau amonia dapat membuat Anda merasa mual. Pertimbangkan untuk memilih cat rambut semi permanen dibandingkan dengan yang permanen. Jangan lupa untuk memeriksa label produk sebelum memilih cat rambut yang akan digunakan.
  • Ikuti petunjuk penggunaan produk. Baca terlebih dahulu petunjuk penggunaan sebelum mengaplikasikan cat rambut ke rambut Anda. Jangan sampai Anda membiarkan cat rambut lebih lama dari waktu yang disarankan. Segera bilas rambut dan kulit kepala Anda secara menyeluruh setelah selesai, sesuai petunjuk. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan saat Anda mengecat rambut Anda sendiri.
  • Mengecat rambut di tempat yang mempunyai banyak ventilasi. Anda pasti sudah tahu bukan bahwa cat rambut mempunyai bau yang menyengat? Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengecat rambut di tempat yang mempunyai aliran udara yang baik. Pastikan Anda bisa menghirup udara segar saat mengecat rambut agar Anda tidak terlalu banyak menghirup bau dari bahan kimia cat rambut.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Memasuki minggu ke-16, janin akan semakin aktif bergerak. Namun, menjelang persalinan, gerakan bayi akan berkurang. Apa sebabnya, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Trimester 3, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Program kehamilan normal tak bisa kami jalani sebagaimana pasangan lainnya. Kami terpaksa mengikuti program bayi tabung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Menanti Momongan 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Fungsi hormon FSH dan LH berperan penting pada sistem reproduksi pria dan wanita. Ketahui apa saja fungsi kedua hormon tersebut lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Detak jantung janin mulai berdegup di sekitar minggu keenam kehamilan, tapi kadang suaranya masih terlalu lemah untuk Anda bisa dengar. Kapan waktunya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara membaca hasil usg

Agar Lebih Akurat, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
perkembangan jantung janin

Mengenal 4 Tahap Perkembangan Jantung Janin di Tiap Trimester

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
operasi memperbesar payudara

Operasi Memperbesar Payudara: Biaya, Risiko, dan Prosesnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit