Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Payudara Gatal Saat Hamil? Ketahui 4 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Payudara Gatal Saat Hamil? Ketahui 4 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Memasuki masa kehamilan, tubuh mengalami perubahan, salah satunya terasa perbedaan di payudara. Selain ukurannya yang menjadi lebih besar, ibu mungkin juga merasakan gatal di payudara saat hamil. Apakah kondisi ini bagian dari perubahan selama kehamilan? Kira-kira, apa saja penyebab payudara serta puting gatal saat hamil? Berikut informasi lebih lengkapnya.

Normalkah bila payudara gatal saat hamil?

implan payudara mempengaruhi asi

Menurut laman American Association of Pregnancy, kehamilan bisa mengubah payudara. Ibu biasanya mengeluhkan payudara terasa sakit saat hamil, tetapi ini berbeda dengan nyeri payudara saat menstruasi.

Rasa sakit pada payudara ini termasuk satu dari berbagai tanda-tanda hamil. Perubahan payudara saat kehamilan meliputi ukuran yang membesar, lebih sensitif, hingga warna areola yang jadi lebih gelap.

Bukan hanya itu saja, perubahan pada payudara serta puting yang juga bisa ibu hamil rasakan yakni adanya rasa gatal.

Penyebab utama dari salah satu keluhan atau masalah ibu hamil ini adalah karena perubahan hormon di dalam tubuh.

Selain itu, seiring dengan pertumbuhan janin dan naiknya berat badan saat hamil, kulit tubuh Anda mengalami peregangan.

Peregangan kulit kemudian memunculkan stretch mark yang bisa menyebabkan gatal. Kedua perubahan ini bisa menjadi penyebab payudara serta puting terasa munculnya gatal saat hamil.

Jadi, munculnya rasa gatal pada payudara saat hamil ini tergolong normal dan tidak perlu Anda khawatirkan.

Penyebab payudara gatal saat hamil

payudara gatal saat hamil

Meskipun payudara gatal selama masa kehamilan adalah hal yang normal dan umum terjadi, ibu tetap harus waspada apabila ada gejala lainnya.

Pasalnya, rasa gatal pada payudara ternyata bisa menjadi gejala adanya masalah kesehatan lain.

Berikut beberapa kondisi medis yang bisa menjadi penyebab payudara serta puting terasa gatal saat hamil.

1. Eksim

Eksim adalah peradangan kulit yang bisa terjadi kapan saja, termasuk saat hamil. Kondisi ini menyebabkan kulit gatal disertai munculnya ruam, mengelupas, atau adanya benjolan kecil.

Gejalanya dapat terjadi di bagian kulit tubuh area mana pun, termasuk di payudara.

Kemungkinan munculnya eksim saat hamil biasanya lebih besar terjadi pada wanita yang pernah mengalami eksim sebelumnya.

Jika sudah memiliki eksim, kondisi tersebut akan terus ada termasuk saat Anda sedang hamil.

Itu artinya, eksim tidak bisa disembuhkan dan ibu perlu menjaga kondisi kulitnya tetap sehat dan menjauhi segala pemicunya.

2. Pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPP)

PUPP adalah penyebab gatal saat hamil yang juga bisa terjadi pada area payudara dan sekitar puting. Kondisi ini menimbulkan adanya benjolan kecil di kulit yang gatal.

Awalnya, PUPP menyebabkan benjolan kecil muncul di sekitar perut yang kemudian menyebar ke sekitar payudara, paha, dan bokong.

Walaupun penyebab PUPP tidak diketahui secara pasti, kondisi medis ini kemungkinan dapat terjadi akibat perubahan hormon selama masa kehamilan.

Tak perlu khawatir berlebihan karena PUPP biasanya akan segera hilang setelah Anda selesai melahirkan.

3. Prurigo

Penyebab area dada serta puting gatal saat hamil selanjutnya adalah prurigo. Salah satu penyakit kulit saat hamil ini sangat umum menyerang ibu hamil.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, penyebab prurigo adalah sistem kekebalan tubuh merespons perubahan hormon di dalam tubuh selama masa kehamilan.

Prurigo mengakibatkan adanya benjolan kecil seperti gigitan serangga yang menimbulkan rasa gatal. Selain di area dada, benjolan kecil dapat juga muncul di area tubuh lainnya.

Seiring berjalannya waktu, benjolan di kulit yang timbul akibat prurigo bisa menyebar dan semakin banyak.

Bahkan pada beberapa kasus, prurigo bisa tetap muncul setelah melahirkan, baik itu usai melahirkan normal maupun operasi caesar.

4. Intertrigo

Selain prurigo, intertrigo juga bisa jadi penyebab payudara gatal saat hamil. Intertrigo atau dermatitis intertriginosa biasanya terjadi karena kulit lembap, berkeringat, dan mengalami banyak gesekan.

Kemungkinan besar intertigo terjadi pada ibu hamil yang tinggal di area panas. Selain gatal, intertrigo juga menimbulkan ruam kulit, kemerahan, atau kecokelatan.

Cara mengatasi payudara gatal saat hamil

mengatasi payudara atau puting gatal saat hamil

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan gejala dan mencurigai rasa gatal di payudara penyebabnya adalah masalah kesehatan, segera konsultasi ke dokter.

Hindari menggunakan obat tanpa lampu hijau dari dokter untuk mencegah terjadinya efek samping yang membahayakan Anda dan bayi selama kehamilan.

Dokter mungkin akan memberikan tips perawatan agar kondisi payudara atau puting yang gatal tidak memburuk saat hamil.

1. Mengoleskan losion pelembap

Dalam losion, terkandung vitamin E, cocoa butter, lidah buaya, dan lanolin. Kandungan yang melembapkan ini dapat mengurangi payudara dan puting gatal saat hamil.

Ibu bisa mengoleskan lotion pada area payudara setiap pagi dan malam hari sebelum tidur untuk mengurangi rasa gatal.

Perhatikan pula kandungan lainnya dalam produk yang ibu gunakan. Sebaiknya, hindari kandungan alkohol karena dapat menambah iritasi serta rasa gatal.

2. Gunakan petroleum jelly

Petroleum jelly dapat membantu menyembuhkan dan menambah kelembaban ekstra pada kulit payudara serta puting yang terasa gatal saat hamil.

Bahkan, fungsi melembapkan dari petroleum jelly bisa melebihi body lotion. Cukup oleskan area payudara dengan petroleum jelly saat kulit mulai kering dan timbul rasa gatal.

3. Pilih bra yang tepat

Saat hamil, umumnya ibu mengalami perubahan pada ukuran payudara. Ukuran payudara yang membesar membuat Anda perlu memilih bra yang tepat termasuk mengganti ukurannya.

Bra yang terlalu ketat dapat menyebabkan gesekan dan mengiritasi kulit. Maka dari itu, payudara serta puting terasa gatal saat hamil.

Selain cara tersebut, ibu hamil juga bisa melakukan hal di bawah ini untuk mencegah dan mengatasi payudara gatal.

  • Pilih sabun yang ringan tanpa pewangi, pewarna, dan pengawet untuk mencegah terjadinya iritasi.
  • Pakai gel lidah buaya untuk memberikan sensasi dingin dan mengurangi rasa gatal.
  • Hindari mandi air panas, terutama bila mengenai payudara yang gatal secara langsung.
  • Hindari pakai produk perawatan kulit yang mengandung alkohol.
  • Gunakan baju yang longgar agar kulit bisa bernapas.
  • Minum banyak air untuk menjaga hidrasi tubuh, terutama jika merasa kulit sedang kering.
  • Menjaga kebersihan diri dan juga kebersihan payudara untuk mencegah infeksi jamur serta bakteri.
health-tool-icon

Penambahan Berat Badan Kehamilan

Perhitungan ini dapat digunakan untuk perempuan yang ingin melihat kisaran kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan berdasarkan berat badan mereka sebelum hamil.

28
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Breast Changes During Pregnancy |: American Pregnancy Association. (2020). Retrieved 23 April 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/breast-changes-during-pregnancy-960/

Possible Breast Changes During and After Pregnancy. (2021). Retrieved 23 April 2021, from https://www.sthk.nhs.uk/patients-visitors/Documents/Patient%20Information%20Leaflets/Pregnancy%20%20Postnatal%20Breast%20Changes%20Leaflet.pdf

Pregnancy: Stretch Marks, Itching, and Skin Changes. (2021). Retrieved 23 April 2021, from https://www.peacehealth.org/medical-topics/id/aa88316

Cholestasis of pregnancy – Symptoms and causes. (2021). Retrieved 23 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cholestasis-of-pregnancy/symptoms-causes/syc-20363257

Skin Conditions During Pregnancy. (2021). Retrieved 23 April 2021, from https://www.acog.org/womens-health/faqs/skin-conditions-during-pregnancy

PRURITIC URTICARIAL PAPULES AND PLAQUES OF PREGNANCY. the American Osteopathic College of Dermatology. (2021). Retrieved 23 April 2021, from https://www.aocd.org/page/PUPPP

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri Diperbarui 27/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita