5 Khasiat Menguntungkan Makan Pare Saat Hamil (Waspadai Juga Risikonya Kalau Kebanyakan!)

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Pare sering menjadi menu pendamping siomay atau tumisan sayur teman makan nasi. Jika Anda belakangan ini sedang ngidam pare, mungkin Anda sedang bertanya-tanya apakah boleh makan pare saat hamil? Nah untuk tahu jawabannya, baca terus artikel ini, ya!

Apa saja kandungan gizi dalam pare?

Buah hijau bergerigi yang rasanya pahit ini umum dijadikan obat sembelit di beberapa negara Asia dan Afrika. Bagaimana dengan nutrisinya?

Dilansir dari Mom Junction, pare termasuk buah tinggi karbohidrat yang rendah kalori dan rendah lemak. Selain itu, pare diperkaya dengan serat, asam folat, riboflavin, vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, zink, tembaga, serta mangan yang dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi Anda selama hamil.

Apa manfaat makan pare saat hamil?

Ada beberapa manfaat makan pare saat hamil, yaitu:

1. Mendukung perkembangan janin

Buah pare mengandung tinggi asam folat yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Asam folat mendukung perkembangan saraf otak dan tulang belakang dan saraf janin selama dalam kandungan, juga mengurangi risiko bayi cacat lahir. Selain itu, pare juga mengandung asam pantotenat, magnesium, dan nutrisi lainnya yang penting untuk perkembangan janin.

2. Mengatasi masalah pencernaan saat hamil

Perut begah, sembelit, dan gangguan asam lambung adalah beberapa contoh masalah pencernaan yang umum dialami ibu hamil. Berbagai kondisi ini bisa dipicu oleh perubahan hormon tubuh selama kehamilan. Makan serat saat hamil bisa membantu Anda mengatasi berbagai masalah ini karena pare mengandung tinggi serat.

3. Mencegah diabetes gestasional

Beberapa ibu hamil berisiko lebih tinggi untuk mengalami diabetes gestasional. Hormon kehamilan bisa  mencegah insulin bermetabolisme menjadi energi sehingga menyebabkan gula darah meningkat.

Pare mengandung cukup banyak agen antidiabetes seperti charantin dan polipeptida-P yang berfungsi menyeimbangkan kadar gula darah

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selama kehamilan, sistem imun tubuh melemah sehingga Anda jadi lebih rentan terhadap serangan penyakit. Pare mengandung banyak antioksidan dan vitamin C yang dapat meningkatkan stamina tubuh.

5. Mengontrol kenaikan berat badan

Serat tak larut dalam pare membuat Anda kenyang lebih lama sehingga bisa mencegah keinginan ngemil makanan yang tidak sehat. Pada akhirnya, makan pare saat hamil bisa membantu Anda mengendalikan berat badan tetap sehat untuk mendukung tumbuh kembang bayi.

Efek samping makan pare saat hamil

Pare adalah makanan tinggi nutrisi yang aman dikonsumsi selama hamil. Namun sebelum mengonsumsi pare saat hamil, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

Ada beberapa alsan mengapa Anda tidak dianjurkan kebanyakan makan pare saat hamil. Berlebihan mengonsumsi pare bisa menyebabkan diare, perut kembung, dan kram perut. Selain itu, beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi pare yang terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pada rahim, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko persalinan prematur.

Selain itu, biji pare mengandung vicine yang dapat memicu favism, kondisi anemia yang ditandai dengan demam, sakit kepala, sakit perut, hingga koma.

Pare juga digunakan secara tradisional untuk menggugurkan kandungan. Itulah sebabnya Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memakannya. Jika dokter memberi Anda lampu hijau, maka barulah Anda dapat menikmati makan pare saat hamil untuk meraih manfaatnya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 22, 2018 | Terakhir Diedit: April 16, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca