Akupuntur Saat Hamil, Apa Saja Manfaatnya?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Maret 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Akupuntur adalah metode pengobatan tradisional dari Cina yang sejak lama sudah dikenal. Akupuntur saat hamil dipercaya dapat membantu melancarkan aliran darah dan terbukti dapat memberi banyak manfaat. Tak heran, banyak ibu hamil yang melakukan akupuntur. Ingin tahu manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh akupuntur? Simak penjelasannya berikut ini.

Apakah akupuntur saat hamil aman dilakukan?

Ya, akupuntur saat hamil aman dilakukan. Tapi ingat, hanya dengan ahli akupuntur yang sudah bersertifikat dan sudah biasa menangani ibu hamil. Terdapat titik-titik saraf tertentu yang tidak boleh ditusuk dengan jarum akupuntur selama kehamilan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontraksi rahim. Seorang ahli akupuntur pasti mengetahui hal ini, sehingga akupuntur saat hamil aman dilakukan.

Walaupun mungkin setelah melakukan akupuntur saat hamil Anda mengalami efek samping, seperti kelelahan, perdarahan kecil, memar, dan nyeri di tempat bekas jarum, namun efek samping ini umum terjadi. Bahkan, bisa terjadi pada orang yang tidak hamil. Penelitian oleh Adelaide University tahun 2002 telah membuktikan bahwa akupuntur aman dilakukan selama kehamilan oleh ahli akupuntur yang terlatih.

Mengapa saya harus melakukan akupuntur saat hamil?

Banyak perubahan fisik dan hormonal yang terjadi pada tubuh Anda selama kehamilan. Hal ini terkadang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Ibu hamil menjadi mudah lelah, merasa mual, ingin muntah, sulit tidur, dan hal lainnya. Semua hal ini normal terjadi pada ibu hamil. Nah, untuk membuat kehamilan Anda terasa lebih nyaman dan menyenangkan, mungkin Anda harus mencoba akupuntur saat hamil.

Akupuntur dapat membantu meningkatkan keseimbangan yang ada dalam tubuh Anda. Jarum akupuntur yang ditusukkan ke beberapa titik saraf Anda dapat memicu pelepasan beberapa senyawa kimia otak, seperti endorfin. Hal ini kemudian dapat membantu meringankan gejala-gejala yang membuat ibu hamil tidak nyaman.

Apa saja manfaat akupuntur selama kehamilan?

Akupuntur dapat meringankan berbagai masalah yang Anda alami selama kehamilan. Hal ini bisa terjadi jika Anda melakukan akupuntur saat hamil secara rutin. Beberapa masalah yang bisa teratasi oleh akupuntur adalah:

Bukan itu saja, akupuntur dengan teknik khusus yang disebut dengan moksibusi juga telah digunakan sejak lama untuk mengatasi bayi sungsang. Moksibusi menggunakan ramuan (yang disebut moxa) yang dipadatkan menjadi bentuk batang seperti cerutu. Kemudian, salah satu ujungnya dibakar dan didekatkan langsung ke titik saraf akupuntur di jari kelingking kaki.

Akupuntur saat hamil juga dapat mempermudah persalinan. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ibu hamil yang melakukan akupuntur seminggu sekali selama sebulan terakhir kehamilan mempunyai persalinan yang lebih singkat dan lebih mudah daripada ibu hamil yang tidak melakukan akupuntur. Bagi Anda yang sudah melewati tanggal kelahiran seharusnya, akupuntur juga dapat membantu menginduksi persalinan. Anda bisa mencoba akupuntur untuk merangsang kelahiran. Namun, hal ini juga harus atas persetujuan dokter Anda agar semua faktor medis telah diperhitungkan.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Program kehamilan normal tak bisa kami jalani sebagaimana pasangan lainnya. Kami terpaksa mengikuti program bayi tabung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Menanti Momongan 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Fungsi hormon FSH dan LH berperan penting pada sistem reproduksi pria dan wanita. Ketahui apa saja fungsi kedua hormon tersebut lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Detak jantung janin mulai berdegup di sekitar minggu keenam kehamilan, tapi kadang suaranya masih terlalu lemah untuk Anda bisa dengar. Kapan waktunya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ingin mencoba suplemen vitamin E supaya cepat hamil? Eits, simak dulu penjelasan lengkap dari berbagai penelitian soal manfaat vitamin E untuk kesuburan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara membaca hasil usg

Agar Lebih Akurat, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
perkembangan jantung janin

Mengenal 4 Tahap Perkembangan Jantung Janin di Tiap Trimester

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
pembukaan persalinan

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit