Akupuntur Saat Hamil, Apa Saja Manfaatnya?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19/03/2020
Bagikan sekarang

Akupuntur adalah metode pengobatan tradisional dari Cina yang sejak lama sudah dikenal. Akupuntur saat hamil dipercaya dapat membantu melancarkan aliran darah dan terbukti dapat memberi banyak manfaat. Tak heran, banyak ibu hamil yang melakukan akupuntur. Ingin tahu manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh akupuntur? Simak penjelasannya berikut ini.

Apakah akupuntur saat hamil aman dilakukan?

Ya, akupuntur saat hamil aman dilakukan. Tapi ingat, hanya dengan ahli akupuntur yang sudah bersertifikat dan sudah biasa menangani ibu hamil. Terdapat titik-titik saraf tertentu yang tidak boleh ditusuk dengan jarum akupuntur selama kehamilan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontraksi rahim. Seorang ahli akupuntur pasti mengetahui hal ini, sehingga akupuntur saat hamil aman dilakukan.

Walaupun mungkin setelah melakukan akupuntur saat hamil Anda mengalami efek samping, seperti kelelahan, perdarahan kecil, memar, dan nyeri di tempat bekas jarum, namun efek samping ini umum terjadi. Bahkan, bisa terjadi pada orang yang tidak hamil. Penelitian oleh Adelaide University tahun 2002 telah membuktikan bahwa akupuntur aman dilakukan selama kehamilan oleh ahli akupuntur yang terlatih.

Mengapa saya harus melakukan akupuntur saat hamil?

Banyak perubahan fisik dan hormonal yang terjadi pada tubuh Anda selama kehamilan. Hal ini terkadang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Ibu hamil menjadi mudah lelah, merasa mual, ingin muntah, sulit tidur, dan hal lainnya. Semua hal ini normal terjadi pada ibu hamil. Nah, untuk membuat kehamilan Anda terasa lebih nyaman dan menyenangkan, mungkin Anda harus mencoba akupuntur saat hamil.

Akupuntur dapat membantu meningkatkan keseimbangan yang ada dalam tubuh Anda. Jarum akupuntur yang ditusukkan ke beberapa titik saraf Anda dapat memicu pelepasan beberapa senyawa kimia otak, seperti endorfin. Hal ini kemudian dapat membantu meringankan gejala-gejala yang membuat ibu hamil tidak nyaman.

Apa saja manfaat akupuntur selama kehamilan?

Akupuntur dapat meringankan berbagai masalah yang Anda alami selama kehamilan. Hal ini bisa terjadi jika Anda melakukan akupuntur saat hamil secara rutin. Beberapa masalah yang bisa teratasi oleh akupuntur adalah:

Bukan itu saja, akupuntur dengan teknik khusus yang disebut dengan moksibusi juga telah digunakan sejak lama untuk mengatasi bayi sungsang. Moksibusi menggunakan ramuan (yang disebut moxa) yang dipadatkan menjadi bentuk batang seperti cerutu. Kemudian, salah satu ujungnya dibakar dan didekatkan langsung ke titik saraf akupuntur di jari kelingking kaki.

Akupuntur saat hamil juga dapat mempermudah persalinan. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ibu hamil yang melakukan akupuntur seminggu sekali selama sebulan terakhir kehamilan mempunyai persalinan yang lebih singkat dan lebih mudah daripada ibu hamil yang tidak melakukan akupuntur. Bagi Anda yang sudah melewati tanggal kelahiran seharusnya, akupuntur juga dapat membantu menginduksi persalinan. Anda bisa mencoba akupuntur untuk merangsang kelahiran. Namun, hal ini juga harus atas persetujuan dokter Anda agar semua faktor medis telah diperhitungkan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kulit Wajah Terlihat Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Alih-alih mendapatkan pregnancy glow, sebagian orang malah merasa kulit wajah jadi lebih kusam saat hamil. Apa penyebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Kapan Waktu Terbaik untuk Kontrol Kandungan Selama Pandemi COVID-19?

Pemeriksaan kehamilan amatlah penting. Di sisi lain, pemeriksaan kehamilan selama pandemi COVID-19 membuat ibu rentan tertular. Apa yang harus ibu lakukan?

Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 29/04/2020

6 Makanan Bergizi untuk Memperkuat Kandungan

Selain sehat untuk ibu, berbagai makanan ini juga dapat memperkuat janin dalam kandungan agar masa kehamilan tetap lancar.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Aturan Menjalankan Puasa yang Aman Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang sehat diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa, namun harus lebih diperhatikan nutrisinya. Bagaimana cara menjalankan puasa saat hamil?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 25/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

hamil setelah keguguran

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020
menu puasa untuk ibu hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
puasa bagi ibu hamil

4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
gangguan makan ibu hamil

Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020