home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Olahraga Sepulang Kerja

5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Olahraga Sepulang Kerja

Manfaat olahraga bagi tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk berolahraga. Contohnya bagi mereka para pekerja kantoran yang berangkat pagi dan pulang saat malam hari. Bagaimana cara efektif untuk olahraga setelah kerja?

Ada beberapa orang melakukan olahraga setelah kerja, entah mengunjungi pusat kebugaran, main futsal, main basket, hingga jogging malam. Tapi apa boleh setelah pulang kerja lanjut olahraga? Ketahui jawabannya dalam artikel ini.

Olahraga setelah kerja, apakah boleh?

Olahraga memang biasanya dilakukan pagi hari, tapi terkadang buat orang kantoran, mereka memilih olahraga setelah kerja, yaitu ketika sore atau malam hari. Olahraga setelah pulang kerja pada dasarnya boleh saja dilakukan. Hanya saja, Anda disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan. Hal ini dilakukan lantaran tubuh Anda sudah tidak sebugar pagi hari.

Tubuh yang lelah setelah seharian beraktivitas jika harus ditambah dengan ritme olahraga dengan intensitas tinggi justru akan membuat Anda kelelahan dan hasilnya tentu tidak akan maksimal. Jadi, jika Anda memutuskan untuk olahraga, Anda cukup lakukan olahraga yang ringan-ringan saja seperti jogging, jalan santai, bersepeda, ataupun yoga.

Yang harus diperhatikan jika ingin olahraga setelah kerja

Selain intensitas olahraga, ada beberapa hal lainnya yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan olahraga setelah kerja, di antaranya:

1. Waktu olahraga setelah kerja

Waktu terbaik untuk melakukan olahraga sepulang kerja adalah setelah matahari tenggelam hingga jam 9 malam. Waktu tersebut merupakan waktu ideal karena akan memberikan Anda kesempatan untuk tidur dengan durasi yang normal. Intinya, beri jeda waktu sekitar satu sampai dua jam antara waktu olahraga dan waktu tidur Anda. Pasalnya, setelah berolahraga tubuh anda menjadi bugar dan Anda akan kesulitan untuk tidur pada malam hari

2. Durasi olahraga

Anda harus ingat, kondisi tubuh setelah bekerja tidak sebugar ketika pada pagi hari. Itu sebabnya, Anda tidak perlu harus melakukan olahraga berat setiap malam dengan durasi yang lama. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa durasi ideal untuk berolahraga setiap hari adalah 30 – 60 menit.

Jadi, Anda sebaiknya tidak memaksakan diri untuk berolahraga jika kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk melakukannya. Misalnya, akibat karena kelelahan karena banyaknya pekerjaan atau saat sedang merasa sakit

3. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Selain itu, olahraga malam juga harus diawali dengan pemanasan dan juga harus diakhiri dengan peregangan atau pendinginan agar tubuh tidak mudah cedera. Pemanasan dan pendinginan ini sangat berguna untuk mengendurkan otot dan memperlancar sirkulasi darah.

4. Penuhi asupan nutrisi

Sama halnya dengan olahraga yang dilakukan di pagi hari atau sebelum bekerja, Anda juga harus memenuhi dan memperhatikan asupan nutrisi dari makan yang Anda konsumsi. Konsumsilah makanan yang tepat dengan porsi yang tidak berlebihan. Pasalnya, apapun yang Anda konsumsi sebelum dan setelah berolahraga memiliki dampak yang besar terhadap hasil dari olahraga yang Anda lakukan.

Selain makanan, jangan lupa penuhi asupan cairan sebelum, selama, dan setelah olahraga untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

5. Jangan lupa membersihkan badan

Meskipun Anda berolahraga pada malam hari, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak membersihkan badan setelah berolaharaga. Hal ini dikarenakan setelah berolahraga tubuh pasti akan mengeluarkan banyak keringat. Itu sebabnya, mandi menjadi pilihan yang tepat untuk kembali menyegarkan tubuh.

Namun, jangan langsung mandi setelah olahraga. Tunggu dulu suhu tubuh Anda kembali normal sekitar 30 menit setelah olahraga. Selain membuat tubuh lebih bersih, mandi juga akan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Pada prinsipnya, baik pada pagi atau malam hari, kedua waktu olahraga tersebut akan memberikan efek yang sama-sama menyehatkan jika dilakukan secara konsisten demi menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi tubuh Anda sebelum melakukan aktivitas olahraga agar hasilnya pun bisa maksimal.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hitting the Gym After Work Could Save You Serious Calories – http://www.mensfitness.com/weight-loss/burn-fat-fast/hitting-gym-after-work-could-save-you-serious-calories diakses pada 28 Juli 2017

10 Ways to Motivate Yourself to Hit the Gym After Work – http://www.womenshealthmag.com/fitness/after-work-gym-motivation diakses pada 28 Juli 2017

Is It Bad to Work Out at Night? –  http://www.livestrong.com/article/292507-is-it-bad-to-work-out-at-night/ diakses pada 28 Juli 2017

Exercise After Work, Psychologicak mediators, and Affect: A day – Level Study – https://www.researchgate.net/publication/254223118_Exercise_after_work_psychological_mediators_and_affect_A_day-level_study diakses pada 28 Juli 2017

Effect of Intermittent Exercise on Biomarkers of Cardiovascular Risk in Night Shift Workers – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26201003 diakses pada 28 Juli 2017


Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari pada 11/08/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x