Kenapa Tidak Dianjurkan Olahraga Saat Hangover?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Efek samping paling umum dari mabuk alkohol adalah hangover. Itu sebabnya, apabila semalam Anda habis mabuk-mabukan, sebaiknya berpikir ulang untuk datang ke gym di pagi hari. Pasalnya, olahraga saat hangover justru akan memperburuk kondisi tubuh Anda. Mengapa bisa begitu? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Sekilas tentang hangover

Orang yang mabuk alkohol biasanya akan memunculkan sekumpulan gejala hangover yang biasanya baru muncul pada pagi hari atau beberapa jam setelah mabuk. Tanda dan gejala hangover terdiri dari sakit kepala, tidak enak badan, pusing, mengantuk, badan lemas, kebingungan, hingga sangat haus.

Sampai saat ini ilmuwan dan dokter belum sepenuhnya memahami apa penyebab pasti dari hangover. Meski begitu, para ahli percaya bahwa hangover merupakan efek samping dari sistem imun tubuh yang kewalahan akibat kadar alkohol yang melebihi batas toleransi. Kebanyakan orang mengalami hangover saat mereka menenggak kebanyakan alkohol yang dalam satu waktu.

Seseorang bisa saja hangover selama seharian. Namun, kondisi ini umumnya berbeda-beda pada setiap orang. Pasalnya, tingkat keparahan hangover akan bergantung pada tingkat alkohol dalam darah (blood alcohol concentration) serta seberapa cepat dan banyak seseorang minum alkohol.

Lantas apa boleh olahraga saat hangover?

Anda mungkin berpikir kalau olahraga bisa menyegarkan badan dan pikiran Anda setelah mabuk semalam. Namun, olahraga saat hangover bukan ide yang baik. Bahkan, ini bisa jadi hal yang berbahaya apabila Anda tetap melakukannya. Berikut ini beberapa alasan kenapa olahraga saat hangover tidak disarankan.

1. Dehidrasi

Saat hangover, Anda kemungkinan besar akan mengalami dehidrasi dan kekurangan mineral penting dalam tubuh seperti magnesium serta kalium. Pasalnya, alkohol akan meningkatkan produksi urin dengan cara menghambat kerja hormon antidiuretic atau vasopresin.

Jadi, semakin banyak alkohol yang Anda minum akan semakin banyak pula urine yang dihasilkan. Belum lagi olahraga juga akan membuat Anda berkeringat karena suhu tubuh Anda naik. Nah, hal tersebutlah yang bisa membuat Anda lebih rentan mengalami dehidrasi yang pada akhirnya bisa memperburuk kondisi Anda.

2. Menurunkan kadar gula darah

Yang lebih berbahaya, minum minuman beralkohol meskipun hanya satu gelas bisa menurunkan kadar gula darah Anda. Akibatnya, ini akan menyebabkan tubuh Anda terasa lemas dan berisiko mengalami cedera.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian mengatakan bahwa olahraga saat hangover tidak akan efektif untuk membakar kalori. Pasalnya, tubuh Anda akan cenderung membakar lebih sedikit kalori selama olahraga karena alkohol membatasi kemampuan otot untuk mengolah dan menggunakan glukosa (gula), yang diketahui sebagai sumber energi utama tubuh.

3. Meningkatkan risiko cedera

Seperti yang sudah disinggung di atas, hangover akan memunculkan sekumpulan gejala seperti sakit kepala, pusing, mual, mengantuk, tidak enak badan, dan berbagai efek buruk lainnya. Nah, berbagai efek buruk tersebut akan membuat Anda kesulitan berkonsentrasi. Akibatnya, tubuh Anda mungkin tidak akan bekerja dengan baik sehingga membuat Anda berisiko lebih tinggi mengalami cedera.

4. Kelelahan ekstrem

Mabuk akan menguras tenaga Anda. Nah, tubuh yang sudah stres dan kelelahan ini akan semakin tidak berdaya ketika Anda memaksakan diri untuk berolahraga di pagi hari. Ingat, memaksakan diri untuk berolahraga saat tubuh sedang tidak dalam keadaan bugar tidak akan membuat kondisi Anda jadi lebih baik. Itu sebabnya, istirahatlah sejenak sebelum Anda memulai rutinitas gym kembali.

5. Menghambat pertumbuhan otot

Efek alkohol pada hati bisa menyebabkan pasokan oksigen berkurang, yang mana bisa mengganggu produksi Adenosin trifosfat (ATP), yaitu sumber energi langsung untuk otot. Tidak hanya itu, hal tersebut pun bisa menyebabkan penurunan kadar homon pertumbuhan manusia (HGH). Hormon tersebut membantu tubuh membangun otot.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Penyebab payudara sakit kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, apakah anggapan itu benar? Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kanker Payudara, Kanker 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit