home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Tidak Dianjurkan Olahraga Saat Hangover?

Kenapa Tidak Dianjurkan Olahraga Saat Hangover?

Efek samping paling umum dari mabuk alkohol adalah hangover. Itu sebabnya, apabila semalam Anda habis mabuk-mabukan, sebaiknya berpikir ulang untuk datang ke gym di pagi hari. Pasalnya, olahraga saat hangover justru akan memperburuk kondisi tubuh Anda. Mengapa bisa begitu? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Sekilas tentang hangover

Orang yang mabuk alkohol biasanya akan memunculkan sekumpulan gejala hangover yang biasanya baru muncul pada pagi hari atau beberapa jam setelah mabuk. Tanda dan gejala hangover terdiri dari sakit kepala, tidak enak badan, pusing, mengantuk, badan lemas, kebingungan, hingga sangat haus.

Sampai saat ini ilmuwan dan dokter belum sepenuhnya memahami apa penyebab pasti dari hangover. Meski begitu, para ahli percaya bahwa hangover merupakan efek samping dari sistem imun tubuh yang kewalahan akibat kadar alkohol yang melebihi batas toleransi. Kebanyakan orang mengalami hangover saat mereka menenggak kebanyakan alkohol yang dalam satu waktu.

Seseorang bisa saja hangover selama seharian. Namun, kondisi ini umumnya berbeda-beda pada setiap orang. Pasalnya, tingkat keparahan hangover akan bergantung pada tingkat alkohol dalam darah (blood alcohol concentration) serta seberapa cepat dan banyak seseorang minum alkohol.

Lantas apa boleh olahraga saat hangover?

Anda mungkin berpikir kalau olahraga bisa menyegarkan badan dan pikiran Anda setelah mabuk semalam. Namun, olahraga saat hangover bukan ide yang baik. Bahkan, ini bisa jadi hal yang berbahaya apabila Anda tetap melakukannya. Berikut ini beberapa alasan kenapa olahraga saat hangover tidak disarankan.

1. Dehidrasi

Saat hangover, Anda kemungkinan besar akan mengalami dehidrasi dan kekurangan mineral penting dalam tubuh seperti magnesium serta kalium. Pasalnya, alkohol akan meningkatkan produksi urin dengan cara menghambat kerja hormon antidiuretic atau vasopresin.

Jadi, semakin banyak alkohol yang Anda minum akan semakin banyak pula urine yang dihasilkan. Belum lagi olahraga juga akan membuat Anda berkeringat karena suhu tubuh Anda naik. Nah, hal tersebutlah yang bisa membuat Anda lebih rentan mengalami dehidrasi yang pada akhirnya bisa memperburuk kondisi Anda.

2. Menurunkan kadar gula darah

Yang lebih berbahaya, minum minuman beralkohol meskipun hanya satu gelas bisa menurunkan kadar gula darah Anda. Akibatnya, ini akan menyebabkan tubuh Anda terasa lemas dan berisiko mengalami cedera.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian mengatakan bahwa olahraga saat hangover tidak akan efektif untuk membakar kalori. Pasalnya, tubuh Anda akan cenderung membakar lebih sedikit kalori selama olahraga karena alkohol membatasi kemampuan otot untuk mengolah dan menggunakan glukosa (gula), yang diketahui sebagai sumber energi utama tubuh.

3. Meningkatkan risiko cedera

Seperti yang sudah disinggung di atas, hangover akan memunculkan sekumpulan gejala seperti sakit kepala, pusing, mual, mengantuk, tidak enak badan, dan berbagai efek buruk lainnya. Nah, berbagai efek buruk tersebut akan membuat Anda kesulitan berkonsentrasi. Akibatnya, tubuh Anda mungkin tidak akan bekerja dengan baik sehingga membuat Anda berisiko lebih tinggi mengalami cedera.

4. Kelelahan ekstrem

Mabuk akan menguras tenaga Anda. Nah, tubuh yang sudah stres dan kelelahan ini akan semakin tidak berdaya ketika Anda memaksakan diri untuk berolahraga di pagi hari. Ingat, memaksakan diri untuk berolahraga saat tubuh sedang tidak dalam keadaan bugar tidak akan membuat kondisi Anda jadi lebih baik. Itu sebabnya, istirahatlah sejenak sebelum Anda memulai rutinitas gym kembali.

5. Menghambat pertumbuhan otot

Efek alkohol pada hati bisa menyebabkan pasokan oksigen berkurang, yang mana bisa mengganggu produksi Adenosin trifosfat (ATP), yaitu sumber energi langsung untuk otot. Tidak hanya itu, hal tersebut pun bisa menyebabkan penurunan kadar homon pertumbuhan manusia (HGH). Hormon tersebut membantu tubuh membangun otot.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Should You Exercise With a Hangover? – https://www.verywell.com/should-i-exercise-with-a-hangover-1231205 diakses pada 4 November 2017

Should You Work Out With A Hangover? Drinking Alcohol Affects Energy, Muscle Growth – http://www.medicaldaily.com/should-you-work-out-hangover-drinking-alcohol-affects-energy-muscle-growth-396170 diakses pada 4 November 2017

Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 21/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x