home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ini Akibatnya Jika Anda Tidak Mengganti Pakaian Dalam Setelah Olahraga

Ini Akibatnya Jika Anda Tidak Mengganti Pakaian Dalam Setelah Olahraga

Olahraga akan membuat sekujur tubuh banjir keringat, terlebih pada area tertutup seperti selangkangan. Keringat yang terperangkap akan membuat pakaian dalam lembap dan menjadi tempat yang ideal untuk jamur dan bakteri tumbuh. Jadi, Anda harus segera mengganti pakaian dalam setelah olahraga jika tidak ingin mengalami kondisi berikut.

Akibat tidak mengganti pakaian dalam setelah olahraga

1. Meningkatkan risiko infeksi jamur ragi bagi wanita

Jika Anda seorang wanita yang sangat aktif dan selalu olahraga rutin, Anda harus sering mengganti pakaian dalam setelah berolahraga. Jamur ragi senang tumbuh di lingkungan lembap dan gelap, terlebih bila pakaian dalam Anda terbuat dari bahan sintetis seperti nilon. Jika tidak, Anda berisiko mengalami infeksi jamur ragi pada bagian luar maupun dalam vagina.

2. Memicu infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih terjadi akibat perpindahan bakteri dari anus ke vagina. Risikonya bahkan lebih tinggi bila Anda sering bersepeda. Guna mencegahnya, Anda disarankan untuk segera mandi dan mengganti pakaian dalam begitu selesai berolahraga. Pastikan seluruh tubuh Anda juga kering seutuhnya.

3. Menimbulkan iritasi

Kebiasaan tidak mengganti pakaian dalam setelah olahraga juga dapat menyebabkan iritasi dan ruam pada lipatan kulit yang disebut intertriginosa. Kondisi ini dapat terjadi di ketiak, perut, bagian bawah payudara, serta selangkangan. Iritasi pada daerah lipatan seringkali disertai dengan infeksi jamur dan bakteri.

4. Menyebabkan masalah kulit

Masalah kulit tidak hanya dapat muncul di wajah, tapi juga selangkangan bila Anda tidak mengganti pakaian dalam setelah olahraga. Keringat, kotoran, dan minyak yang terperangkap pada pakaian dalam akan menyumbat pori-pori, menyebabkan kemerahan dan iritasi, serta meningkatkan risiko infeksi. Hasilnya adalah masalah kulit dan jerawat pada area sensitif Anda.

5. Meningkatkan risiko balanitis pada laki-laki

Jamur ragi dan bakteri aktif berkembang di area selangkangan yang lembap dan gelap. Jika dibiarkan, hal ini dapat memicu peradangan pada kepala penis yang disebut balanitis. Meskipun lebih umum terjadi pada pria yang belum disunat, balanitis juga bisa terjadi jika Anda tidak menjaga kebersihan diri.

Mengganti pakaian dalam setelah berolahraga adalah hal yang amat penting, tapi mungkin masih disepelekan oleh kebanyakan orang. Padahal, kebiasaan buruk ini dapat menimbulkan masalah pada kesehatan Anda. Yuk, perbaiki kebiasaan dari sekarang agar tubuh Anda tidak hanya bugar, tapi juga bersih dan terawat.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Hazards of Lingering in Sweaty Clothes After Indoor Cycling. https://www.verywellfit.com/reasons-to-change-clothes-after-your-workout-4065203 Diakses pada 19 Februari 2019.

How Bad Is It to Sit in Your Sweaty Underwear After Working Out? https://www.glamour.com/story/sweaty-underwear-vagina Diakses pada 19 Februari 2019.

6 Gross & Dangerous Things That Happen If You Wear The Same Underwear Two Days in A Row. https://www.bustle.com/p/6-gross-dangerous-things-that-happen-if-you-wear-the-same-underwear-two-days-in-a-row-7647293 Diakses pada 19 Februari 2019.

Your Gross Workout Clothes Are Putting Your Penis at Risk. https://www.menshealth.com.au/sweaty-gym-clothes-yeast-infections-in-men Diakses pada 19 Februari 2019.

Intertrigo. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/guide/intertrigo-symptoms-causes-treatment-risk_factors_#1 Diakses pada 19 Februari 2019.

What is Balanitis? https://www.healthline.com/health/balanitis#causes Diakses pada 19 Februari 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 21/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x