home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Rajin Lari Bikin Tubuh Tambah Tinggi?

Benarkah Rajin Lari Bikin Tubuh Tambah Tinggi?

Olahraga merupakan salah satu hal yang memicu pertumbuhan, terutama pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan karena olahraga dapat memicu pengeluaran hormon pertumbuhan. Salah satu olahraga yang mungkin dapat memengaruhi tinggi badan adalah lari. Banyak orang beranggapan bahwa lari bikin tubuh tambah tinggi. Apakah hal ini benar?

Benarkah lari bikin tubuh tambah tinggi?

Lari merupakan salah satu olahraga yang dilakukan banyak orang untuk menambah tinggi badan. Namun, sebenarnya lari tidak langsung menambah tinggi badan Anda. Hal ini karena tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah olahraga. Lari hanya merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memicu pertumbuhan tinggi badan Anda, tapi tidak langsung dapat membuat tinggi badan Anda bertambah.

Lari memicu pengeluaran hormon pertumbuhan

Lari bikin tubuh tambah tinggi dengan cara memicu pengeluaran hormon pertumbuhan. Hormon inilah yang kemudian berperan dalam penambahan tinggi badan pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Tak hanya lari, olahraga lainnya juga dapat memicu pengeluaran hormon pertumbuhan.

Hormon pertumbuhan sebenarnya dilepaskan oleh tubuh anak sepanjang waktu. Namun, jumlah hormon pertumbuhan yang dilepaskan tubuh saat olahraga bisa lebih banyak daripada waktu lainnya. Hal ini mengapa lari dapat membantu menambah tinggi badan secara tidak langsung.

Lari dapat mendukung kesehatan tulang belakang dan memperbaiki postur

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan tulang belakang tertekan sehingga tulang sulit untuk memanjang atau bertambah tinggi. Terkadang, mungkin Anda tidak menyadari aktivitas yang Anda lakukan dapat memicu tekanan pada tulang belakang.

Lari merupakan olahraga yang dapat membuat postur tubuh Anda menjadi lebih baik sehingga tulang belakang Anda bebas dari tekanan dan bisa bertambah panjang. Memang, lari tidak menambah tinggi badan Anda secara langsung tetapi lari membantu Anda membangun postur tubuh yang baik, di mana postur tubuh memengaruhi tinggi badan Anda.

Selain berolahraga, hal lain yang dapat memengaruhi pertumbuhan tinggi badan adalah pemenuhan nutrisi dan tidur yang cukup. Jika dilakukan dengan baik, ketiga hal ini dapat membantu menambah tinggi badan anak di masa pertumbuhan (selain faktor genetik yang pasti memengaruhi). Sementara pada orang dewasa, olahraga, nutrisi, dan tidur mungkin tidak memengaruhi tinggi badan.

Manfaat lari lainnya

Tak hanya untuk membantu tubuh bertambah tinggi, namun lari juga mempunyai manfaat kesehatan lain bagi tubuh Anda. Lari merupakan olahraga paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Dengan berlari, Anda membuat tubuh Anda aktif. Sehingga, dapat membantu sirkulasi darah berjalan dengan baik. Tak heran, lari merupakan salah satu jenis latihan kardio yang baik untuk memelihara kesehatan jantung.

Selain itu, berlari juga membantu Anda membakar kalori sehingga mencegah penumpukan lemak dan kenaikan gula darah terjadi. Saat berlari, tubuh membakar gula dan/atau lemak untuk digunakan sebagai energi. Sehingga, dengan rutin berlari dibarengi dengan kontrol pola makan, maka hal ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Smith, K. Can Running Make You Grow Taller? | Physical activities medical answers | Well Being center | SteadyHealth.com. [online] Steadyhealth.com. Available at: http://www.steadyhealth.com/medical-answers/can-running-make-you-grow-taller [Accessed 26 Jul. 2017].

Height Increase Journal. [online] Available at: http://www.naturalheightgrowth.com/wp-content/uploads/2012/07/Free-Height_Increase_Journal-copy.pdf [Accessed 26 Jul. 2017].

The Active Times. (2015). How Running Changes Your Body. [online] Available at: https://www.theactivetimes.com/run-race/road/how-running-changes-your-body [Accessed 26 Jul. 2017].

Fass, B. (2013). Physical Exercises to Increase Height. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/94475-physical-exercises-increase-height/ [Accessed 26 Jul. 2017].

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 03/08/2017
x