Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Seberapa Besar Risiko Anda Menderita Kanker Serviks? Cari Tahu di Sini

Seberapa Besar Risiko Anda Menderita Kanker Serviks? Cari Tahu di Sini

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kanker serviks menempati urutan ke-2 sebagai penyakit kanker yang tertinggi di kalangan perempuan. Setiap tahunnya, diperkirakan ada lebih dari 30.000 kasus baru dan 20.000 kasus kematian akibat kanker ini. Kabar baiknya, bila terdeteksi lebih dini melalui skrining, kanker serviks bisa disembuhkan.

Jika ada anggota keluarga Anda yang mengidap kanker serviks, atau Anda khawatir bahwa Anda berisiko tinggi, ada baiknya Anda melakukan skrining kanker serviks.

Khawatir dengan kanker serviks? Mulai lakukan skrining

penderita kanker serviks

Setiap wanita yang telah melakukan hubungan seksual dapat berisiko terkena kanker serviks. Namun, ada kalanya kanker serviks juga menyerang orang-orang yang tidak pernah melakukan hubungan seks.

Seperti kanker pada umumnya, jarang sekali terdapat tanda dan gejala kanker serviks pada awal kemunculannya. Ketika gejala sudah muncul, mungkin kanker sudah berada di stadium lanjut.

Bila tidak ditangani, kanker serviks dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan menyebabkan komplikasi.

Penyakit ini juga dapat memengaruhi kemampuan perempuan untuk hamil, sebab perawatannya dapat melibatkan pengangkatan rahim, saluran tuba, atau ovarium.

Guna mengurangi risiko komplikasi dan kebutuhan perawatan invasif, penting sekali untuk mendeteksi kanker serviks sedini mungkin. Alat skrining kanker serviks di Hello Sehat dapat membantu mengetahui seberapa besar risiko Anda terhadap penyakitnya.

Manfaat menggunakan skrining kanker serviks di Hello Sehat

Manfaat utama dari skrining kanker serviks kami adalah membantu Anda untuk memperkirakan faktor risiko Anda.

Dengan menjawab beberapa pertanyaan, Anda dapat mengukur apakah Anda perlu mengunjungi dokter sesegera mungkin atau cukup melanjutkan pola hidup sehat dan menjalani pemeriksaan rutin.

Skrining kanker serviks kami:

  • gratis,
  • bersifat rahasia,
  • sudah diverifikasi dokter, serta
  • cepat dan mudah, Anda hanya butuh beberapa menit untuk menyelesaikannya.

Cara pakai alat skrining kanker serviks

ketergantungan HP

Untuk menggunakan alat skrining kanker serviks, Anda dapat menuju halaman ini. Atau, Anda juga dapat menemukannya di akhir artikel ini.

Klik tombol “Mulai”, lalu Anda akan diminta menjawab pertanyaan pertama tentang usia Anda. Dari sini, penilaian risiko dan saran untuk mengurangi kemungkinan terkena kanker serviks akan disesuaikan dengan setiap jawaban Anda.

Setelah memilih jawaban, pertanyaan berikutnya akan muncul secara otomatis.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang akan diajukan selama skrining.

  • Riwayat atau kebiasaan merokok Anda.
  • Pola makan.
  • Prosedur bedah yang pernah Anda jalani.
  • Waktu ketika Anda melakukan hubungan seksual pertama.
  • Jumlah anak yang dilahirkan.
  • Metode kontrasepsi yang Anda gunakan.

Memaksimalkan alat skrining risiko kanker serviks

Untuk memanfaatkan alat skrining sebaik-baiknya, perhatikan saran-saran yang tertera di setiap pertanyaan.

Rekomendasi tentang cara membantu menurunkan risiko kanker serviks telah ditinjau dan disetujui oleh ahli onkologi, dokter yang berspesialisasi dalam mengobati kanker.

Ketika mengunjungi dokter, diskusikan saran yang diberikan agar Anda bisa melakukan hal yang lebih baik untuk mengurangi risiko kanker serviks.

Pengingat terakhir

Meski alat skrining telah ditinjau dan disetujui secara medis, perlu diketahui bahwa hasilnya hanya bertujuan untuk memberikan informasi. Hasil skrining di Hello Sehat tidak dapat menggantikan saran medis dari dokter.

Perhatikan juga gejala-gejala kanker serviks berikut ini.

  • Perdarahan di antara periode menstruasi atau setelah menopause.
  • Menstruasi yang lebih lama atau lebih berat dari biasanya.
  • Perdarahan selama atau setelah berhubungan seksual dari pemeriksaan panggul.
  • Hubungan seksual terasa menyakitkan.
  • Nyeri panggul yang tidak dapat dijelaskan.

Bila Anda mengalaminya, segera berkonsultasi dengan dokter. Gejala tersebut bisa jadi merupakan tanda kanker serviks.

Ikhtisar

Alat skrining kanker serviks Hello Sehat adalah alat untuk menilai risiko Anda terhadap kanker serviks yang telah diverifikasi secara medis.

Alat ini hanya membutuhkan jawaban Anda pada serangkaian pertanyaan dan akan memberikan penjelasan serta rekomendasi mengenai risiko Anda. Dengan alat skrining ini, Anda dapat lebih menjaga kesehatan tubuh.

Cari tahu lebih lanjut tentang kanker serviks di sini.

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Indonesia – Global Cancer Observatory. (2020). World Health Organization. Retrieved April 22, 2022, from https://gco.iarc.fr/today/data/factsheets/populations/360-indonesia-fact-sheets.pdf

Cervical cancer screening in low-income countries: a report on the implementation of cervical screening in Luzon, Philippines. Retrieved April 22, 2022, from https://www.joghr.org/article/14149-cervical-cancer-screening-in-low-income-countries-a-report-on-the-implementation-of-cervical-screening-in-luzon-philippines,

Cervical Cancer. (2021). Health Direct. Retrieved April 22, 2022, from https://www.healthdirect.gov.au/cervical-cancer#complications,

Cervical Cancer: Symptoms and Signs. (2020). Cancer.Net. Retrieved April 22, 2022, from https://www.cancer.net/cancer-types/cervical-cancer/symptoms-and-signs

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui 4 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa