Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Hindari 4 Kebiasaan Ini Jika Ingin Turunkan Darah Tinggi dan Kadar Trigliserida Secara Alami

DISPONSORI OLEH:

Hindari 4 Kebiasaan Ini Jika Ingin Turunkan Darah Tinggi dan Kadar Trigliserida Secara Alami

Tekanan darah tinggi dan kondisi kadar lemak darah berlebih dapat terjadi dengan berbagai faktor penyebab yang kerap tidak disadari oleh banyak orang. Sebagai contoh, pola makan tidak seimbang, kurang aktivitas olahraga, konsumsi alkohol berlebihan, hingga bertambahnya usia.

Akibatnya, ada banyak kematian bermunculan akibat terserang penyakit-penyakit berbahaya yang berawal dari tekanan darah tinggi maupun kondisi lemak darah berlebih, seperti stroke. Namun, risiko bahaya dari kondisi tersebut dapat dikurangi dengan menghindari beberapa kebiasaan di bawah ini.

Kebiasaan yang wajib dihindari oleh penderita darah tinggi

menu buka puasa sehat hipertensi

Penderita darah tinggi pada umumnya memiliki beberapa pantangan yang harus dipatuhi sebagai upaya untuk mencegah tekanan darah tinggi agar kondisi tidak berakhir memburuk.

Berikut ini juga termasuk hal-hal yang menjadi kebiasaan dan harus dihindari oleh para penderita darah tinggi.

Konsumsi makanan tinggi sodium

Makanan tinggi sodium atau tinggi garam seperti fast food merupakan salah satu hal yang harus dihindari penderita darah tinggi.

Pengurangan natrium dalam makanan dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi sekitar 5 sampai 6 mm Hg.

Sebaliknya, jika konsumsi sodium tidak dikontrol atau dihindari maka hal tersebut dapat berdampak buruk pada tekanan darah.

Untuk mengurangi asupan sodium, gunakan rempah sebagai pengganti garam dan hilangkan kebiasaan mengonsumsi makanan olahan.

Tidak membatasi asupan karbohidrat, daging, dan lemak

Asupan karbohidrat, daging, atau lemak yang terlalu berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan, khususnya penderita hipertensi.

Hal tersebut dapat memicu obesitas yang sangat berpengaruh pada tekanan darah tinggi.

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan tekanan darah lebih tinggi, karena berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

Peningkatan risiko penyakit jantung bisa terjadi ketika bertambahnya kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan turunnya kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Kurang mengonsumsi buah-buahan dan sayuran

Khasiat buah-buahan dan sayuran yang melimpah sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga dapat membantu mengatasi ragam masalah kesehatan.

Kalium merupakan salah satu kandungan dalam buah dan sayuran yang dapat membantu menurunkan darah tinggi.

Beberapa buah-buahan dan sayuran kaya kalium yang bisa jadi rekomendasi ialah, pisang, melon, jeruk, aprikot, alpukat, tomat, sayuran hijau, kentang dan ubi jalar.

Tidak rutin beraktivitas fisik

Aktivitas fisik pun berkaitan erat dengan kondisi tubuh penderita darah tinggi. Pasalnya, aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 5 sampai 8 mm Hg.

Jika tidak rutin melakukannya, maka tekanan darah akan sulit menurun. Rangkaian olahraga sederhana yang bisa mudah dicoba adalah latihan aerobik, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, dan berenang.

Cara menurunkan lemak darah secara alami

Metildopa adalah

Lemak darah (trigliserida) memiliki kemiripan dengan kolesterol, karena kadarnya tergantung pada bagaimana jenis makanan yang dikonsumsi.

Ketika kadar lemak darah berada pada angka normal, maka tubuh akan menggunakannya sebagai energi.

Namun, ketika jumlah trigliserida terlalu banyak, sisa dari energi yang digunakan akan tertimbun sebagai lemak kemudian berpotensi menyebabkan kelebihan berat badan atau mengalami diabetes tipe 2.

Maka dari itu, penting untuk dapat mengetahui apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar lemak darah dengan cara berikut ini.

  • Kurangi asupan gula dan karbohidrat, misalnya makanan manis, nasi dan aneka olahan tepung.
  • Konsumsi karbohidrat utuh dan perbanyak serat dari buah serta sayur-sayuran.
  • Kurangi atau hindari minum-minuman keras seperti alkohol.

Untuk hasil yang lebih optimal, tekanan darah tinggi serta kondisi lemak darah berlebih dalam tubuh dapat diatasi dengan bahan alami atau herbal seperti daun seledri dan bawang putih.

Agar tidak repot, Anda dapat mengonsumsinya dengan sediaan kapsul yang lebih praktis seperti Sido Muncul Celery dan Sido Muncul Garlic.

Sido Muncul Celery diformulasi dari 100% ekstrak daun seledri yang bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Di dalam seledri, terdapat kandungan fitokimia yang dapat berfungsi melemaskan jaringan dinding arteri yang berperan untuk meningkatkan aliran darah sehingga tekanan darah dapat menurun.

Sementara itu, Sido Muncul Garlic memiliki kandungan ekstrak bawang putih terstandar dengan kadar zat aktif 3,25% Aliin.

Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi lemak darah karena senyawa hidrofilik dan hidrofobik dalam bawang putih menghambat sintesis kolesterol.

Kedua varian herbal dari Sido Muncul Natural ini dikemas menggunakan cangkang kapsul alami (vegetable capsules) sehingga dapat dikonsumsi semua kalangan termasuk vegetarian.

sido muncul garlic & celery

Sido Muncul sebagai perusahaan jamu terbesar di Indonesia, telah berpengalaman lebih dari 70 tahun dalam memproduksi produk herbal.

Proses produksi dilakukan di pabrik modern dan higienis berstandar GMP (Good Manufacturing Practices), serta telah melalui uji laboratorium bersertifikasi ISO.

Tahapan ekstraksi dilakukan dengan suhu rendah di bawah 60 °C agar zat aktif yang terkandung tetap stabil.

Selain itu, semua produk sudah memiliki sertifikat halal. Ini merupakan komitmen Sido Muncul untuk memastikan agar semua produk terjamin kualitasnya.

Selain kedua produk di atas, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan lewat varian herbal unggulan dari Sido Muncul Natural seperti HerbaMix5, Sambiloto, Sari Kunyit, Bilberry Carrot, Ginkgo Biloba, dan Tolak Angin Mint Soft Capsule.

Sido Muncul Natural juga memiliki beragam varian suplemen seperti Vitamin D3, Vitamin E, Fish Oil, dan Coenzyme Q10.

Dapatkan segera rangkaian produk Sido Muncul Natural di Watsons, Boots, Apotek Wellings, Century, Ranch Market, Farmers Market, AEON Supermarket, Lulu Hypermarket, Grand Lucky, Viva Health, apotek, dan toko obat terdekat.

Selain itu, Anda juga dapat membelinya secara online melalui www.sidomunculstore.com dan dan official store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, dan JD.id.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Miaomiao Niu, Liying Zhang, Yikang Wang, Runqi Tu, Xiaotian Liu, Chongjian Wang, Ronghai Bie (2021). Lifestyle Score and Genetic Factors With Hypertension and Blood Pressure Among Adults in Rural China. Sec. Life-Course Epidemiology and Social Inequalities in Health. doi.org/10.3389

Cleveland Clinic. (2020) |  Celery May Help Bring Your High Blood Pressure Down. Diakses pada 20 Juli 2022  https://health.clevelandclinic.org/celery-may-help-bring-your-high-blood-pressure-down/ 

Cleveland Clinic. (2021) | How To Lower Your Triglycerides Naturally. Diakses pada 21 Juli 2022 https://health.clevelandclinic.org/how-to-lower-your-triglycerides-naturally/ 

Obesity Action Coalition. (2009) | Hypertension and Obesity: How Weight-loss Affects Hypertension. Diakses pada 21 Juli 2022  https://www.obesityaction.org/resources/hypertension-and-obesity-how-weight-loss-affects-hypertension/ 

Penn Medicine. (2022)  |  5 Natural Ways to Lower Blood Pressure . Diakses pada 21 Juli 2022  https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2020/january/lower-blood-pressure-naturally 

Mayo Clinic. (2022)  |  10 ways to control high blood pressure without medication . Diakses pada 21 Juli 2022  

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/in-depth/high-blood-pressure/art-20046974

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adelia Dwitasari Diperbarui 2 days ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto