Ragam Vitamin dan Suplemen untuk Melancarkan Peredaran Darah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Aliran darah yang lancar adalah awal dari tubuh yang sehat dan bugar. Selama ini, cara melancarkan aliran darah yang paling umum adalah berolahraga dan makan makanan bergizi seimbang. Selain kedua cara tersebut, ternyata ada pula suplemen dan vitamin yang dinilai bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

Simak informasi berikut untuk mengetahui ragam jenisnya.

Ragam vitamin dan suplemen pelancar aliran darah

Anda sebenarnya dapat memperoleh vitamin, mineral, dan berbagai zat penting untuk melancarkan aliran darah dari makanan. Meski begitu, tak ada salahnya mengonsumsi vitamin dan suplemen asalkan sesuai aturan dan aman bagi kesehatan.

Berikut beberapa vitamin dan suplemen yang Anda perlukan:

1. Vitamin B3

Sumber: The Washington Post

Vitamin B3 dapat melancarkan peredaran darah melalui tiga mekanisme. Antara lain menurunkan kolesterol jahat, mengurangi peradangan pada pembuluh darah, serta meningkatkan fungsi pembuluh dalam menyalurkan darah ke seluruh tubuh.

Vitamin bernama lain niasin ini secara alamiah terdapat dalam daging sapi, daging unggas, telur, serta ikan. Anda juga bisa memperolehnya dalam bentuk kapsul ataupun bubuk. Dosis maksimum bagi orang dewasa adalah 35 miligram per hari.

2. Zat besi

kekurangan zat besi

Tubuh memerlukan zat besi untuk membentuk banyak jaringan ikat. Salah satu jaringan tersebut menyusun dinding pembuluh darah dan berfungsi mengontrol tekanan darah. Fungsi ini dapat terganggu bila Anda kekurangan asupan zat besi.

Ini sebabnya Anda tidak hanya memerlukan vitamin, tapi juga suplemen mineral untuk melancarkan peredaran darah. Zat besi bisa diperoleh dari daging merah, sayuran hijau gelap, serta suplemen dengan dosis maksimum tidak melebihi 45 gram per hari.

3. Asam lemak omega-3

Manfaat minyak ikan adalah
Sumber: Very Well

Sebuah studi dalam International Journal for Vitamin and Nutrition Research membahas manfaat suplemen minyak ikan kaya omega-3. Hasilnya, pria yang meminum suplemen selama 4 pekan mengalami peningkatan aliran darah pada kaki setelah berolahraga.

Asam lemak omega-3 memicu produksi nitrat oksida dalam tubuh. Proses ini membuat pembuluh darah menjadi rileks sehingga aliran darah bertambah lancar. Meski begitu, tetap batasi asupan suplemen Anda agar tidak melebihi 3 gram per hari.

4. L-arginine

kacang menurunkan berat badan

L-arginine adalah asam amino yang secara alamiah terdapat pada kacang-kacangan dan daging. Senyawa ini memiliki cara kerja yang sama dengan asam lemak omega-3, yakni memicu pelepasan nitrat oksida sehingga pembuluh darah menjadi rileks.

Meski begitu, L-arginine baru efektif untuk melancarkan peredaran darah bila disertai  dengan konsumsi vitamin B6, B9, dan B12. Jadi, pastikan Anda juga mengonsumsi makanan kaya vitamin B kompleks untuk memperoleh manfaat suplemen L-arginine.

5. Quercetin

manfaat bawang bombay

Quercetin adalah senyawa antioksidan dari kelompok flavonoid. Senyawa khas dalam bawang bombai ini mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah serta mencegah pembentukan plak kolesterol yang mempersempit dinding pembuluh.

Pada sebuah penelitian dalam Journal of the American College of Nutrition, pria yang diberikan quercetin selama 30 hari mengalami efek positif usai mengonsumsi suplemen ini. Pembuluh darah mereka melebar dan peredaran darah mereka pun menjadi lancar.

Ada beragam vitamin, mineral, dan suplemen yang dinilai efektif untuk melancarkan peredaran darah. Apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis dan cara penggunaannya.

Tidak hanya mengonsumsi suplemen, Anda juga perlu rutin berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat untuk memperoleh hasil optimal. Jauhi kebiasaan merokok serta cukupi kebutuhan air agar tubuh Anda semakin sehat dan bugar.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

10 Gejala Peredaran Darah Tidak Lancar dan Berbagai Penyebabnya

Peredaran darah yang tidak lancar harus segera di atasi. Lantas, seperti apa gejala dari aliran darah yang tidak lancar? Baca selengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Jantung 28 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Hematohidrosis Adalah Keringat Berdarah, Apa Penyebabnya?

Seorang wanita berusia 21 tahun asal Italia dilaporkan mengeluarkan keringat darah dari wajah dan telapak tangannya. Lho, apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Kulit Anda Sering Bermasalah? Bisa Jadi Karena Peredaran Darah Tidak Lancar

Kulit kusam, berbintik, kering, dan berjerawat? Mungkin penyebabnya adalah sirkulasi darah yang buruk. Bagaimana sirkulasi bisa membuat kulit lebih sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Kulit 24 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

vitamin pria untuk program hamil

3 Suplemen Penambah Hormon Testosteron untuk Para Pria

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Yuk, Jauhi Penyakit Dengan 5 Langkah Melancarkan Peredaran Darah

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu Lestari
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
anatomi tubuh manusia

Anatomi Tubuh Manusia: Mengenal Sistem-Sistem Organ Manusia

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
komponen darah tes darah

4 Macam Komponen Darah Manusia dan Fungsinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit