Apa Saja Persiapan Sebelum Melakukan Ekokardiografi?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Ekokardiografi atau dikenal sebagai USG jantung merupakan prosedur untuk melihat kerja jantung. Bagi Anda yang belum pernah melakukan prosedur ini mungkin bertanya-tanya, adakah persiapan sebelum ekokardiografi yang perlu dilakukan? Untuk itu, simak ulasan berikut ini dengan mengenal terlebih dahulu jenis-jenis ekokardiografi.

Sekilas tentang ekokardiografi

Ekokardiografi adalah tes yang menggunakan ultrasound untuk mengevaluasi jantung Anda. Biasanya dokter memerlukan ekokardiografi untuk melihat keseluruhan fungsi jantung Anda, termasuk melihat fungsi katup serta mendeteksi penyakit pada jantung. Ada beberapa jenis ekokardiografi, yaitu:

Ekokardiografi transtorakal

Prosedur ini merupakan pemeriksaaan jantung standar dengan menempelkan transduser (perangkat mirip USG kehamilan)  pada dada dan mentransmisikan gelombang suara frekuensi tinggi (ultrasound). Gelombang suara ini akan memantul dan menghasilkan gambar serta suara yang bisa digunakan oleh dokter untuk mengamati struktur jantung, menilai fungsinya, serta mendeteksi kerusakan dan penyakit pada jantung.

Ekokardiografi transesofagus

Tes ini mengharuskan transduser dimasukkan ke dalam kerongkongan karena kerongkongan terletak dekat dengan jantung, maka dokter bisa mendapatkan gambaran jelas dari struktur jantung tanpa terhalangi paru-paru dan dada. Jenis ekokardiografi ini diperlukan pada beberapa kondisi jantung untuk melihat bagian tertentu dari jantung dengan lebih jelas.

Stress ekokardiografi

Tes ini juga disebut stress test, dilakukan dengan cara memvisualisasikan gerak dinding jantung saat kondisi stres. Tes ini biasanya dilakukan dengan meminta pasien berjalan di atas treadmill. Pemeriksaan ini dapat memberikan informasi apakah jantung Anda memiliki asupan darah dan oksigen yang cukup dari sirkulasi saat terjadi stres fisik yang mungkin tidak muncul pada EKG saat istirahat. Ekokardiografi dilakukan sesaat sebelumnya dan sesaat setelah latihan.

Dobutamin stress ekokardiografi

Prosedur ini adalah bentuk lain dari stress ekokardiografi. Bedanya, stres ini didapatkan dengan memberi obat yang merangsang jantung dan membuatnya berpikir bahwa ia sedang berolahraga. Tes ini digunakan untuk mengevaluasi fungsi jantung dan katup saat Anda tidak dapat berolahraga di atas treadmill.

Hal ini juga digunakan untuk menentukan seberapa baik jantung Anda dalam menolerir aktivitas dan kemungkinan Anda terkena penyakit arteri koroner serta menilai seberapa efektif rencana pengobatan jantung Anda.

USG intravaskular

Merupakan tes yang dilakukan selama katerisasi jantung. Selama prosedur ini, transduser dimasukkan ke pembuluh darah jantung melalui kateter di selangkangan. Hal ini sering digunakan untuk memberikan informasi rinci tentang aterosklerosis (penyumbatan) di dalam pembuluh darah.

ekokardiografi

Apa saja persiapan sebelum ekokardiografi?

Beda tipe ekokardiografi, maka berbeda pula persiapannya. Persiapan sebelum ekokardiografi dapat Anda tanyakan kepada dokter yang bersangkutan. Namun, umumnya ada beberapa persiapan sebelum ekokardiografi yang biasanya diperintahkan, yaitu:

Ekokardiografi transtorakal

Prosedur ini tidak memerlukan persiapan apapun sebelumnya. Anda bisa makan, minum, dan minum obat sesuai yang diresepkan dokter seperti biasanya.

Ekokardiografi transesofagus

Pada prosedur ini biasanya dokter meminta Anda untuk melakukan beberapa hal, yaitu:

  • Tidak makan dan minum setidaknya 6 jam sebelum tes. Hal ini dilakukan untuk menghindari muntah yang mungkin terjadi selama prosedur karena memasukkan alat ke dalam kerongkongan. Namun, Anda diperbolehkan untuk sikat gigi sebelumnya.
  • Anda juga perlu memberi tahu dokter jika mengalami masalah dalam menelan, karena hal ini dapat memengaruhi keputusan dokter untuk melakukan prosedur ini.
  • Mintalah dampingan dari keluarga atau orang terdekat Anda ketika datang ke rumah sakit untuk melakukan prosedur ini. Ekokardiografi transesofagus menggunakan obat penenang dalam prosesnya sehingga Anda dipastikan tidak akan bisa mengendarai kendaraan sendiri setelahnya.
  • Beritahukan pada dokter jika Anda memakai gigi palsu agar dokter dapat melepasnya terlebih dahulu.

Stress ekokardiografi

Sumber: https://www.rd.com/health/wellness/stress-test/

Sebelum melakukan prosedur ini ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, yaitu:

  • Tidak makan dan minum apa pun kecuali air putih empat jam sebelum tes dimulai.
  • Jangan makan atau minum produk berkafein seperti soda, kopi, dan teh selama 24 jam sebelum tes berlangsung. Termasuk obat bebas yang mengandung kafein karena zat tersebut dapat menganggu hasil tes Anda.
  • Jangan minum obat jantung selama 24 jam sebelum tes dimulai, kecuali dokter yang menyarankan atau obat tersebut diperlukan untuk mengobati ketidaknyamanan pada dada Anda seperti Beta-blocker (Tenormin, Lopressor, Toprol, atau Inderal), Isosorbide dinitrate (Isordil, Sorbitrate), Isosorbide mononitrate (Ismo, Indur, Monoket), Nitrogliserin (Deponit, Nitrostat, Nitropatch).
  • Dokter Anda mungkin juga meminta Anda untuk berhenti minum obat jantung lainnya pada saat tes. Intinya, jangan hentikan pengobatan apapun tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda.
  • Gunakan pakaian serta sepatu yang nyaman untuk melakukan tes ini.
  • Jika Anda menggunakan inhaler untuk membantu pernapasan, maka bawalah saat tes.

Dobutamin stress ekokardiografi

Persiapan sebelum melakukan tes ini mirip dengan stress ekokardiografi, yaitu:

  • Tidak makan dan minum apa pun kecuali air putih empat jam sebelum tes dimulai.
  • Jangan makan atau minum produk berkafein seperti soda, kopi, teh, atau obat-obatan dengan kafein selama 24 jam sebelum tes berlangsung.
  • Jika Anda memiliki alat pacu jantung, maka konsultasikan pada dokter Anda untuk mengetahui instruksi selanjutnya.
  • Jangan merokok di hari saat tes berlangsung karena nikotin akan memengaruhi hasil tes.
  • Jangan meminum obat yang dapat memperlambat jantung selama 48 jam sebelum tes di mulai, termasuk beta blocker.
  • Gunakan pakaian serta sepatu yang nyaman untuk melakukan tes ini.
  • Bawa semua obat yang Anda punya saat tes berlangsung.
  • Jangan melakukan aktivitas berat sehari sebelum tes berlangsung.

USG intravaskular

Berikut ini persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan USG intravaskular:

  • Jangan makan atau minum apa pun selama empat sampai delapan jam sebelumnya. Namun hal ini tergantung pada dokter Anda, konsultasikan hal ini sebelumnya.
  • Beritahukan pada dokter mengenai obat yang Anda konsumsi dan penyakit apa saja yang Anda derita.
  • Jika Anda dalam kondisi hamil, beritahukan pada dokter Anda apakah prosedur ini aman untuk janin. Hal sama perlu Anda tanyakan jika Anda dalam kondisi menyusui.
  • Ada biasanya diminta untuk melepaskan pakaian dan menggantinya dengan baju yang disediakan. Biasanya Anda juga diminta untuk melepas semua benda logam yang ada di tubuh yang dapat mengganggu gambar X-ray.
  • Mintalah dampingan dari keluarga dan orang terdekat ketika melakukan prosedur ini karena Anda biasanya akan diberikan obat penenang dan tidak bisa pulang sendirian. Sehingga Anda membutuhkan dampingan.

Anda harus melakukan persiapan sebelum ekokardiografi sesuai dengan tipe prosedur yang Anda jalankan. Jangan sungkan untuk berkonsultasi pada dokter jika ada hal-hal yang masih mengganjal di pikiran Anda terkait prosedur ini.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Pil KB berhubungan dengan hormon. Itu sebabnya, saat Anda memutuskan untuk berhenti minum pil KB akan muncul berbagai efek samping. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Seksual, Kontrasepsi 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Waspadai 3 Ciri Tipes yang Sudah Parah Agar Tidak Berakibat Fatal

Tipes yang parah bisa berakibat fatal jika tidak cepat-cepat ditangani. Satu dari 5 orang bisa meninggal karena tipes. Seperti apa ciri tipes yang parah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 4 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

Beberapa orang ada yang memiliki hidung kurang sensitif sehingga sulit mencium bau yang ada di sekitarnya. Kenapa bisa begitu, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Sebagai orangtua, Anda perlu tau bedanya anak yang aktif dan hiperaktif. Yuk, kenali tanda dan cara mengatasi anak hiperaktif!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesehatan Anak, Parenting 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara pakai termometer

Mengenal 4 Jenis Termometer yang Paling Umum, dan Cara Pakainya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
obat alami dan tradisional sakit gigi berlubang

7 Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
apa itu lucid dream

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mata Kucing Pada Anak? Waspada Gejala Kanker Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit