home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa yang Terjadi Jika Saya Minum Air Mentah?

Apa yang Terjadi Jika Saya Minum Air Mentah?

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, maka itu kebutuhan cairan tak boleh disepelekan. Mungkin di lingkungan Anda terdapat beberapa sumber air minum, tapi banyak orang yang lebih memilih menggunakan air keran atau air mentah untuk diminum yang tentunya lebih hemat. Namun, apa yang terjadi jika Anda minum air mentah dan tak dimasak dulu? Apa dampak yang akan terjadi?

Bolehkah minum air mentah?

Air mentah adalah air yang belum disaring, diproses, atau diolah sama sekali. Biasanya, untuk jadi air minum yang layak dan sehat, air mentah akan melalui beberapa proses menggunakan beberapa bahan kimia yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri serta zat-zat berbahaya.

Cara lain yang lebih sederhana, Anda bisa memasak air mentah tersebut hingga matang supaya semua bakteri di dalamnya mati. Bila air mentah langsung diminum saja tanpa diolah, bakteri tetap ada di dalam air dan sangat mungkin menginfeksi tubuh.

Setiap orang yang minum air mentah sangat mungkin terkena penyakit infeksi, tapi lansia dan anak-anak adalah kelompok yang lebih rentan. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh lansia dan anak-anak tidak begitu kuat, jadi bisa saja ‘kalah’ dalam melawan bakteri.

Maka itu, sebaiknya jangan minum air mentah langsung. Pastikan jika air yang keluarga Anda minum sudah melalui proses, sehingga tak ada lagi bakteri penyebab penyakit di dalamnya.

Apa saja bakteri yang terkandung dalam air mentah?

Menurut The Environmental Protection Agency (EPA), yakni instansi perlindungan lingkungan di Amerika Serikat, air minum yang berasal dari tanah, sungai, danau, dan lainnya telah terkena kontaminasi oleh banyak produk buangan binatang (feses ataupun urin), mikroba, atau polusi.

Untuk memastikan air minum Anda aman, EPA menetapkan peraturan bahwa air minum harus bebas lebih dari sekitar 90 kontaminan dari bahan kimia maupun bahan biologis (mikroba), seperti:

  • Kontaminan kimia: arsenik, timbal, tembaga, copper, radionuklida, dan bahan lainnya
  • Kontaminan mikroba: coliform, bakteri, parasit,

Meskipun air yang tidak diolah terlihat bersih, tapi jika Anda meminumnya bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tanpa proses sterilisasi, air yang tidak diolah atau tidak disaring akan mengandung mikroorganisme berbahaya seperti:

1. Giardia lamblia

Ini adalah parasit yang ditemukan di tanah, makanan, atau air yang akan berkoloni atau berkumpul di usus kecil manusia. Menurut penelitian-penelitian sebelumnya, G.Lambia bisa menimbulkan penyakit diare yang disebut dengan giardiasis.

2. Cryptosporidium

Ini adalah mikroorganisme yang berasal dari kotoran binatang yang menyebabkan diare, perut keram, dan mual.

3. Vibrio cholerae

Ini adalah mikroorganisme yang memang bersarang di air, jika tertelan maka vibrio cholerae dapat menyebabkan kolera, infeksi usus, diare, bahkan kematian.

Jadi, pastikan bahwa air minum Anda aman dari semua bakteri serta kuman penyakit tersebut supaya tidak terkena penyakit infeksi yang biasanya menyerang sistem pencernaan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Young Bernadette Young. 2018. What Is Raw Water and Should You Drink It?. [Online] Tersedia pada: https://www.everydayhealth.com/healthy-living/what-raw-water-should-you-drink-it/ (Diakses 14 Mei 2018)

Wilson Debra Rose. 2018. Is It Safe to Drink Raw Water?. [Online] Tersedia pada: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320892.php (Diakses 14 Mei 2018)

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tanggal diperbarui 23/02/2021
x