Terus pantau perkembangan soal COVID-19 di sini.

home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tak Cemas Berat Badan Naik, Ini Pilihan Camilan Selama di Rumah Saja

Tak Cemas Berat Badan Naik, Ini Pilihan Camilan Selama di Rumah Saja

Selama bekerja di rumah saat pandemik COVID-19 berlangsung, pasti selalu ada godaan untuk ngemil. Namun, apakah camilan yang Anda pilih termasuk cemilan yang tepat? Terkadang kita ingin memanjakan diri dengan banyak camilan yang enak namun tinggi lemak dan tinggi gula seperti gorengan, keripik, kue-kue manis, donat, dll. Padahal, belum tentu kandungan nutrisinya mendukung untuk kesehatan.

Lantas, camilan apa saja yang menjadi rekomendasi?

Apakah camilan Anda termasuk cemilan yang tepat?

Sebetulnya ada banyak makanan untuk jadi camilan yang lebih tepat dan sehat karena tinggi protein, tinggi serat, rendah glikemik indeks, dan tentunya mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Nah, apakah makanan yang Anda pilih termasuk jenis camilan yang tepat untuk tubuh Anda?

Melansir laman Medical News Today, makanan cemilan yang kurang tepat biasanya makanan dengan kalori kosong, yaitu makanan yang hanya mengandung energi tetapi tidak mengandung zat gizi, seperti vitamin, mineral, serat, asam amino, maupun antioksidan, misalnya

  • Es krim
  • Donat
  • Pastries
  • Kukis
  • Cake
  • Hotdog
  • Sosis
  • Pizza
  • Minuman tinggi gula, dan lainnya

Biasanya makanan tersebut mengandung gula yang sangat tinggi atau lemak yang tinggi sehingga jika tidak dibatasi bisa berdampak pada kenaikan berat badan hingga obesitas.

Jika obesitas terjadi, bisa meningkatkan faktor risiko masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2, stroke, hipertensi, dan gangguan jantung koroner.

Sebetulnya, kalori sendiri diperlukan tubuh sebagai bahan bakar energi Anda. Namun, agar makanan yang dikonsumsi juga memberikan beragam nutrisi untuk tubuh, Anda perlu memilih camilan yang tepat dan sehat selama di rumah saja.

Camilan tepat dan sehat selama di rumah saja

Anda sudah tahu camilan yang salah seperti yang tinggi gula, tinggi lemak bisa berdampak pada kenaikan berat badan. Kini, saatnya Anda pilih camilan tepat yang sehat, dan tentunya bergizi selama beraktivitas di rumah saja.

kedelai di bulan puasa

Camilan yang satu ini digemari kebanyakan orang. Kacang-kacangan tergolong sebagai camilan sehat dan enak karena mengandung beragam nutrisi yang berguna untuk tubuh. Misalnya, kacang kedelai utuh.

Kacang kedelai masuk ke dalam superfood yang tinggi serat, tinggi protein, dan kaya vitamin mineral. Anda bisa menyertakan kacang kedelai pada menu snack atau sarapan Anda.

Kacang kedelai termasuk ke dalam camilan sehat yang dapat dicerna tubuh secara perlahan, sehingga membantu kenyang lebih lama. Oleh karenanya, kacang kedelai sering disertakan dalam menu diet dan membantu menjaga berat badan

Di samping itu, kacang kedelai membantu menjaga kadar gula darah Anda. Menurut Nutrition Journal, kacang kedelai memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga menjaga kestabilan gula darah. Dengan begitu, konsumsinya dapat mencegah terjadinya perlonjakan kadar gula darah.

Kacang kedelai lezat dikosnsumsi secara utuh sebagai camilan. Namun, sebaiknya hindari proses kedelai yang digoreng karena bisa meningkatkan kadar lemak di dalam tubuh. Agar Anda bisa meraup manfaat secara utuh dari kedelai, pilih prosesnya yang direbus, dipanggang, atau atau dalam bentuk snack bar yang praktis dan mengandung kedelai utuh.

2. Snack bar

camilan enak dan sehat

Sebagai pilihan lain, Anda juga bisa mengonsumsi snack bar yang tinggi protein, tinggi serat, dan rendah indeks glikemik sebagai camilan yang enak dan sehat. Snack bar dapat membantu Anda yang ingin mempertahankan berat badan melalui nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Tidak semua snack bar itu sama! Pilih snack bar yang memiliki kandungan kacang-kacangan utuh, seperti kacang kedelai utuh, macadamia, maupun almond yang terkadang juga dikombinasikan dengan buah-buahan seperti stroberi, pisang, atau raisin.

Snack bar yang terdiri atas kacang-kacangan utuh ini mengandung serat, rendah glikemiks indeks, dan tinggi protein sehingga saat dikonsumsi, membuat perut kenyang lebih lama dan meredam keinginan ngemil camilan yang tinggi gula, dan tinggi lemak.

Snack bar membantu mengontrol nafsu makan, sehingga dapat menjadi cara untuk mengontrol berat badan selama Anda bekerja dari rumah. Untuk orang tua Anda, cemilan tepat akan bantu jaga gula darah buat orang tua Anda selama di rumah saja.

3. Buah-buahan

alpukat untuk kolesterol

Tak hanya jadi makanan pencuci mulut, buah-buahan juga bisa dijadikan camilan yang enak dan sehat. Misalnya, agar kenyang lebih lama Anda bisa makan alpukat.

Alpukat mengandung serat, lemak sehat, kalium, dan magnesium. Selain membuat perut cepat kenyang, alpukat juga mampu menstabilkan tekanan darah dan menurunkan risiko stroke berkat kandungan kaliumnya.

Jika Anda lebih suka buah-buahan yang manis, coba sertakan jeruk, kiwi, apel, maupun melon. Serat dari buah-buahan ini dapat membantu Anda mengontrol berat badan agar tidak naik selama masa bekerja dari rumah.

Selain konsumsi beragam camilan tepat dan sehat di atas, jangan lupa untuk tetap melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari untuk mencegah kenaikan berat badan dan membuat tubuh jadi lebih bugar. Dengan demikian, kualitas kesehatan bisa terjaga optimal selama di rumah saja.

Lawan COVID-19 bersama!

Ikuti informasi terbaru dan cerita para pejuang COVID-19 di sekitar kita. Ayo gabung komunitas sekarang!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Calories: Requirements, health needs, and function. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/263028#takeaway

The Health Effects of Overweight and Obesity | Healthy Weight | CDC. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.cdc.gov/healthyweight/effects/index.html

Learning About Calories (for Kids) – Nemours KidsHealth. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://kidshealth.org/en/kids/calorie.html

8 Surprising Health Benefits of Edamame. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/edamame-benefits#section3

Edamame: Nutritional content, health benefits, and diet tips. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/280285#nutrition

How to Find the Healthiest Snack Bars for You. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.verywellfit.com/the-best-snack-bars-to-lose-weight-3495239

9 Evidence-Based Health Benefits of Almonds. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/9-proven-benefits-of-almonds#section9

The 20 Healthiest Fruits on the Planet. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/20-healthiest-fruits#section4

The 11 Best Fruits for Weight Loss. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/best-weight-loss-fruits

Anderson, J., Johnstone, B., & Cook-Newell, M. (1995). Meta-Analysis of the Effects of Soy Protein Intake on Serum Lipids. New England Journal Of Medicine333(5), 276-282. doi: 10.1056/nejm199508033330502

Blair, R., Henley, E., & Tabor, A. (2006). Soy foods have low glycemic and insulin response indices in normal weight subjects. Nutrition Journal5(1). doi: 10.1186/1475-2891-5-35

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui 20/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x